Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian berisi rangkuman materi, pembahasan soal-soal dan penjelasan jawabannya secara terperinci. Pada materi Bab 4 ini mengenai Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi. Materi Bab 4 tersebutlah yang menjadi sumber informasi dalam membuat kunci jawaban IPS Kelas 9 ini.

Kunci-Jawaban-IPS-Kelas-9-Halaman-283-284-285-Uji-Kompetensi-4-Uraian
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian terdapat kelebihan di bandingkan dengan kunci jawaban yang berasal dari blog lain. Kelebihan tersebut terdapat pada validitas jawaban yang muda dipahami. Berikut Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian.

B. Uraian

1. Ekonomi Indonesia memburuk pada masa kemerdekaan, demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin. Menurut pendapatmu, apa saja yang menjadi faktor penyebab perekonomian Indonesia memburuk pada waktu itu? Jelaskan!

Kunci Jawaban :
Faktor penyebab perekonomian Indonesia memburuk pada masa kemerdekaan, demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin adalah :
  • Indonesia harus membayar hutang-hutang kepada pemerintah Hindia Belanda sesuai hasil sidang KMB, 
  • Tidak memiliki ahli-ahli ekonomi ketika terjadi perubahan sistem ekonomi kolonial menjadi sistem ekonomi nasional.
  • Pemerintah terlalu berlebihan membeli perlengkapan militer sehingga pengeluaran tidak sesuai dengan ekonomi dan politik dalam negeri.

2. Pada saat pemerintahan Orde Baru keadaan ekonomi mengalami kemajuan dengan pesat. Apa saja faktor-faktor pendukung kemajuan pada saat itu? Jelaskan!

Kunci Jawaban : 
Faktor-faktor pendukung kemajuan perekonomian pada saat pemerintahan Orde Baru adalah :
  • Terdapatnya wajib pajak pendapatan perseorangan
  • Terdapatnya Strategi menghemat pengeluaran dengan kebutuhan pemerintah
  • Kredit bank dibatasi terutama pinjaman ke negara-negara lainnya
3. Tahun 1998 Indonesia mengalami krisis ekonomi (krisis moneter). Jelaskan faktor-faktor penyebab keadaan tersebut!

Kunci Jawaban : 
Faktor-faktor penyebab krisis ekonomi tahun 1998 adalah
  • Tidak stabilnya ekonomi akibat dari stok hutang bank luar negeri maupun swasta terutama mendesaknya pinjaman-pinjaman jangka pendek
  • Sistem perbankan di Indonesia terdapat banyak kelemahan-kelemahan
  • Situasi politik yang terguncang membuat keadaan ekonomi terganggu

4. Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial di Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga reformasi dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat ?

Kunci Jawaban : 
Perkembangan kehidupan sosial di Indonesia Pada masa reformasi di mulai dengan memberdayakan ekonomi masyarakat kecil dan menengah oleh pemerintah. Bertujuan mengembangkan dan meningkatkan ekonomi Indonesia. Selain itu masyarakat umum yang belum memperoleh pendidikan juga mendapatkan kesempatan belajar yang di berikan oleh pemerintah.

5. Upaya-upaya apa melestarikan kekayaan budaya Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah pada masa Orde Baru dan masa Reformasi ?

Kunci Jawaban : 
Upaya-upaya yang di lakukan pemerintah untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia pada masa Orde Baru dan masa Reformasi  adalah dengan mendaftarkan budaya-budaya tersebut ke UNESCO dan menjadikannya sebagai materi pembelajaran pada mata pelajaran lokal agar tidak di klaim oleh negara lain.

Demikianlah Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian. Untuk soal Pilihan Ganda Bagian A Nomor 1 - 10  berikut kami bagikan linknya di bawah ini.

Linknya



Sekian dulu Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian. Semoga kunci jawaban ini memberikan manfaat bagi kita semua terutama para sahabat pembaca semua.


Terima kasih

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi 4 Uraian"

Berlangganan via Email