Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5 adalah Kunci jawaban melengkapi tabel 1.5 Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari beserta alasannya. Cara melengkapinya dengan memberikan tanda centang pada kolom yang telas di sediakan serta menuliskan alasannya. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5 merupakan penjelasan jawaban hasil dari menganalisis soal ayo kita diskusikan IPA Kelas 8 SMP/MTS.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Halaman-20-21-22-Ayo-Kita-Diskusikan-Tabel-1.5
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5 Buku Ilmu Pengetahuan Alam ini dibuat untuk membantu siswa kelas 8 melengkapi tabel 1.5 Penerapan dari Hukum I, II, atau III Newton beserta alasannya pada soal Ayo Kita diskusikan Halaman 20 21 22. Berikut ini pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5. Selamat membaca.

Kunci Jawaban Ayo Kita Diskusikan Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari

Kunci Jawaban : 
1. Isilah Tabel 1.5 di bawah ini dengan menganalisis peristiwa-peristiwa yang disediakan pada tabel. Berikanlah tanda centang peristiwa tersebut apakah termasuk Hukum I, II, atau III Newton serta isikan alasanmu pada kolom yang telah disediakan!

Tabel 1.5 Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari

Nomor

Peristiwa
Hukum Newton
Alasannya
 I  IIIII
1Terdapat 2 ekor kijang beradu kekuatan sehingga keduanya terpental akibat saling mendorong satu sama lainTerpentalnya kedua ekor kijang dikarenakan gaya aksi dan reaksi dari masing-masing kijang yang beradu.
2Terdapat 2 ekor badak jantan memiliki massa sama melakukan adu kekuatan untuk memperebutkan daerah kekuasaan. Keduanya saling mendorong dengan gaya yang sama, sehingga tidak ada satupun badak yang bergeser dari posisinya.Kedua gaya yang sama dan berlawanan arah mengakibatkan resultan gaya bernilai nol.
3Seekor anak badak bermain-main dengan induknya. Anak badak tersebut terpental ke belakang karena mencoba mendorong induknya dengan kuat.Anak badak terlempar ke belakang akibat gaya reaksi dari gaya aksi saat mendorong induknya
4Seekor harimau jantan mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauhDengan gaya yang kuat banteng jantan mampu menggerakkan anak kijang dengan percepatan tertentu
5Seekor elang terbang bebas di udara dengan cara mengepakkan sayapnya ke bawah. Kecepatan udara yang lebih cepat di bagian atas sayap mengakibatkan elang tersebut terangkat ke atasKepakkan sayap burung ke bawah (gaya aksi) mengakibatkan burung terangkat ke atas (gaya reaksi)
6Seekor gajah betina mendorong anaknya ke sungai untuk minum. Gajah betina tersebut mendorong anaknya dengan hati-hati karena massa tubuhnya yang jauh lebih besar daripada massa tubuh anaknyaDengan gaya yang diberikan gajah betina mampu menggerakkan anak gajah dengan percepatan tertentu
7Seekor ikan berenang di dalam air dengan cara menggerakkan siripnya ke belakang.Gerakan sirip ikan ke belakang (gaya aksi) mengakibatkan ikan terdorong ke depan (gaya reaksi)
8Seekor jerapah jantan memiliki kepala yang besar untuk menyerang jerapah jantan lainnya saat dewasa.
Kepala yang besar berarti massanya juga besar, sehingga dengan massa yang besar gaya akan dikeluarkan saat menyerang jerapah lainnya juga akan bernilai besar
9Seekor kuda berlari dengan kecepatan konstan sambil membawa sebuah paket di punggungnya. Secara tiba-tiba kambing tersebut berhenti sehingga terlempar ke depan.Paket terlempar ke depan karena ingin mempertahankan keadaannya
10Seorang joki kuda mengikuti kompetisi final berkuda. Di menit terakhir kuda yang ditungganginya berhenti secara tiba-tiba, sehingga joki tersebut terpental ke depan
Joki terlempar ke depan karena ingin mempertahankan keadaannya

2. Jelaskan penerapan Hukum Newton pada kegiatan olahraga seperti basket, golf, senam lantai, sepak bola, dan lain-lain!

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Halaman-20-21-22-Ayo-Kita-Diskusikan-Tabel-1.5
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5

Kunci Jawaban : 
Penerapan Hukum 1 Newton:
  • Basket => Saat memegang bola)
  • Golf => saat sebelum memukul bola golf)
  • Senam lantai => gerakan tegak
  • Sepak bola => Saat freeKick

Penerapan Hukum I1 Newton:
  • Basket => Melempar bola
  • Golf => Memukul bola
  • Senam lantai => Gerakan berpindah
  • Sepakbola => Dribel, Shoting
Penerapan Hukum III Newton:
  • Basket => Memasukkan bola ke ring
  • Golf => Gerakan tangan setelah memukul
  • Senam lantai => push up
  • Sepak bola => Pelanggaran kontak body

Baca Juga

Demikianlah artikel kunci jawaban IPA dengan judul Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5 ini. Semoga kunci jawaban melengkapi tabel 1.5 Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari beserta alasannya ini dapat memberikan pemikiran jawaban yang sempurna dengan nilai akademik yang di dapat nantinya. Apabila jawaban dari kami mendapatkan nilai sempurna harap kembalilah ke blok kami untuk melihat dan mengutip jawaban-jawaban pada sola yang lainnya. Terima kasih.



Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 20 21 22 Ayo Kita Diskusikan Tabel 1.5"