Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 Mengidentifikasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya Semester 1 adalah jawaban dari akar, batang, dan daun dari tumbuhan bayam, pacar air, atau kangkung serta menjelaskan fungsi dari masing-masing organ yang telah di amati. Kunci Jawaban IPA Kelas VIII Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 ini merupakan Aktivitas percobaan Ilmu Pengetahuan Alam pada Bab 3 Struktur dan Fungsi Tumbuhan Materi Pertama tentang Struktur dan Fungsi Akar, Batang, Daun, dan Bunga.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Ayo-Kita-Lakukan-Aktivitas-3.1-Halaman-108
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 Mengidentifikasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya Semester 1 merupakan kegiatan 3.1 Bab 3 mengamati tanaman rimpang, jahe, kunyit, lengkuas, kentang, wortel, dan singkong, Apakah itu semua termasuk batang, akar, atau daun? berikan alasanmu. Agar lebih mudah memahaminya berikut dapat langsung di baca gratis  Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 Mengidentifikasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya. Selamat membaca.

Kunci Jawaban Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 Kelas 8

Apa yang kamu perlukan?
  1. Tumbuhan bayam (Amaranthus sp.), tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina), kangkung (Ipomoea reptans), atau tanaman lainnya lengkap dengan akar, batang, dan daun.
  2. Jahe/kunyit/lengkuas
  3. Kentang
  4. Wortel
  5. Singkong
  6. Tumbuhan kaktus/tumbuhan buah naga
Apa yang harus kamu lakukan?
1. Bersama kelompokmu, amati dan deskripsikan ciri-ciri umum dari akar, batang, dan daun dari tumbuhan bayam, pacar air, atau kangkung.

Kunci Jawaban : 
Ciri-ciri umum tanaman bayam

Akar :
Pada tanaman bayam memiliki akar perdu (terma), Akar tanaman bayam ini termasuk akar tunggang serta mempunyai serabutan di bagian atasnya.

Batang : 
Batang pada tanaman bayam tumbuh dengan tegak, tidak tipis serta banyak terkandung air serta mempunyai cabang monodial. Batang bayam berwarna kecokelatan, abu-abu serta mempunyai duri halus di bagian pangkal ujung batang tanaman bayam.

Daun :
Daun pada tanaman bayam mempunyai daun tunggal, berwarna hijau muda serta tua, berupa bulat memanjang dan oval. 

Ciri-ciri umum tanaman pacar air

Akar :
Akar pada tanaman pacar air mempunyai akar seperti akar pada bayam yaitu akar perdu (terma)

Batang :
Di lihat dari batang, Pada tanaman pacar air batangnya berair, tebal namun tidak berkayu.

Daun :
Bentuk daun pada tanaman ini berbentuk mata tombak, hingga ke pangkal mempunyai gerigi yang sangat tajam.

Ciri-ciri umum tanaman kangkung 

Akar :
Pada tanaman kangkung juga memiliki akar perdu (terma)

Batang :
Batang pada tanaman kangkung bersifat herbaseus atau mengandung air yang sangat banyak, berbentuk bulat berongga, menjalar dan tegak, percabangan batangnya bersifat monodial.

Daun :
Tanaman kangkung memiliki daun yang tangkainya melekat pada buku batang dan di bawahnya terdapat tunas yang akan menjadi cabang, bentuk daunnya panjang menyirip 

2. Jelaskan fungsi dari masing-masing organ yang telah kamu amati!

Kunci Jawaban : 
Fungsi akar 
Sebagai tempat pengambilan zat hara dan air di dalam tanah, selain itu berfungsi sebagai penopang tumbuhan

Fungsi batang 
Sebagai tempat penyaluran sari-sari makanan dari akar

Fungsi daun
Sebagai tempat terjadinya fotosintesis/membuat makanan

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Bersama kelompokmu amatilah rimpang jahe/kunyit/lengkuas, kentang, wortel, dan singkong! Apakah termasuk batang, akar, atau daun? Kemukakan alasanmu!

Kunci Jawaban : 
Tumbuhan rimpang, jahe, lengkuas, dan kunyit merupakan tumbuhan termasuk ke dalam batang, karena pada tumbuhan rimpang merupakan tumbuhan yang menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan akar dan tunas baru.

Tanaman kentang termasuk umbi batang, karena pada tanaman kentang merupakan batang yang tumbuh membesar berisi cadangan makanan.

Tanaman wortel dan singkong termasuk ke dalam Umbi akar (akar), karena pada tanaman wortel dan singkong akar yang tumbuh membesar di dalam tanah dan berisi cadangan makanan.

2. Bersama kelompokmu amatilah tanaman kaktus/buah naga. Apakah tanaman kaktus/buah naga memiliki daun? Di manakah tempat fotosintesis tanaman kaktus?

Kunci Jawaban : 
Pada tanaman kaktus/buah naga terdapat daun walaupun berbentuk duri tapi tetap memiliki daun. Pada tanaman ini terdapat batang yang berongga dan mengembung berisi air yang mengandung klorofil atau zat hijau daun dan lapisan lilin atau kutikula. Pada tanaman kaktus dan buah naga ini tempat terjadinya fotosintesis pada batang tepatnya pada lapisan klorofil.

Apa yang dapat kamu simpulkan? 
Berdasarkan pengamatan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kunci Jawaban : 
Pada tumbuhan terdapat organ vegetatif berupa akar, batang dan daun yang memiliki fungsi masing-masing untuk mendukung pertumbuhan pada tumbuhan tersebut, termasuk fungsi penyerapan, fungsi pengangkutan, fungsi pengelolaan, dan fungsi penimbunan makanan. 


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 Mengidentifikasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108 ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang sudah membacanya. Baik bermanfaat secara akademik bagi pelajar, maupun bermanfaat secara umum sebagai bahan bacaan yang positif bagi yang sudah membacanya sehingga dengan adanya artikel dapat bermanfaat secara pengetahuan. Terima kasih.



Salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 3.1 Halaman 108"