Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam adalah Kunci jawaban cairan ketuban dan fungsinya soal ayo kita selesaikan halaman 30 kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam merupakan penjelasan jawaban Ayo kita selesaikan yang di kutip dari buku paket siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-30-Ayo-Kita-Selesaikan
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam ini dibuat untuk menjawab permintaan siswa yang ingin mengetahui kunci jawaban ayo kita selesaikan halaman 30, Semoga dengan sudah hadirnya kunci jawaban yang di pesan ini membuatnya lebih semangat lagi dan lebih giat lagi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Adapun kompetensi yang di ukur pada soal Ayo Kita selesaikan ini antara lain :

  1. Alasan mengapa cairan ketuban dapat membantu proses persalinan
  2. Fungsi cairan ketuban sebagai pendeteksi

Untuk menjawab mengapa dan fungsi cairan ketuban sebagai pendeteksi tersebut.  Diperlukannya sebuah sumber informasi yang valid dan dapat dipercaya untuk menjawab soal tersebut. Untuk itu walikelassd.com menghadirkan artikel Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam ini. Ok langsung saja, dan silakan di baca serta di pelajari mengenai Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam, Selamat membaca.

Ayo Kita Selesaikan 

a. Menurut pendapatmu mengapa cairan ketuban/amnion bisa dikatakan dapat membantu proses kelahiran? 
Petunjuk : 
(Terjadinya gaya gesek antara bayi dengan saluran reproduksi ibu)

b. Mengapa cairan ketuban memiliki fungsi sebagai pendeteksi kelainan keturunan/genetik pada janin? Petunjuk: 
Kata kunci ”Amniosentesis”.

Kunci Jawaban 
a. Alasan mengapa cairan ketuban (amnion) bisa membantu proses persalinan adalah dikarenakan  cairan ketuban (amnion) dapat memperkecil atau mengurangi terjadinya gaya gesek antara kulit bayi dengan dinding rahim ibu. Cairan ketuban ini memiliki peran sebagai pelumas atau pelicin saat proses persalinan terjadi.

b. Alasan cairan ketuban memiliki fungsi sebagai pendeteksi jika adanya kelainan keturunan (genetik) pada janin adalah dikarenakan pada air ketuban memiliki kandungan zat-zat material seperti vernix caseosa, rambut lanugo, sel epitel, dan mekonium yang mana ke semua zat material tersebut dapat di analisa secara medis DNA atau kromosomnya, untuk mengetahui apakah terdapat kelainan atau tidak keturunan genetik pada kromosom yang terkandung di dalam tubuh janinnya tersebut. 

Bagaimana cara mengetahuinya?
Caranya dilakukanlah Amniosentesis yaitu pengecekan air ketuban dengan cara pengambilan sampel untuk mengetahui kelainan pada janin melalui hasil tes air ketuban ibu hamil tersebut. Dengan melakukan cara ini serta sesuai dengan prosedur yang tepat maka kelainan genetik pada janin dapat diketahui sejak bayi masih dalam kandungan.


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam kali ini. Semoga kunci jawaban Ayo Kita Selesaikan ini dapat memberikan manfaat yang berati terutama bagi pembaca yang ingin mengetahui tentang fungsi air ketuban pada perempuan hamil. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung ke situs blog walikelassd.com ini, Jangan lupa berlangganan via email untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari walikelassd.com. terima kasih semoga berbahagia selalu wassalam.



Terima kasih.


Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 30 Ayo Kita Selesaikan Buku Ilmu Pengetahuan Alam"