Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian adalah kunci jawaban yang membahas Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian tentang Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan. Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian merupakan kunci jawaban soal yang di kutip dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017. 

Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-7-Bab-12-Halaman-185-Uraian
Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian


Pembahasan rangkuman materi, soal-soal dan kunci jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Luhur mengenai soal uraian PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian dapat di baca dan di salin di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian

Kunci Jawaban Uraian

1. Sebutkan sifat – sifat yang dimiliki Abu Bakar as – Siddiq !.

Kunci Jawaban 
Berikut sifat – sifat yang dimiliki Abu Bakar as – Siddiq :
  • Ia memiliki sifat bijaksana dan tegas.
  • Abu bakar termasuk pengikut dan sahabat setia nabi Muhammad bahkan sampai pada saat Rasulullah mau hijrah meskipun tantangan yang dihadapinya sangat berat.
  • Ia menjadi contoh yang baik bagi sahabat lainnya dan orang lainnya.
  • Ia selalu mengorbankan jiwa raganya hanya untuk kejayaan Islam.
  • Ia selalu patuh dan taat pada ajaran agama Islam.
2. Mengapa abu Bakar diberi gelar As – Siddiq !.

Kunci Jawaban  
As – Siddiq artinya benar. Alasan Ia mendapat gelar tersebuat adalah ketika itu, rasulullah SAW melakukan Isra Mi’raj, yaitu melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina dan naik ke langit sampai ke Sidratul Muntaha dalam waktu sepertiga malam. Pada peristiwa itu Rasulullah SAW diberi tugas oleh Allah berupa shalat lima kali sehari semalam. Ketika berita ini disampaikan kepada orang – orang kafir Mekah, serentak orang – orang kafir Mekah tidak mempercayainya, bahkan mereka menganggap bahwa nabi Muhammad SAW melakukan kebohongan. Akan tetapi, Abu Bakar langsung membenarkan apa yang dikatakan oleh Nabi tersebut. Abu Bakar as – Siddiq termasuk as – sabiqun al - awwaalun yaitu orang – orang yang pertama masuk Islam.

3. Sebutkan sifat – sifat yang dimiliki Usman bin Affan !.

Kunci Jawaban   
Berikut sifat – sifat yang dimiliki Usman bin Affan
  • Ia adalah seorang pedagang kaya raya dan pebisnis andal yang memiliki sifat dermawan.
  • Memiliki sifat yang baik hati dan dermawan.

4. Siapakah Ali Bin Abi Thalib itu ?.

Kunci Jawaban    
Ali bin Abi Talib mempunyai nama asli Haydar (Singa) bin Abu Talib. Beliau adalah pemeluk Islam pertama (Assabiqun al - Awwaalun) dan juga keluarga Nabi Muhammad SAW. Ali adalah sepupu Nabi Muhammad SAW dan menantunya setelah menikah dengan Fatimah.

5. Bagaimana tanggapanmu tentang al – Khulafaur  ar- rasyidin ?.

Kunci Jawaban   
Al – Khulafaur Rasyidin artinya pemimpin yang diberi petunjuk oleh Allah SWT. Al – Khulafaur Rasyidin berjumlah 4 orang, yaitu Abu Bakar as – Siddiq, Umar bin khattab, Usman bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Talib.
Al – Khulafaur Rasyidin adalah pribadi – pribadi yang terbaik hasil didikan Rasulullah SAW. Mereka memiliki sifat – sifat terpuji yang patut menjadi teladan umat Islam zaman sekarang.

6. Mengapa Abu Bakar berani berkorban untuk kepentingan Islam ?.

Kunci Jawaban 
Berikut alasan mengapa Abu Bakar berani berkorban untuk kepentingan Islam :
  • Karena Kewajibannya sebagai seorang muslim yang harus membela agamanya jika diganggu oleh kafir Quraisy.
  • Karena ia termasuk salah satu orang yang pertama masuk Islam (assabiqunal awwalun) dan orang yang pertama membenarkan peristiwa Isra Mi’raj sehingga diberi gelar “As – Siddiq”
  • Karena ia adalah sahabat yang paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW dan mertua Nabi Muhammad. Salah satu putrinya Aisyah ra menjadi Istri Nabi Muhammad SAW.
Bukti perjuangan Abu Bakar untuk kepentingan Islam di antaranya :
  • Ia termasuk salah satu sahabat yang paling banyak mendermakan harta bendanya bagi kepentingan dakwah Islam.
  • Ia termasuk bangsawan arab yang disegani sehingga banyak orang Quraisy masuk Islam seperti Usman bin Affan, Abdurrahman bin Auf dan Zubair bin Awwam.
  • Ia selalu membela nabi Muhammad SAW apabila disakiti dan diganggu kafir Quraisy dan mendampingi perjalanan Nabi Muhammad saat Hijrah dari Mekah ke Madinah.
  • Sejumlah budak yang disiksa tuannya karena masuk Islam, ia tebus dengan hartanya dan dimerdekakannya / dibebaskannya.
  • Setiap pertempuran, ia tidak pernah absen dan selalu mendampingi Rasulullah.
  • Saat menjadi Khlalifah, Abu Bakar membasmi nabi palsu dan Melakukan perluasan wilayah islam keluar jazirah arab.  
  • Pengumpulan ayat – ayat alqur’an yang berserakan diberbagai tempat.
  • Membentuk lembaga bait al – maal dan pengadilan, dsb.
7.  Sebutkan sifat – sifat yang dimiliki Umar bin Khattab !.

Kunci Jawaban  
Sifat – sifat yang dimiliki Umar bin Khattab adalah 
  • Umar bin khattab adalah orang yang sangat berani sehingga ia dijuluki Singa padang pasir.
  • Umar bin Khattab memiliki sifat yang keras kepala, tapi hati beliau lembut. Ia sangat keras terhadap orang – orang yang mengingkari ajaran Islam atau orang – orang kafir, tapi ia sangat lembut terhadap orang – orang baik.
  • Ketika menjadi pemimpin, ia selalu mendahulukan kepentingan orang banyak diatas kepentingannya pribadi. Prinsipnya lebih baik tidak makan dan tidur di lantai dari pada makan enak dan tidur di istana sementara rakyatnya menderita.
  • Jadi ia memiliki sifat Tegas dan pemberani.

8. Apa yang dilakukan Khalifah Umar bin Khattab ketika mendengar anak – anak kecil menangis ?.

Kunci Jawaban  
Ada dua peristiwa yang pernah dialami oleh khalifah Umar bin Khattab, yaitu :
  • Ia merasa sedih teringat masa lalunya sebelum masuk Islam, dimana Ia pernah membunuh anak perempuannya.
  • Ia berdosa dan Merasa kasihan kepada seorang ibu yang memasak batu untuk anak – anaknya yang terus menangis karena lapar, sehingga ia membawakan sekarung gandum dan daging. Dan Ia sendiri yang memasaknya sehingga anak – anak yang menangis itu kenyang dan tertidur pulas.

9. Sebutkan sifat – sifat yang dimiliki oleh Ali bin Abi Talib !.

Kunci Jawaban   
  • Seorang pemuda yang yang sangat cerdas, berani dan sabar.
  • Ali bin Abi Talib adalah salah seorang ilmuwan yang sangat cerdas. Rasulullah mengatakan “Anaa madiinatul ilm wa aliyu babuha” (Saya adalah kota ilmu dan Ali adalah pintu gerbangnya).
  • Khalifah yang memiliki sifat yang cerdas, tegas dan berani.

10.  Ceritakan kembali secara singkat kisah Umar dengan Janda Tua !.

Kunci Jawaban    
Ada seorang Janda tua yang buta dan sedang menderita sakit. Janda itu mengatakan bahwa tiap malam ada orang yang dating ke rumahnya untuk mengirim makanan dan obat – obatan. Janda itu sama sekali tidak tahu namanya. Padahal orang yang tiap malam dating ke rumahnya adalah Khalifah Umar bin Khattab yang mereka kagumi.  Auza’iy pernah memergoki Khalifah Umar Bin Khattab masuk ke rumah Janda tua yang buta tersebut.

Rangkuman Bab 12 Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan

  1. Al-Khulafa’u ar-Rasyidµn artinya pemimpin-pemimpin yang diberi petunjuk oleh Allah Swt. 
  2. Yang termasuk al-Khulafa’u ar-Rasyidµn adalah; Abu Bakar as-Siddiq, Umar bin Khatab, ‘Usman bin ‘Affan, dan Ali bin Abitalib. Secara umum, sifat yang dimiliki oleh para al-Khulafa’u ar-Rasyidµn antara lain amanah, istiqamah, jujur, cerdas, bertanggung jawab, dan selalu menyampaikan kebenaran 
  3. Secara khusus sifat-sifat al-Khulafa’u ar-Rasyidµn adalah sebagai berikut. a. Abu Bakar as-Siddiq bersifat tegas terhadap orang yang mengaku nabi, tidak mau membayar zakat, dan orang murtad. b. Umar bin Khatab bersifat pemberani melakukan perluasan wilayah Islam. c. Usman bin Affan bersifat dermawan. Banyak membantu perjuangan Islam. d. Ali bin Abi talib bersifat cerdas. Ilmunya yang tinggi dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian yang walikelassd.com share ini, dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru yang mengajar maupun siswa yang belajar.


Terima kasih salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 12 Halaman 185 Uraian"