Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I adalah Kunci jawaban Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII SMP/MTS. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar ini merupakan jawaban hasil laporan identifikasi  pada Tabel 1.9 Data Hasil Identifikasi Jenis Gerak Tumbuhan. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I ini dikutip dari buku Paket IPA Kelas VIII  SMP/MTS Halaman 60 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Ayo-Kita-Lakukan-Aktivitas-1.8-Halaman-60-Semester-I
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar ini dibuat agar siswa mendapatkan informasi jawaban pengisian Tabel 1.9 Data Hasil Identifikasi Jenis Gerak Tumbuhan. Kunci Jawaban Tabel 1.9 Data Hasil Identifikasi Jenis Gerak Tumbuhan ini merupakan jawaban alternatif dengan persentase 99% jawaban memiliki tingkat kebenarannya. Namun dengan merumuskan jawaban sendiri yang inti jawabannya berpatokan pada jawaban yang kami berikan adalah hal yang sangat di anjurkan. Untuk jawaban tabel 1.9 Data Hasil Identifikasi Jenis Gerak Tumbuhan dapat dibaca di bawah ini. Selamat membaca.

Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar Halaman 60 Semester I

Amati tumbuhan yang ada di sekitar kamu. Temukan 10 tumbuhan yang berbeda, kemudian identifikasi jenis gerakan yang dilakukan tumbuhan tersebut! Laporkan hasil temuanmu ke gurumu!

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Ayo-Kita-Lakukan-Aktivitas-1.8-Halaman-60-Semester-I

Kunci Jawaban : 
Berikut kunci jawaban Tabel 1.9 Data Hasil Identifikasi Jenis Gerak Tumbuhan

NomorNama TumbuhanJenis Gerakan yang Dilakukan
1Hydrilla VerticillataGerak Nutasi
2BuncisGerak Higroskopis
3Kacang PolongGerak Higroskopis
4Sulur MarkisahGerak Tigmotropisme
5MentimunGerak Tigmotropisme
6Mirabilis JalapaGerak Fotonasti
7Bunga TulipGerak Thermonasti
8LamtoroGerak Niktinasti
9TuriGerak Niktinasti
10Putri MaluGerak Seismonasti

Pembahasan 

Berdasarkan arah gerakan dan arah rangsangan, yaitu:

Gerak Endonom
Gerak endonom adalah gerak tumbuhan karena pengaruh rangsangan dari dalam tumbuhan. Gerak endonom ada beberapa jenis, yaitu:  
  1. Gerak Nutasi : gerakan spontan pada tumbuhan yang tidak disebabkan adanya rangsangan dari luar. Contohnya gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata
  2. Gerak Higroskopis : gerakan pada tumbuhan karena adanya suatu perubahan kadar air. Contohnya gerakan pecahnya kulit buah polong-polongan yang sudah kering.

Gerak Etinom
Gerak etinom adalah gerak tumbuhan karena adanya rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan. Gerakan etinom dapat disebabkan oleh cahaya, air, suhu, sentuhan, suhu, gravitasi, temperatur, zat kimia, dan lainnya. Gerak etinom ada beberapa jenis, yaitu:

Gerak tropisme : gerak tumbuhan yang arah gerakannya ditentukan oleh arah datangnya rangsangan. Gerak tropisme ini dikendalikan oleh hormon tumbuhan. Gerak tropisme ini dibedakan menjadi 4 yaitu:
  1. Gerak Fototropisme : gerakan karena rangsangan cahaya matahari. Fototropisme ada dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Fototropisme positif arah geraknya menuju kearah cahaya, contohnya gerak tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Fototropisme negatif arah geraknya menjauhi cahaya, contohnya gerak merambat pada tumbuhan.
  2. Gerak Geotropisme : gerakan karena pengaruh gravitasi bumi. Geotropisme ada dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif. Geotropisme positif yaitu arah pertumbuhannya menuju kebawah/kedalam tanah, sedangkan geotropisme negatif arah pertumbuhan akarnya menuju ke atas.
  3. Gerak Hidrotropisme : gerakan menuju kearah sumber air. Hidotropisme ada dua yaitu hidrotropisme positif dan hidrotropisme negatif. Hidrotropisme positif yaitu arah geraknya menuju tempat berair, contohnya pertumbuhan ujung akar didalam tanah yang selalu menuju sumber air. Hidrotropisme negatif yaitu arah geraknya menjauhi tempat yang berair.
  4. Gerak Tigmotropisme : gerakan karena adanya persinggungan. Contohnya, sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.

Gerak taksis : gerakan tumbuhan karena adanya rangsangan. Gerak taksis ada tiga, yaitu:

  1. Gerak Fototaksis : gerak tumbuhan karena rangsangan cahaya. Contohnya gerakan Euglena yang menuju arah cahaya.
  2. Gerak Kemotaksis : gerak tumbuhan karena rangsangan zat kimia. Contohnya gerakan sel gamet jantan tumbuhan lumut bergerak ke arah gamet betina.
  3. Gerak Galvanotaksis : gerak tumbuhan karena rangsangan arus listrik. Contohnya adalah gerak bakteri dari kutub positif atau kutub negatif.
Gerak nasti : gerak tumbuhan yang arah gerakannya tidak berhubungan dengan datangnya rangsangan. Gerak nasti ada enam, yaitu:

  1. Gerak Fotonasti : gerakan karena rangsangan cahaya.  
  2. Gerak Thermonasti : gerakan karena rangsangan suhu.  
  3. Gerak Niktinasti : gerakan karena pengaruh lingkungan, yaitu kondisi gelap. Contohnya, gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro, turi) pada malam hari.
  4. Gerak Seismonasti : gerakan karena adanya rangsangan sentuhan.  
  5. Gerak Kemonasti : gerakan karena adanya rangsangan zat kimia. Contohnya, membukanya mulut daun (stomata) pada siang hari karena adanya karbondioksida.
  6. Gerak Nasti kompleks : gerakan karena pengaruh rangsangan yang lebih dari satu macam. Contohnya, gerakan membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena adanya cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.

Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I tentang Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I ini dapat menjadi solusi bagi siswa serta dapat menjadi media pembelajaran yang selalu bermanfaat bagi anak-anak sekolah di negeri tercinta ini. Sebagai media pendidikan online yang bisa diakses di mana pun dan oleh siapa pun, semoga artikel yang kami berikan menjadi sumber bacaan positif dan sumber pengetahuan penambah wawasan bagi siapa pun pembacanya. Terima kasih, Semoga bermanfaat



Terima kasih

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.8 Halaman 60 Semester I"