Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah adalah rangkuman materi soal dan Jawaban alternatif Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 Sekolah Dasar (SD/MI). Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 4 SD Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Materi-Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-4-Halaman-84-85
Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah


Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan yang sanggat kompetitif terutama pada rangkuman materi, soal-soal dan pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Kegiatan Insya Allah, aku bisa! 

 Insya Allah, aku bisa! 

Ayo, ceritakan pengalamanmu bersedekah kepada saudaramu yang kurang beruntung!

Kunci Jawaban 
Waktu itu kami sekeluarga berangkat dari rumah dengan niat untuk bertemu dengan saudaraku yang kurang beruntung. Ayah saya menanyakan keadaannya. Kemudian kami memberikan makanan sembako dan uang yang kita punya untuk saudaramu yang kurang beruntung tersebut, agar bisa  digunakan dan meringankan bebannya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Bagian A

 A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas! 

1. Bagaimana kamu dapat meyakini adanya malaikat yang gaib? 
Kunci Jawaban 
Kita dapat meyakini adanya malaikat yang gaib melalui al-Qur'an dan hadis nabi kita dapat meyakini keberadaan malaikat Allah. swt. 

2. Sebutkanlah sepuluh malaikat beserta tugas-tugasnya! 
Kunci Jawaban 
Berikut sepuluh malaikat beserta tugas-tugasnya :

  1. Jibrilmenyampaikan wahyu. 
  2. Mikailmenyampaikan rezeki. 
  3. Raqibmengawasi dan mencatat amal baik.
  4. Atidmengawasi dan mencatat amal buruk 
  5. Ridwanmenjaga pintu surga. 
  6. Malikmenjaga pintu neraka. 
  7. Izrailmencabut nyawa.
  8. Munkar dan Nakirbertanya di alam kubur.  
  9. Israfiladalah meniup sangkakala

3. Mengapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita selalu ingat dengan kematian? 
Kunci Jawaban 
Beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita selalu ingat dengan kematian Karena  dengan beriman kepada malaikat Allah, kita tahu dan yakin ada malaikat yang mencatat perbuatan kita dan Allah akan memberikan balasannya setelah kita melewati proses kematian.

4. Mengapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita gemar bersedekah?
Jawaban
Beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita gemar bersedekah Karena  dengan beriman kepada malaikat Allah, kita tahu dan yakin ada 2 malaikat yang turun di pagi hari dan salah satunya berkata, Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak, sedangkan yang satunya lagi berkata berilah kebangkrutan kepada orang yang kikir.

Baca Juga

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Bagian B

B. Isilah kolom setuju (S), tidak setuju (TS) dan tidak tahu (TT) dengan tanda (ΓΌ) berikut alasannya! 

1 Aku yakin bahwa malaikat itu ada meskipun tidak terlihat oleh manusia. 
Kunci Jawaban 
Setuju (S), Karena sudah dibuktikan pada al-Qur'an dan hadis nabi kita dapat meyakini keberadaan malaikat Allah. swt. 

2 Beriman kepada malaikat  mendorong aku berbuat baik. 
Kunci Jawaban 
Setuju (S), Karena dengan beriman kepada Allah kita meyakini dan memohon perlindungan dari api neraka, dan amal keburukan di catat oleh malikat Allah sehingga kita terdorong untuk memperbanyak perbuatan baik
3 Menolong teman yang mendapat musibah adalah perilaku yang mencerminkan keimanan kepada malaikat. 
Kunci Jawaban 
Setuju (S), Karena Menolong teman yang mendapat musibah adalah perilaku yang mencerminkan amal perbuatan baik yang di catat oleh malaikat Allah swt. 

Baca Juga

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 7 Halaman 78 Bagian C

C. Ayo Praktikkan 

Ayo, tunjukkan hafalanmu di depan kelas tentang nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya! 

Kunci Jawaban 
Nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya antara lain : 1). Jibril, menyampaikan wahyu. 2). Mikail, menyampaikan rezeki. 3). Raqib, mengawasi dan mencatat amal baik. 4). Atid, mengawasi dan mencatat amal buruk . 5). Ridwan, menjaga pintu surga.  6.)Malik, menjaga pintu neraka. 7). Izrail, mencabut nyawa. 8 dan 9). Munkar dan Nakir, bertanya di alam kubur.  10). Israfil, adalah meniup sangkakala

Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah

  1. Malaikat adalah makhluk gaib sehingga tidak bisa dilihat oleh manusia. Kita iman adanya malaikat, karena Allah yang memberitahukannya. 
  2. Ada sepuluh malaikat yang wajib diketahui, yaitu: Jibril, Mikail, Raqib, Atid, Ridwan, Malik, Izrail, Mungkar, Nakir dan Israfil. Para malaikat tersebut memiliki tugas masing-masing dari Allah. 
  3. Kita harus menerima keberadaan para malaikat tersebut dengan: a. keyakinan bahwa malaikat itu ada b. setiap saat takut dan ingat kepada Allah. c. banyak mengingat kematian. d. gemar mengerjakan perbuatan yang didoakan malaikat. 
  4. Perilaku pergaulan sehari-hari yang mencerminkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah, adalah: a. Gemar bersedekah untuk menolong sesama. b. Gemar berkunjung kepada kerabat dan orang-orang yang beriman. c. Gemar menjalankan perintah-perintah Allah lainnya, serta meninggalkan larangan-larangan-Nya. 
Demikianlah artikel Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 78 Pelajaran 7 Beriman kepada Malaikat Allah, Dengan penuh harapan agar tulisan yang singkat ini bisa menjadi alternatif jawaban yang di perlukan dan dapat membuka wawasan setiap orang yang memerlukannya