Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 - Wali Kelas SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 adalah rangkuman materi, soal dan Kunci Jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) Bab 4 Pemanasan Global Semester 2. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTS Kurikulum 2013 Semester 2 revisi terbaru.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-81-82-Uji-Kompetensi-4
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 


Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan yang sanggat kompetitif terutama pada pembahasan kunci jawabannya. Berikut  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2.

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.
Kunci Jawaban 
Pengertian efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas. Sedangkan pengertian pemanasan global adalah peningkatan suhu rata – rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap serta perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi.

2. Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global.
Kunci Jawaban 
Gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global antara lain : Gas Emisi CO₂, Emisi Metana, Deforestation dan pembakaran lahan hutan, Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs)

Emisi CO2 
Gas Emisi CO₂ adalah gas yang dapat berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik maupun dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi.

Emisi Metana 
Emisi Metana dapat berasal dari hewan, lahan pertanian dan dari dasar laut Arktik.

Deforestation 
Deforestation  adalah kegiatan Penebangan hutan secara Liar yang disertai dengan pembakaran lahan hutan.

3. Perhatikan pernyataan berikut.
a. Penggundulan hutan.
b. Penghematan listrik.
c. Peternakan.
d. Pembakaran hutan.
e. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.

Kunci Jawaban 
Dari semua pernyataan di atas, yang termasuk ke dalam penyebab pemanasan global adalah a. Penggundulan hutan, dan d. Pembakaran hutan.


4. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?
Kunci Jawaban 
Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es adalah AC dan Lemari es merupakan sala satu perangkat elektronik yang pemanfaatannya menggunakan gas CFC untuk menghasilkan dingin. Gas CFC ini berbahaya karena dapat merusak lapisan ozon di Bumi dan menimbulkan pemanasan global.

5. Jelaskan sistem kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi.
Kunci Jawaban 
Sistem kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi
Sebagian energi matahari yang dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah tertahan oleh gas rumah kaca sehingga panas matahari kembali ke permukaan bumi. Hal ini berdampak pada suhu di bumi yang tetap stabil dan hangat, akan tetapi apabila gas rumah kaca terlalu banyak akan berdampak buruk dan menyebabkan bumi semakin panas.

6. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer Bumi.
Kunci Jawaban 
Dampak yang terjadi adalah bumi akan menjadi sangat dingin dan tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup, hal ini disebabkan energi matahari yang diterima oleh bumi langsung keluar begitu saja, sehingga tidak ada panas yang terperangkap di bumi atmosfer bumi.

7. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer Bumi semakin meningkat.
Kunci Jawaban 
Dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer Bumi semakin meningkat antara lain :
  • Es dikutub mencari dan menyebabkan ketinggian air laut meningkat
  • Pemanasan global
  • Kekeringan yang berkepanjangan

8. Atmosfer Bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. 
Kunci Jawaban 
Sistem Atmosfer Bumi berfungsi untuk melindungi bumi dengan cara memantulkan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Sedangkan rumah kaca adalah kejadian di mana energi panas matahari yang akan dipantulkan keluar Bumi dipantulkan kembali ke Bumi menyebabkan suhu di Bumi meningkat.

9. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan.
Kunci Jawaban 
Pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies dikarenakan meningkatnya suhu bumi akan banyak menyebabkan banyak bencana alam yang akan merusak habitat hewan hal ini tentu saja akan berdampak pada kepunahan beberapa jenis spesies hewan. Selain itu kepunahan juga terjadi akibat telur-telur gagal menetas karena suhu yang terlalu hangat.

10. Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global? Jelaskan.
Kunci Jawaban 
Penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global dikarenakan dalam pupuk kimia mengandung senyawa Nitrogen Oksida (NO), yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Penggunaan pupuk kimia secara terus - menerus akan meningkatkan produksi gas rumah kaca yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global.

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Bab 4 Pemanasan Global Semester 2

  1. Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas. 
  2. Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim Bumi. 
  3. Faktor yang menyebabkan pemanasan global di antaranya emisi CO2 , emisi metana, dan pembakaran lahan hutan, penggunaan (CFCs), dan meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian. 
  4. Dampak pemanasan global yang telah nampak, di antaranya temperatur Bumi menjadi semakin tinggi, penguapan dan curah hujan yang tidak menentu, mencairnya glasier yang menyebabkan volume air laut meningkat, hilangnya terumbu karang, kepunahan spesies yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran, dan penipisan lapisan ozon. 
  5. Usaha-usaha untuk menanggulangi pemanasan global, di antaranya menggunakan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan, mengurangi , mengurangi penggunaan (CFCs), mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan.


Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2, Harapan kami agar tulisan yang singkat ini bisa menjadi alternatif jawaban yang di perlukan dan dapat membuka wawasan setiap orang yang memerlukannya.

Terima kasih 

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81 82 Uji Kompetensi Bab 4 Pemanasan Global Semester 2 "

Berlangganan via Email