Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 178 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2 adalah rangkuman materi, soal dan Kunci Jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) Bab 6 Tata Surya Semester 2. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2 dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTS Kurikulum 2013 Semester 2 revisi terbaru.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-167-168-Uji-Kompetensi
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2 ini terdapat kelebihan pada penjelasan jawaban yang sanggat kompetitif. Berikut  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar. 
1. Jelaskan susunan Tata Surya. 
Kunci Jawaban 
Susunan tata surya dimulai dari matahari sebagai pusat tata surya di kelilingi oleh benda-benda langit lainya seperti planet-planet, komet, meteoroid, dan asteroid.

2. Mengapa Matahari yang menjadi pusat Tata Surya? Jelaskan. 
Kunci Jawaban 
Matahari menjadi pusat tata surya karena matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar dibanding kan dengan benda langit lainnya, akibatnya benda-benda langit tersebut bergerak mengelilingi Matahari berdasarkan orbit atau lintasannya masing-masing termasuk planet-planet.

3. Dari manakah energi Matahari dihasilkan?
Kunci Jawaban 
Energi matahari dihasilkan dari bagian dalam matahari yaitu inti matahari. Inti matahari ini memiliki suhu 1,5 x 10⁷ derajat celsius.

4. Jelaskan perbedaan antara planet luar dan planet dalam.
Kunci Jawaban 


5. Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.
Kunci Jawaban 
Perbedaan antara planet luar dengan planet dalam adalah Planet luar letaknya jauh dengan matahari, berukuran besar, dan memiliki banyak satelit. Sedangkan planet dalam letaknya dekat dengan matahari, berukuran kecil, dan memiliki sedikit satelit atau tidak sama sekali.

6. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pasang surut air laut.
Kunci Jawaban 
Penyebab terjadinya pasang surut air laut adalah Faktor-faktor :
  • Revolusi bulan terhadap matahari
  • Rotasi bumi pada sumbunya,
  • Revolusi bumi terhadap matahari

7. Selain berotasi dan berevolusi terhadap Bumi, Bulan juga bersama-sama dengan Bumi mengelilingi Matahari. Apabila ditentukan kala rotasi Bumi 1 (satu) hari, kala revolusi Bumi 366 hari, serta kala revolusi dan rotasi Bulan sama, yaitu 29,5 hari. Ketika Bumi telah menempuh seperempat lintasan revolusinya, maka berapa kali Bumi telah berotasi dan berapa kali Bulan telah berevolusi dan berotasi? Jelaskan jawabanmu.

Kunci Jawaban 
1/4 Revolusi Bumi = 366 x 1/4 = 91,5 kali
Revolusi dan Rotasi Bulan selama 1/4 Revolusi Bumi = 91,5 / 29,5 = 3,1 kali

Kesimpulan : Saat bumi menempuh seperempat lintasan revolusinya, Bumi telah berotasi sebanyak 91,5 kali, dan Bulan telah berevolusi dan berotasi sebanyak 3,1 kali.

8. Jenis gerhana apakah yang terjadi berdasarkan gambar di bawah ini? Jelaskan.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-167-168-Uji-Kompetensi-Bab-6
Kunci Jawaban 
Berdasarkan gambar di atas jenis gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan. Hal ini di sebabkan posisi Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Pada waktu seluruh bagian Bulan masuk dalam daerah Umbra Bumi, maka terjadi Gerhana Bulan total.


9. Mengapa gerhana Matahari hanya terjadi kadang-kadang saja, meskipun fakta menunjukkan bahwa rotasi Bulan menyebabkan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari pada setiap bulannya? Jelaskan.
Kunci Jawaban 
Penyebab gerhana matahari terjadi kadang-kadang saja adalah posisi orbit Bumi dan orbit Bulan tidak persis pada bidang yang sama tetapi membentuk sudut sekitar 5,14° sehingga menyebabkan gerhana matahari hanya terjadi pada waktu tertentu saja.

10. Mengapa ketika terjadi gerhana Matahari kamu tidak diperbolehkan untuk melihat Matahari secara langsung?
Kunci Jawaban 
Ketika terjadi gerhana Matahari kita tidak diperbolehkan untuk melihat Matahari secara langsung hal ini dikarenakan pada saat gerhana matahari berlangsung langit di sekitar akan berubah menjadi gelap, pada saat itu Pupil di lensa mata kita tak bisa bereaksi dengan tepat dalam kondisi level kontras yang tinggi, pupil mata justru melebar sehingga jumlah cahaya yang masuk dan terfokus di retina meningkat yang dapat menyebabkan kebutaan. 


Rangkuman Bab 6 Tata Surya
  1. Tata surya adalah susunan benda-benda lagit yang terdiri atas Matahari sebagai pusat tata surya, planet-planet, komet, meteoroid, dan asteroid yang mengelilingi Matahari.
  2. Matahari adalah bintang yang terdapat di dalam tata surya yang memiliki empat lapisan, yaitu inti Matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.
  3. Planet dalam adalah planet yang orbitnya dekat dengan Matahari.
  4. Planet dalam terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  5. Planet luar adalah planet yang orbitnya jauh dari Matahari.
  6. Planet luar terdiri atas Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
  7. Komet adalah benda langit yang mengelilingi Matahari dengan orbit yang sangat lonjong.
  8. Meteoroid adalah potongan batu atau puing-puing logam yang bergerak di luar angkasa.
  9. Meteor adalah meteoroid yang habis terbakar oleh atmosfer bumi.
  10. Meteorid adalah meteoroid yang jatuh ke bumi.
  11. Asteroid adalah potongan-potongan batu yang mirip dengan materi penyusun planet.
  12. Rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya.
  13. Kala Rotasi Bumi adalah waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk sekali berputar, yaitu 23 jam 56 menit.
  14. Dampak dari rotasi Bumi di antaranya adalah gerak semu harian Matahari, perbedaan waktu, pembelokan arah angin, dan pembelokan arah arus laut.
  15. Revolusi Bumi adalah pergerakan Bumi untuk mengelilingi Matahari.
  16. Kala revolusi Bumi adalah waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk sekali mengelilingi Matahari, yaitu 365,25 hari.
  17. Dampak dari revolusi Bumi di antaranya adalah terjadinya gerak semu tahunan Matahari, perbedaan lamanya siang dan malam, dan pergantian musim.
  18. Bulan melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi, dan bergerak bersama-sama dengan Bumi untuk mengelilingi Matahari. Kala rotasi Bulan sama dengan kala revolusinya terhadap Bumi, yaitu 27,3 hari.
  19. Dampak dari pergerakan Bulan di antaranya terjadinya pasang surut air laut, pembagian Bulan, fase-fase Bulan, gerhana Matahari, dan gerhana Bulan.
  20. Gerhana Matahari terjadi ketika posisi Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, dan ketiganya terletak dalam satu garis.
  21. Gerhana Bulan terjadi apabila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan.

Baca Juga 

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2. Jika tidak sependapat dengan kunci jawaban ini merupakan hal yang wajar, dikarenakan soal-soal pada uji kompetensi bab 5 lapisan bumi ini merupakan soal-soal terbuka.

Terima kasih

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Uji Kompetensi Bab 6 Tata Surya Semester 2"

Berlangganan via Email