Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51 adalah Kunci jawaban Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII SMP/MTS. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu Halaman 49 50 51 semester 1 ini merupakan jawaban hasil mengamati Hasil percobaan menyelidiki pengaruh rangsang terhadap gerak daun putri malu. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51 ini dikutip dari buku Mata pelajaran IPA SMP/MTS kelas VIII Halaman 49 50 51 Kurikulum 2013.
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-8-Ayo-Kita-Lakukan-Aktivitas-1.7-Halaman-49-50-51
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51 tentang Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu ini dibuat agar siswa mendapatkan sumber yang tepat serta dapat dipercaya dalam melakukan percobaan menyelidiki pengaruh rangsang terhadap gerak daun putri malu. Berfungsi sebagai jawaban alternatif yang bisa dengan muda di akses oleh siswa kunci jawaban ini hadir dengan memberikan jawaban 99 % untuk tingkat valid atau tingkat kebenaran jawabannya. Akan tetapi siswa tetap di harapkan mampu merumuskan jawaban sendiri dengan menggunakan bahasa dan kalimatnya sendiri.  Sebagai pilihan jawaban alternatif berikut kami bagikan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu. Selamat membaca.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51

Pada percobaan ini kamu akan menyelidiki pengaruh rangsang  terhadap gerak daun putri malu. 

Apa yang kamu duga?

Cobalah untuk melakukan pendugaan atau membuat perkiraan berdasarkan informasi yang kamu ketahui atau pengalaman yang kamu alami terhadap gerak daun putri malu ketika mendapatkan rangsangan.

1. Daun putri malu bila disentuh ....
Kunci Jawaban :  
Akan menutup

2. Daun putri malu bila diberi rangsang suhu dingin ....
Kunci Jawaban :  
Akan menutup tetapi akan waktu kembali akan lebih lama

3. Daun putri malu bila diberi rangsang suhu panas ....
Kunci Jawaban :  
Akan menutup serta menjadi lebih layu

Apa yang kamu perlukan?
1. Tumbuhan putri malu (Mimosa pudica)
2. Es yang dibungkus plastik 
3. Korek api atau lilin
4. Jam tangan atau stopwatch

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Berilah perlakuan pada putri malu sebagai berikut.
  • Sentuhlah menggunakan ujung jari tangan pada bagian bawah permukaan daun dan pada tangkai daun! Hitunglah kecepatan respons tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch!
  • Berilah hawa dingin di bagian bawah permukaan daun dengan meletakkan sebungkus es batu! Hitunglah kecepatan respons tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch!
  • Berilah hawa panas di bagian bawah permukaan daun dengan menyalakan korek api atau lilin yang menyala! Berhati-hatilah saat menggunakan korek api! Hitunglah kecepatan respons tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch!
2. Amatilah gerak daun dan batang putri malu!
3. Ulangi langkah 1 dan 2 sebanyak 3 kali.
4. Catatlah hasil pengamatan dan penghitunganmu pada Tabel 1.8!




Perlakuan
Waktu (sekon) Respons Berupa Gerak Daun

Deskripsi Gerak Daun Putri Malu
123
Disentuh pada permukaan bawah daun3 Detik4 Detik5 DetikSaat daun putri malu diberi rangsang sentuhan dibagian atas permukaan daun, daun akan menutup perhalan
Disentuh pada tangkai daun4 Detik8 Detik3 DetikSaat daun putri malu diberi rangsang sentuhan di bagian tangkai daun, daun akan menutup tetapi tidak ada hak cipta saat disentuh di permukaan daun.
Diberi hawa dingin pada permukaan bawah daun2,5 Detik2 Detik3 DetikKetika tumbuhan putri malu di beri rangsangan dingin daun akan mengatup walaupun dalam waktu yang cukup lama
Diberi hawa panas pada permukaan bawah daun4 Detik5 Detik3 Detiktumbuhan putri malu diberi rangsang panas daun akan mengatup dengan cepat.

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Bagaimana respons daun putri malu ketika diberi rangsang sentuhan?
Kunci Jawaban :  
Respons daun putri malu ketika diberi rangsang sentuhan adalah menutup daunnya

2. Bagaimana respons daun putri malu ketika diberi rangsang panas?
Kunci Jawaban :  
Tanggapan tumbuhan putri malu ketika diberi rangsangan panas pada bagian bawah permukaan daun yaitu daun putri malu tampak seperti layu karena menutupnya helai-helai daun akibat rangsangan panas ini. Namun proses penutupan daun putri malu yang diberi rangsangan panas lebih cepat dari pada diberi rangsangan dingin.

3. Bagaimana respons daun putri malu ketika diberi rangsang dingin?
Kunci Jawaban :  
Tanggapan tumbuhan putri malu ketika diberi rangsangan dingin pada bagian bawah permukaan daun yaitu daun putri malu tampak seperti layu karena menutupnya helai-helai daun akibat rangsangan

4. Bagian mana dari tumbuhan yang paling sensitif terhadap rangsang sentuhan? 
Kunci Jawaban :  
Bagian tangkai, karena jika tangkai disentuh daunnya akan langsung mengatup dengan cepat.

5. Apakah kecepatan respons atau tanggapan daun putri malu akan berbeda apabila diberi rangsangan yang berbeda?
Kunci Jawaban :  
Kecepatan responnya berbeda, jika diberi panas dari api maka putri malu tersebut akan cepat mengatup. dan jika diberi rangsangan dengan menggunakan es batu dia akan lebih lama mengatupnya dibandingkan dengan diberi rangsangan api.

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
yang berbeda?

Kunci Jawaban :  
Pengaruh rangsang terhadap gerak daun putri malu membuat daunnya menutup. Waktu/kecepatan menutupnya tergantung dari rangsangan dan letak rangsangan nya diberikan. Hal ini terjadi karena kadar air di daerah yang terkena rangsang berkurang, sehingga tekanan turgornya mengecil sesuai rangsangan yang diberikan tekanan turgor yaitu tekanan yang disebabkan oleh isi sel terhadap dinding sel pada sel tumbuhan.


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51 ini dapat menjadi solusi bagi siswa yang membutuhkan penjelasan jawaban mengenai hasil percobaan Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu. Serta kami mengharapkan kunci jawaban ini dapat memberikan manfaat sebagai media pendidikan yang menyajikan sumber bacaan positif dan menambah wawasan bagi masyarakat indonesia umumnya dan siswa kelas VIII khususnya. Terima kasih, Semoga bermanfaat



Terima kasih

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.7 Halaman 49 50 51"