Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup adalah rangkuman materi, soal dan Kunci Jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup. Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup ini dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Semester 2 revisi terbaru.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-150-151-152-Uji-Kompetensi-Bab-8
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup


Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan yang sanggat kompetitif terutama pada pembahasan kunci jawabannya. Berikut Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup baik Pilihan Ganda maupun kunci jawaban Essay.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup Pilihan Ganda

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Bab 8 Halaman 150 151 152 Pilihan Ganda

Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

A. Pilihan Ganda
1. Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut ..
A. atom
B. unsur
C. partikel
D. molekul
Kunci Jawaban : C. partikel

2. Dua atom atau lebih yang bergabung (melalui ikatan kimia), baik antara atom-atom yang sama maupun atom-atom yang berbeda disebut ....
A. atom
B. molekul
C. larutan
D. campuran
Kunci Jawaban : B. molekul

3. Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah
A. proton
B. neutron
C. elektron
D. kulit atom
Kunci Jawaban : D. kulit atom

4. Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40. Jumlah proton yang terdapat dalam atom kalsium adalah ...
A. 10
B. 20
C. 30
D. 40
Kunci Jawaban : B. 20

5. Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut ....
A. ion
B. unsur
C. molekul
D. senyawa
Kunci Jawaban : A. ion 

6. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah
A. perbedaan jumlah neutron suatu zat
B. perbedaan ikatan atom penyusun suatu zat
C. perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat
D. perbedaan struktur (susunan) atom penyusun suatu zat
Kunci Jawaban : A. perbedaan jumlah neutron suatu zat 

7. Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah ...
A. kerapatan
B kekerasan
C. elastisitas
D. kestabilan
Kunci Jawaban : D. kestabilan 

8. Berdasarkan elastisitasnya, bahan berikut yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah ....
A. besi
B. baja
C. karet
D. aluminium
Kunci Jawaban : B. baja 

9. Zat yang digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah ....
A. glukosa
B. glikogen
C. etilen glikol
D. anti freeze protein
Kunci Jawaban : C. etilen glikol 

10. Bahan berikut yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah ....
A. besi
B timah
C. tembaga
D. aluminium
Kunci Jawaban : D. aluminium 

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup Essay

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Bab 8 Halaman 152 Essay

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 

1. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari

Kunci Jawaban : 
Peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari antara sebagai berikut :
  • menghasilkan arus listrik
  • mendiagnosis suatu penyakit melalui sinar-X
  • sumber gelombang pengganti cahaya pada mikroskop elektron
  • dapat menghasilkan cahaya dengan warna yang khas

2. Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!

Kunci Jawaban : 
Iodin (I) berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme untuk menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah. Sehingga apabila tubuh kekurangan iodin dapat mengakibatkan penyakit gondok.

3. Mengapa bahan yang terbuat dari styrofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!

Kunci Jawaban : 
Karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang dapat memicu munculnya kanker. Stirofoam juga tidak tahan panas jadi apabila stirofoam ini terkena panas yang cukup tinggi, maka plastik akan rusak sehingga senyawa polistirena akan tercampur ke dalam makanan.

4. Perhatikan kabel listrik berikut.

Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut. Jelaskan sifat fisika dan kimia yang mendukung pemilihan bahan tersebut!

Kunci Jawaban : 
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-152-Uji-Kompetensi-Bab-8-Essay

Isolator : Terbuat dari plastik, Sifat fisika plastik yaitu rapat, elastis, dan tidak dapat menghantarkan listrik. Sedangkan sifat kimia plastik yaitu stabil, tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.

Konduktor : Terbuat dari logam tembaga, Sifat fisika tembaga yaitu rapat, keras, memiliki daya hantar listrik yang baik, serta memiliki titik leleh yang tinggi.  Sedangkan sifat kimia tembaga yaitu stabil,tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Kunci Jawaban : 
Perbedaannya adalah Intan memiliki sifat sangat keras sedangkan Grafit mudah patah atau rapuh. Penyebabnya pada perbedaan susunan atom karbon, pada intan, tiap atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral. Sedangkan pada grafit, atom karbon berikatan dengan tiga atom C lainnya membentuk lapisan heksagonal.

Rangkuman Materi IPA Kelas 9 Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

  1. Setiap benda dan makhluk hidup tersusun oleh molekulmolekul. Molekul ini tersusun atas partikel yang lebih kecil yaitu atom. 
  2. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton yang memiliki muatan positif, elektron yang memiliki muatan negatif, dan neutron yang tidak bermuatan. 
  3. Sifat-sifat suatu materi atau benda yang berbeda disebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu, jenis ikatan kimia, serta perbandingan jumlah dan jenis atom dalam suatu molekul. 
  4. Ada beberapa teori perkembangan atom, yaitu teori Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan teori atom modern. 
  5. Partikel subatom banyak dimanfaatkan dalam kehidupan, misalnya elektron digunakan pada mikroskop elektron dan sinar-X. 
  6. Setiap atom memiliki nomor atom dan nomor massa. Nomor atom menunjukkan jumlah proton, sedangkan nomor massa menunjukkan penjumlahan proton dan neutron. 
  7. Molekul dan atom yang menerima atau melepas elektron menjadi bermuatan dan membentuk ion. 
  8. Proses pembentukan ion disebut ionisasi. Ion yang bermuatan positif disebut kation, sedangkan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Gaya tarik-menarik antara kation dan anion dalam senyawa tersebut disebut ikatan ionik. 
  9. Pembentukan ikatan kimia melalui penggunaan bersama elektron antar dua atom disebut dengan ikatan kovalen. 
  10. Susunan elektron di dalam suatu atom disebut dengan konfigurasi elektron.
  11. Tingkat energi dalam suatu atom berturut-turut adalah tingkat energi K, L, M, N, dan seterusnya. Tingkat energi K merupakan tingkat energi pada kulit ke-1 (n=1), tingkat energi L pada kulit ke-2 (n=2), dan seterusnya. 
  12. Tingkat energi K atau n=1 dapat ditempati oleh 2 elektron, L atau n=2 dapat ditempati oleh 8 elektron, M atau n=3 dapat ditempati oleh 18 elektron dan seterusnya. 
  13. Uji nyala dapat digunakan untuk mengetahui kandungan beberapa unsur dalam suatu senyawa secara sederhana 
  14. Setiap zat memiliki sifat yang unik dan berbeda dengan zat lain yang disebabkan oleh perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat, perbedaan ikatan, atau perbedaan struktur (susunan) atom atau molekul-molekul penyusunnya. 
  15. Intan dan grafit tersusun dari atom yang sama yaitu atom karbon (C), namun membentuk struktur dan jenis ikatan yang berbeda sehingga dapat dihasilkan karakteristik yang berbeda. Pada intan masing-masing atom karbon (C) mengikat empat atom karbon (C) lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral. 
  16. Sifat fisika merupakan sifat yang dapat diamati dengan tanpa mengubah ciri-ciri dan komposisi suatu zat dan tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru, misalnya kerapatan, kekerasan, elastisitas, daya hantar, viskositas, kemagnetan, titik didih, titik beku, dan titik leleh. 
  17. Sifat kimia adalah sifat yang tampak pada suatu zat ketika zat tersebut mengalami perubahan atau reaksi menjadi zat lain, misalnya kestabilan, korosifitas, dan kereaktifan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup yang walikelassd.com share ini, dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru yang mengajar maupun siswa yang belajar.


Terima kasih salam


Baca juga:

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 151 152 Uji Kompetensi Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup"

Berlangganan via Email