Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan adalah rangkuman materi, soal dan Kunci Jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTS Kurikulum 2013 Semester 2 revisi terbaru.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-44-45-46-Uji-Kompetensi
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan yang sanggat kompetitif terutama pada pembahasan kunci jawabannya. Berikut  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan,

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Perhatikan Gambar 2.13 berikut ini. Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-44-45-46-Semester-2
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga. 

Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan benar. 
1. Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.
Kunci Jawaban 
Jika para petani melakukan pemberantasan serangga Yang terjadi pada populasi padi dan katak adalah populasi padi akan meningkat, sedangkan populasi katak akan berkurang karena serangga yang merupakan makanannya diberantas oleh para petani.

2. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut? Coba identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada.
Kunci Jawaban 
Faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah adalah bencana alam seperti banjir dan kekeringan. Sedangkan untuk komponen abiotik yang ada antara lain : 1) Tanah, 2) Air, 3) Cahaya matahari, 4) Batu, dan 5) Udara.

3. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?
Kunci Jawaban 
Apabila terjadi banjir di sawah maka akan membuat produsen pada ekosistem sawah menjadi tidak dapat menghasilkan padi dan akan membuat rantai makanan menjadi rusak, sehingga akan menyebabkan berkurangnya populasi, serangga, katak, ular dan elang di ekosistem tersebut.

4. Mengapa (padi, serangga, katak, ular, dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan gambar.
Kunci Jawaban 
Berdasarkan gambar di atas membentuk suatu rantai makanan pada ekosistem sawah yang di mana padi berperan sebagai produsen sekaligus makanan bagi serangga, serangga makanan bagi katak, katak makanan bagi ular, dan ular makanan bagi elang. 

5. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini.

Kunci Jawaban  
a) Populasi katak akan meningkat hal ini disebabkan ular yang merupakan predator bagi katak tidak ada, sehingga tidak ada lagi predator yang akan memangsa katak.

b) Populasi elang akan menurun karena ular yang merupakan makanan elang menjadi tidak ada, sehingga mangsa yang dapat di makan oleh elang menjadi berkurang jenisnya.

c) Aktivitas pertanian akan menjadi terganggu oleh hama sawah, hal ini karena jumlah hama yang tidak terkontrol akibat tidak adanya ular. Karena pada ekosistem tersebut ular yang merupakan predator berperan dalam membasi hama.

6. Perhatikan gambar berikut! Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan.
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-44-45-46-Semester-2-Uji-Kompetensi-2

Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan.

Kunci Jawaban  
Hal ini terjadi karena pada gambar tersebut angin bergerak dari arah barat ke arah timur, polusi udara yang ditimbulkan oleh pabrik tersebut menyebabkan udara yang berada di perumahan sebelah timur menjadi tercemar sedangkan perumahan di sebelah barat tidak tercemar. 

7. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar.
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-44-45-46-Uji-Kompetensi-2

Apakah gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan.

Kunci Jawaban  
Ya, gambar tersebut dapat mewakili saling ketergantungan organisme, dengan organisme (a) sebagai pemberi manfaat kepada organisme (b) dan organisme (b) yang memanfaatkan pemberian tersebut. Sebagai contoh tumbuhan didasar memberikan oksigen dan makanan bagi ikan, dan ikan memanfaatkan oksigen dan makanan tersebut untuk keberlangsungan hidupnya.

Rangkuman Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan IPA Kelas 7 

Lingkungan secara umum diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks sehingga dapat memengaruhi satu sama lain. Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik terdiri atas makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. Komponen abiotik terdiri atas benda-benda mati seperti air, tanah, udara, cahaya, dan sebagainya.

Setiap organisme tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung pada organisme lain dan lingkungannya. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi. Pola interaksi ini terjadi antara komponen biotik dan komponen abiotik serta antara komponen biotik dan biotik.

Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain dapat terjadi melalui rangkaian peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan), maupun melalui bentuk hidup bersama, yaitu simbiosis

Manusia juga memiliki interaksi dengan lingkungan. Berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam menyebabkan kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu, akibatnya lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.


Demikianlah artikel Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Harapan kami agar tulisan yang singkat ini bisa menjadi alternatif jawaban yang di perlukan dan dapat membuka wawasan setiap orang yang memerlukannya.

Terima kasih