Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Pilihan Ganda & Esai Uji Pemahaman Materi Bab 4

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Pilihan Ganda & Esai Uji Pemahaman Materi Bab 4 merupakan Kunci jawaban Uji kompetensi IPS Bab 4 tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu-Budha dan Islam. Dengan berpatokan pada materi dan soal Bab 4 tersebut maka kunci jawaban ini dapat di rumuskan, hasil rumusan kunci jawaban inilah yang admin publikasikan pada pagi hari ini.

Kunci-Jawaban-IPS-Kelas-7-Halaman-282-283-284-Pilihan-Ganda-&-Esai
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Pilihan Ganda & Esai Uji Pemahaman Materi Bab 4

Berikut Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Pilihan Ganda & Esai Uji Pemahaman Materi Bab 4 tentang penjelasan-penjelasan jawaban soal uji pemahaman materi Bab 4 mulai dari Nomor 1 s/d 10 Bagian A Pilihan Ganda dan Bagian B Esai Lengkap.

B. ESAI.

1. Tahapan-tahapan kehidupan di masa praaksara? 

Kunci Jawaban 
Pada masa praaksara manusia memiliki 3 (tiga) tahapan-tahapan kehidupan antara lain sebagai berikut :

1). Tahapan berburu dan meramu 
Pada tahapan ini manusia masa praaksara bertahan hidup dengan cara berburu dan meramu untuk mengumpulkan makanan dan cenderung tidak menetap di satu wilayah dalam jangka waktu yang lama melainkan berpindah-pindah tempat atau disebut nomaden.

2). Tahapan bercocok tanam
Pada tahapan ini manusia masa praaksara bertahan hidup dengan cara bercocok tanam dan sudah mulai mengenal jenis-jenis tanaman namun alat yang digunakan masih sangat terbatas.

2). Tahapan perundagian
Pada tahapan ini manusia masa praaksara sudah mulai menetap dan meninggali suatu wilayah tertentu dengan waktu yang lama, selain itu manusianya juga sudah memiliki keterampilan baik keterampilan berburu maupun keterampilan bercocok tanam, hal ini dikarenakan pada masa ini manusianya sudah mampu membuat peralatan dari logam yang digunakan untuk mempermudah bercocok tanam dan berburu.

2. Hubungan perdagangan dengan masuknya agama Hindu-Budha dan Islam.

Kunci Jawaban 
Masuknya Hindu-Budha maupun Islam merupakan faktor pedagang yang paling kentara. Karena dengan adanya transaksi jual beli barang dagangan lintas wilayah juga akan menghadirkan kebudayaan baru yang di bawah oleh para pedagang tersebut. terutama para pedagang dari Gujarat, selain tujuannya untuk berdagang mereka juga menyebarkan ajaran agama kepada penduduk setempat yang ia datangi.

3. Mengapa kerajaan dan kesultanan terletak didaerah pesisir pantai dan sungai? 

Kunci Jawaban  
Kerajaan-kerajaan dan kesultanan terletak didaerah pesisir pantai dan sungai dikarenakan pada saat itu alat-alat transportasi yang populer yang digunakan para pedagang adalah alat transportasi perairan seperti : kapal dan perahu. para pedagang menjajakan barang-barangnya di daerah pesisir pantai dan sungai, yang membuat daerah tersebut sering di kunjungi setiap hari dan menjadi tempat berdomisili oleh orang-orang dari berbagai daerah. lama kelamaan akan terbentuk kerajaan-kerajaan dan kesultanan pada daerah tersebut.

4. Perkembangan kehidupan sosial masyarakat masa Hindu Budha dan Islam ? 

Kunci Jawaban   
Pada masa Hindu-Budha 
Pada masa ini kehidupan sosial masyarakat terbagi menjadi beberapa golongan atau sering disebut kasta seperti : Brahmana, ksatria, waisya, dan sudra.

Pada masa Islam
Pada masa Islam sistem kasta menghilang dengan sendirinya, karena Islam memandang derajat manusia itu semuanya sama, melainkan amal ibadah yang membedakannya di hadapan Allah. Swt.

5. Tuliskan tiga (3) contoh tradisi Hindu-Budha dan Islam yang sering dilakukan sampai saat ini ?

Kunci Jawaban  
Tradisi Hindu 
  • Melakukan pembakaran mayat atau disebut ngaben
  • Ritual-ritual yang bertujuan memanggil arwah-arwah
  • Memberikan sesajen pada saat melaksanakan ritual
Tradisi Budha 
  • Melakukan pertapahan untuk memperoleh kesempurnaan
  • Menjadi vegetarian dengan hannya mengonsumsi sayuran
  • Identik dengan pakaian putih dan mencukur rambut hingga botak.
Tradisi Islam 
  • Takbiran saat malam Lebaran
  • Berziarah ke makam orang-orang yang sudah meninggal terutama anggota keluararga
  • Menggambar tulisan kaligrafi 

Cukup sekian Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Pilihan Ganda & Esai Uji Pemahaman Materi Bab 4 Nomor 1 - 5. Sedangkan untuk kembali mempelajari kunci jawaban IPS Bagian A Pilihan Ganda Nomor 1 - 10 silakan di klik pada Link biru berikut ini :




Terima kasih atas kesediaannya yang telah membaca Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Pilihan Ganda dan Esai ini, Kami berharap agar para rekan-rekan pembaca setia tetap semangat untuk mendukung blog walikelassd.com ini dengan selalu mengunjungi situs kami ini setiap hari. Terima kasih Semoga bermanfaat.

Salam