Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda adalah Kunci jawaban percobaan Sifat Kelembaman Suatu Benda. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda Buku Ilmu Pengetahuan Alam merupakan jawaban hasil dari Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Pada percobaan mengidentifikasi Sifat Kelembaman Suatu Benda.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Halaman-12-Ayo-Kita-Lakukan-Aktivitas-1.2
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda Buku Ilmu Pengetahuan Alam ini dibuat untuk memberikan opsi jawaban pada seluruh pelajar yang sedang melakukan percobaan mengidentifikasi Sifat Kelembaman Benda Suatu Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2. Adapun penjelasan jawaban yang di uji coba kan pada percobaan  Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 ini adalah sebagai berikut :

Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Tentang Sifat Kelembaman Suatu Benda

Apa yang kamu perlukan?
  • 1 lembar kertas HVS
  • 1 buah gelas
Apa yang harus kamu lakukan?
  • Siapkan sebuah meja kemudian letakkan selembar kertas pada meja tersebut, letakkan juga gelas di atas kertas tersebut (seperti pada Gambar 1.8)!
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Halaman-12-Ayo-Kita-Lakukan-Aktivitas-1.2
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda
  • Tariklah kertas dengan cara perlahan-lahan dengan arah tarikan horizontal. Perhatikan dengan seksama peristiwa yang terjadi pada gelas dan ulangi hingga 3 kali!
  • Tariklah kertas dengan sekali hentakkan secara cepat dengan arah tarikan horizontal! Perhatikan dengan seksama peristiwa yang terjadi pada gelas dan ulangi hingga 3 kali!

Apa yang perlu kamu diskusikan?
  1. Bagaimana keadaan gelas pada perlakuan nomor 2?
  2. Bagaimana keadaan gelas pada perlakuan nomor 3?
  3. Faktor penyebab yang mempengaruhi perbedaan hasil pada keadaan gelas akibat perlakuan nomor 2 dan 3?
  4. Berapa besar resultan gaya pada benda diam?

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Buatlah kesimpulan dari percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan?

Kunci Jawaban : 
1. Gelas dengan perlakuan nomor 2
Keadaan gelas pada perlakuan 2 gelasnya akan ikut bergerak mengikuti gerakan kertas.

2. Gelas dengan perlakuan nomor 3
Keadaan gelas pada perlakuan 3 gelasnya tetap mempertahankan di posisi diam.

3. Faktor penyebab yang mempengaruhi perbedaan hasil pada keadaan gelas akibat perlakuan nomor 2 dan 3
Faktor penyebab yang mempengaruhi perbedaan keadaan gelas pada perlakuan nomor 2 dan 3 adalah karena faktor perlakuan terhadap gelas yang tidak sama sehingga hasil dari masing-masing perlakuan juga tidak sama. Hal ini disebabkan pada perlakuan gelas nomor 3 mengalami proses kelembaman sedangkan gelas nomor 2 tidak.

4. Besar resultan gaya pada benda diam
Besar resultan gaya pada benda diam adalah nol.

Kesimpulan 
Jika kertas ditarik perlahan maka akan memberikan gaya tarik pada kertas dan memberikan gaya tarik pada gelasnya juga, Hal ini akan membuat gelas ikut bergerak (Hukum Newton II). sedangkan apabila kertas ditarik dengan cepat resultan gaya yang diberikan pada gelas adalah nol sehingga gelas akan tetap diam di tempat semula (kelembaman atau berhubungan dengan Hukum Newton I) 

Baca Juga

Terima kasih kami ucapkan kepada semuanya karena sudah berkunjung dan membaca Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda ini dapat bermanfaat dan berguna bagi siapa pun yang membutuhkan opsi jawaban dari soal ayo kita lakukan aktivitas 1.2 ini. Terima kasih



Salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 12 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2"