Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian adalah kunci jawaban yang membahas Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian tentang  Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan PemaafKunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian merupakan kunci jawaban soal yang di kutip dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017. 

Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-7-Bab-13-Halaman-205-206-Uraian
Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian

Pembahasan rangkuman materi, soal-soal dan kunci jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Luhur mengenai soal uraian PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian dapat di baca dan di salin di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 13 Halaman 205 206 Uraian

Kunci Jawaban Uraian

Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Jelaskan isi kandungan Q.S. an-Nisa/4:146!

Kunci Jawaban 
Kandungan Q.S. an-Nisa/4:146 menjelaskan tentang keikhlasan amal seseorang. 

Ikhlas merupakan syarat mutlak diterimanya amal. Setiap perbuatan manusia dimulai dari gerak hati atau niatnya. Oleh karena itu, yang harus diluruskan pertama kali agar tercapai derajat mukhlisin adalah niat dalam hati.

2. Jelaskan isi kandungan Q.S. Ali-Imran/3:134!

Kunci Jawaban 
Kandungan Q.S. Ali-Imran/3:134 menjelaskan ciri-ciri orang taqwa, yaitu selalu memaafkan orang lain. 

Sikap pemaaf berarti sikap suka memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikit pun ada rasa benci dan keinginan untuk membalasnya.

3. Mengapa kita harus memiliki sifat sabar?

Kunci Jawaban 
Memiliki sifat sabar sangat penting karena sabar adalah perilaku menahan dan mengendalikan segala emosi. Apabila tidak terkendali, maka emosi dapat menjerumuskan ke dalam kesengsaraan. Maka dari itu sangat penting bagi kita memiliki sikap sabar menahan amarah bergejolak.

4. Sebutkan macam-macam sabar dan berikan contohnya!

Kunci Jawaban 
Macam-macam sabar terbagi menjadi 3 bagian:
  • Sabar dalam menjalankan perintah Allah Swt., seperti Ketika mendengar adzan segera menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah. Ketika bel berbunyi segera masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran Saat orang tua memanggil, segera menghadap dan menemui agar tidak mengecewakannya.
  • Sabar dalam menjauhi maksiat atau meninggalkan larangan Allah Swt., seperti: Ketika diajak bolos sekolah segera menolak dan menghindari teman-teman model begitu. Saat diajak tawuran segera menolak dan menjauhi mereka. Tidak cepat marah dan main hakim sendiri.
  • Sabar dalam menerima dan menghadapi musibah, seperti: Ketika terkena musibah seperti sakit tidak mengeluh dan tidak putus asa untuk berusaha mencari obatnya. Ketika terkena musibah tidak mengeluh dan tidak menyalahkan Allah dan orang lain.

5. Mengapa kita harus ikhlas?

Kunci Jawaban 
Ikhlas artinya perbuatan yang dilakukan semata-mata karena Allah, tidak ingin dipuji orang lain. Penting sekali kita memiliki sikap ikhlas ini, agar beribadah hanya kepada Allah, dan tidak muncul sifat riya dalam diri kita.

6. Sebutkan manfaat dari ikhlas!

Kunci Jawaban 
Manfaat memiliki sifat ikhlas adalah 
  • Membuat hidup menjadi tentram.
  • Amal ibadah diterima oleh Allah SWT.
  • Diangkatnya derajat .
  • Mudah memaafkan kesalahan orang lain, dan lain-lain.
7. Mengapa kita harus jadi pemaaf?

Kunci Jawaban 
Pemaaf artinya memberi maaf kepada orang yang telah menyakiti atau mendzolimi kita. Memiliki sifat pemaaf membuat hilangnya penyakit hati, dengan tidak memendam rasa benci kepada orang lain, karena kita senantiasa untuk selalu memaafkan orang tersebut.

8. Sebutkan manfaat dari sikap pemaaf!

Kunci Jawaban 
Manfaat memiliki sifat pemaaf adalah
  • Mendapatkan pahala dan kemulian di sisi Allah SWT.
  • Hati menjadi lebih tenang
  • Dijauhkan dari sifat iri, dengki dan dendam
  • Terhindar dari konflik, dan lain-lain.

9. Ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku ikhlas!

Kunci Jawaban 
Kisah salah satu sahabat Nabi yaitu Amru Bin Taghlib. Dalam Fathul Bari dijelaskan Rasulullah membagi-bagikan harta rampasan perang kepada para sahabat. Namun tidak semua sahabat memperoleh bagian. Termasuk Amru bin Taghlib. Walaupun begitu ia ikhlas menerima, hal ini mengajarkan kita untuk ridha terhadarp rizki yang diterima tanpa harus meminta dan memaksa.

10. Ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku sabar!

Kunci Jawaban 
Kisah Nabi Ayyub A.S. ia ditimpa penyakit judzam (kusta) serta musibah yang membuat harta serta anaknya hilang. Akibatnya, semua orang menjauh darinya. Hanya saja, Nabi Ayyub selalu berdzikir kepada Allah untuk diberikan keselamatan dan kesehatan.  Dengan kesabaran yang dilakukannya selama 18 tahun. Nabi Ayyub pun mendapat mukjizat dari Allah SWT. Ia diberi kesehatan setelah mandi dan minum dari air yang dianugerahi oleh Allah SWT.

Baca Juga 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban PAI Bab 9 Kelas 7 Halaman 137 138 Uraian yang walikelassd.com share ini, dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru yang mengajar maupun siswa yang belajar. Terima kasih salam

Kunci Jawaban Pilihan Ganda














Kunci Jawaban Uraian