Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13 Pengukuran, satuan pengukuran baku, dan  pengukuran jarak pada benda langit Semester 1 Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama SMP/MTS. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13 menjelaskan jawaban mengenai pengukuran dan satuan pengukuran baku termasuk pengukuran jarak pada benda langit.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Ayo-Kita-Latihan-Halaman-13
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13 Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya Semester 1 merupakan penjelasan jawaban pada soal Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 ayo kita latihan halaman 13. Kunci jawaban Ayo Kita Latihan Halaman 13 ini merupakan penjelasan jawaban dari soal Pengukuran, satuan pengukuran baku, dan  pengukuran jarak pada benda langit. Terdapat empat penjelasan jawaban dari empat soal latihan yang ada, ke empat kunci jawaban itu dapat di baca di bawah ini.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13

1. Apakah yang dimaksud dengan mengukur? 
Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku?

Kunci Jawaban : 
Yang dimaksud dengan mengukur adalah suatu kegiatan membandingkan antara satu besaran dengan besaran yang lainnya namun besaran tersebut adalah besaran sejenis. 

Contohnya :
Untuk mengukur lebar buku tulis digunakan alat ukur penggaris.

Mengapa harus menggunakan satuan pengukuran yang baku, alasannya karena dengan satuan baku akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama dan berlaku di seluruh dunia walaupun dilakukan pengukuran oleh pengukur yang berbeda-beda.

2. Berilah contoh besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik).

Kunci Jawaban : 
Besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik) adalah waktu

Contohnya :
Veddriq Leonardo atlet panjat tebing 15 m tanah air memecahkan rekor dunia dengan waktu 5,20 detik.

3. Neptunus adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus dengan Matahari adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer?

Kunci Jawaban :  
Diketahui :

1 SA = 150 juta km
Jadi 30 SA = 30 x 150 juta km = 4.500 juta km

Jadi jarak dalam kilometernya adalah 4.500 juta km

4. Mengapa semua ilmuwan dan produsen (penghasil) barang-barang pabrik di seluruh dunia harus melakukan pengukuran dengan menggunakan satuan baku yang sama?

Kunci Jawaban :  
Terdapat 3 (tiga) alasan mendasar mengapa semua ilmuan serta produsen barang barang pabrikan memakai pengukuran satuan baku yang sama antara lain:
  • Agar hasil yang didapat dari pengukuran bersifat tetap atau konsisten.
  • Agar hasil yang didapat dari pengukuran bersifat universal sehingga dapat digunakan di berbagai Negara.
  • Agar hasil yang didapat dari pengukuran tidak ada masalah yang muncul saat hendak beralih dari satu satuan pengukuran ke satuan pengukuran yang lain.

Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13 Pengukuran, satuan pengukuran baku, dan  pengukuran jarak pada benda langit ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13 ini menjadi sumber informasi jawaban yang dibutuhkan oleh adik-adik kelas 7, yang pada intinya dapat di jadikan dasar pemikiran sebagai jawaban alternatif yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada soal Ayo Kita Latihan Halaman 13 IPA Kelas VII. Tetaplah selalu bersama kami walikelassd.com yang selalu siap memberikan informasi seputar dunia pendidikan terutama informasi kunci jawaban terkini. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini kami do'akan agar tetap selalu bahagia.




Salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Ayo Kita Latihan Halaman 13"