Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan adalah kunci jawaban yang membahas Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan. Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan merupakan kunci jawaban soal yang di kutip dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 edisi Revisi terbaru. 

Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-10-Bab-10-Halaman-168
Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan


Pembahasan rangkuman materi, soal-soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan Pembaruan Islam dapat di baca dan di salin di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 

A. Uji Pemahaman Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar. 
1. Setiap muslim diperintahkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? 

Kunci Jawaban 
Cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ialah dengan berguru sungguh-sungguh dan membetulkan niat bahwa kita berguru ilmu ini dengan tujuan mendapatkan ridho dan pahala dari Allah, bukan untuk gelar atau kebanggaan. Kemudian sampaikan hak ilmu. Hak ilmu ini ada dua, yaitu mengamalkan dan menyampaikan.

2. Apa yang akan kamu lakukan jika ingin kuliah, tetapi ekonomi orang tua tidak memungkinkan? 

Kunci Jawaban 
Seorang muslim meyakini bahwa segala hal telah ditetapkan oleh ALLAH, kita sanggup kuliah atau tidak itu sudah ALLAH tetapkan. Maka kita berikhtiar dengan mencoba mencari beasiswa atau bekerja. Seandainya tidak bisapun maka mencari ilmu tidak harus melalui kursi kuliah, ada jalan lain, misal kursus, training atau semacamnya yang bisa langsung untuk bekerja. Atau kita sanggup berguru agam di pondok pesantren. Ada banyak pondok yang biayanya sangat murah bahkan gratis. Bukankah sebaik-baik ilmu ialah ilmu agama.

3. Jelaskan kandungan Q.S. at-Taubah/9:122.

Kunci Jawaban 

 وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

Isi Kandungannya:
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka perihal agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu sanggup menjaga dirinya. 

Penjelasannya:
Maksud dari ayat ini ialah biar adalah golongan-golongan yang mengabdikan dirinya dalam ilmu, terutama ilmu agama, biar ada orang-orang yang tetap memahami agama dan sanggup menunjukkan peringatan kepada manusia. Apabila tidak ada orang yang mau menuntut ilmu maka ilmu ini akan hilang, bila ilmu hilang maka insan akan kembali pada kesesatan. Contoh ulama yang mengabdikan ilmunya dalam ilmu ialah imam nawawi, yang ia habiskan hidupnya untuk mengajar hingga tidak sempat berumah tangga. Semoga ALLAH balas pengorbanan dia dengan pahala yang besar.

 
4. Jelaskan keutamaan orang yang menyebarkan ilmu. 

Kunci Jawaban 
Perumpamaan petunjuk dan ilmu yang Allah mengutusku dengannya laksana hujan deras yang membasahi tanah. Ada tanah subur yang sanggup menyerap air sehingga menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang banyak. Ada tanah kering yang sanggup menampung air, kemudian Allah  menunjukkan manfaat kepada insan dengannya sehingga mereka sanggup meminumnya, mengairi tanaman, dan bercocok tanam. Hujan itu juga menimpa jenis (tanah yang) lain yaitu yang tandus, tidak sanggup menampung air dan tidak pula menumbuhkan tanaman. Itulah perumpamaan orang yang mendalami agama Allah, kemudian ia mengambil manfaat dari apa yang Allah mengutus saya dengannya, sehingga ia terpelajar kemudian mengajarkannya. Dan perumpamaan orang yang tidak peduli dengannya dan tidak mendapatkan hidayah Allah  yang saya diutus dengannya. ( HR. Bukhori )

5. Jelaskan kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia.

Kunci Jawaban 
Kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan insan ialah sebagai pemudah segala urusan insan didunia. Perlu diketahui bahwa ilmu tiba dari Allah, maka ini merupakan bentuk kasih sayang ALLAH biar gampang segala urusan manusia, gampang segala hajat insan dan gampang segala dilema manusia. Hakekatnya Allah turunkan ilmu pengetahuan ini biar insan dapat meluangkan waktunya lebih untuk beribadah kepadanya.

Rangkuman Materi PAI Kelas 10 Bab 10 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

  1. Q.S. at-Taubah/9:122 berisi perintah jihad itu tidak hanya dipahami dengan mengangkat senjata, tetapi memperdalam ilmu pengetahuan dan menyebarluaskannya juga termasuk ke dalam jihad.
  2. Fungsi ilmu adalah untuk mencerdaskan umat.
  3. Tidak dibenarkan menuntut ilmu pengetahuan hanya untuk mengejar pangkat dan kedudukan atau keuntungan pribadi saja, apalagi untuk menggunakan ilmu pengetahuan sebagai kebanggaan dan kesombongan diri.
  4. Pentingnya memperdalam ilmu pengetahuan, mengamalkannya dengan baik, dan menyebarluaskannya.
  5. Ayat di atas menjadi acuan kita yang berhubungan dengan kewajiban belajar dan mengajar. 
Terdapat beberapa sumber yang tentunya harus kita kaji lebih dalam lagi, karena dari sekian kitab-kitab tafsir yang sudah ada ternyata berbeda dalam penafsirannya. Namun pada pokoknya adalah hal-hal berikut.
  • Kewajiban manusia untuk belajar dan mengajar agama.
  • Ayat ini memberi anjuran tegas kepada umat Islam agar ada sebagian dari umat Islam yang memperdalam agama. 
  • Pentingnya mencari ilmu juga mengamalkan ilmu.
  • Pentingnya memperdalam ilmu dan menyebarluaskan informasi yang benar. Ia tidak kurang penting dari upaya mempertahankan wilayah.
  • Hendaklah jihad itu dibagi kepada jihad bersenjata, jihad memperdalam ilmu pengetahuan, dan pengertian tentang agama.
  • Antara jihad berperang dan jihad memperdalam ilmu agama keduanya penting serta keduanya saling mengisi

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan yang walikelassd.com share ini, dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru yang mengajar maupun siswa yang belajar.


Terima kasih salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 10 Halaman 168 Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan"