Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1 Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya Semester 1 Buku Ilmu Pengetahuan Alam adalah Kunci jawaban yang berhubungan dengan penerapan konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam kehidupan sehari-hari. Adanya penerapan konsep IPA akan mendapatkan manfaat dari konsep yang kita pelajari tersebut untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan ini. Seseorang dikatakan cerdas bila tanggap dan cepat menyelesaikan masalah yang ia temui dengan tepat dan benar.
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-30-Penerapan-Uji-Kompetensi
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1 Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya terdiri dari soal-soal esay yang berjumlah tiga soal.  Ketiga soal tersebut menanyakan kompetensi yang sudah di pelajari pada Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya antara lain mengenai besaran waktu, konsentrasi larutan gula, dan laju pertumbuhan jagung. Agar lebih jelas berikut kami bagikan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1 Bab 1 Objek IPA Selamat membaca.

Penerapan IPA Halaman 30 IPA Kelas 7

Kerjakan soal-soal berikut dengan tepat.
1. Rumuskan besaran yang dapat digunakan untuk membedakan denyut nadi manusia dengan melibatkan besaran waktu.

a. Berdasarkan rumusanmu, lakukan pengukuran terhadap denyut nadimu dan denyut nadi beberapa temanmu. Kemudian bandingkan.

Kunci jawaban : 
Rumus besaran yang dapat digunakan untuk mengukur denyut nadi manusia dengan melibatkan besaran waktu adalah dengan menghitung denyut nadi dalam waktu berapa detik, Rumus yang di gunakan untuk mengukur denyut nadi dengan melibatkan besaran waktu antar alin sebagai berikut:

Kecepatan denyut = Jumlah denyutan / waktu

Misalkan :
Hasil pengukuran antara siswa A dan siswa B

Siswa A
Jumlah denyut nadi selama 15 detik = 6 ketukan
Jadi denyut nadinya adalah 15 x 6 = 90 kali per menit

Siswa B
Jumlah denyut nadi selama 15 detik = 8 ketukan
Jadi denyut nadinya adalah 15 x 8 = 120 kali per menit

Jadi jika kita bandingkan denyut nadi Siswa A dengan Siswa B maka denyut nadi siswa B lebih cepat daripada denyut nadi siswa A.

b. Misalnya kamu berlari-lari (jogging), kemudian kamu duduk santai di bangku taman. Dari tiga kemungkinan sketsa grafik denyut nadi berikut terhadap aktivitas tersebut, manakah yang paling sesuai? Beri penjelasan.

Kunci jawaban : 
Rata-rata denyut nadi per menit akan berbanding lurus dengan aktivitas manusia. Semakin berat aktivitas yang dilakukan maka semakin meningkatnya denyut nadi manusia. Pada beberapa grafik tersebut, Grafik a adalah grafik yang paling sesuai. Karena hanya grafik a yang menunjukkan deyut nadi manusia akan semakin menurun jika aktivitas dikurangi.
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-30-Penerapan-Uji-Kompetensi

2. Jika kamu membuat larutan gula dengan cara memasukkan 20 gram gula ke dalam segelas air (125 mL), berapakah konsentrasi larutan gula tersebut dalam satuan g/L?

Kunci jawaban : 
Diketahui :
m = 20 gr
v = 125 ml = (125/1000) = 0,15 l

Ditanya: 
Konstentrasi Larutan (K) ?

Penyelesaian:
Konsentrasi Larutan = Massa Pelarut / Volume zat pelarut
K = m / v
K = 20 / 0,125
K = 160 g/ml

Jadi konsentrasi larutan gula tersebut adalah 160 gram/liter

3. Kefas menanam jagung. Pada awal pengukuran, tinggi jagung dari permukaan tanah 10 cm. Selang 2 minggu kemudian, ternyata tingginya menjadi 17 cm. Berapakah laju pertumbuhan jagung tersebut?(dalam satuan cm)

Kunci jawaban : 
Diketahui :
Tinggi awal (h₁) = 10 cm
Tinggi akhir (h₂) = 17 cm
Selang waktu (t) = 2 minggu = 14 hari

Ditanyakan : 
Laju pertumbuhan tanaman jagung (v) ?

Penyelesaian: 
Laju pertumbuhan = Pertambahan tinggi / selang waktu
v = (h₂ - h₁) / t
v = 17 - 10 / 14
v = 7/14
v = 1/2 cm/hr
v = 0,5 cm/hr

Jadi laju pertumbuhan pada tanaman jagung tersebut adalah 0,5 cm/hr

Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1 Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1 dapat diambil manfaatnya, baik pengetahuan secara umum maupun sebagai jawaban alternatif yang bisa di kutip secara khusus. Namun jangan langsung menyontek jawaban yang kami berikan ini, akan lebih baik jika bermain cantik dengan ATM, Ambil Tiru dan Modifikasi. Artinya silakan di ambil dan di tiru jawabannya namun jangan lupa mengungkapkan jawabannya dengan menggunakan kata-kata tulisan dan bahasa sendiri. Semoga bermanfaat.




Terima kasih

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 30 Penerapan Uji Kompetensi 1"