Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan adalah Kunci Jawaban Buku Tematik kelas 5 Sekolah Dasar (SD/MI). Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6 ini dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 5 SD Kurikulum 2013 revisi 2017.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan yang sanggat kompetitif terutama pada rangkuman materi dan soal soal dan pembahasan kunci jawabannya. Berikut pembahasan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-191-192-193-194-198-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 191 192 Buku Tematik

Ayo Membaca

Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Permasalahan sosial seperti kecelakaan lalu lintas, sampah, peristiwa kriminal, sering terjadi di sekitar kita. Adakah permasalahan sosial lainnya yang disebabkan oleh tidak terlaksananya kewajiban salah satu pihak di dalam masyarakat? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama

Masalah Sosial di Sekitar Kita

Dengan semakin majunya media informasi baik cetak maupun elektronik, dengan mudah masyarakat mengetahui peristiwa yang terjadi di tempat-tempat lainnya. Tidak terkecuali berita-berita tentang permasalahan sosial yang sering diberitakan. Beberapa masalah social seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi.

Pencemaran lingkungan, terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. Pencemaran limbah cair ke sungai-sungai, dapat mencemari air sungai yang menyebabkan kerugian bagi masyarakat yang menggunakannya. Pencemaran udara juga dilakukan oleh kendaraan yang sudah tidak layak jalan, sehingga mencemari udara dengan bahan berbahaya seperti timbal dan karbon monoksida. Selain itu, masih ada pabrik-pabrik yang membuang limbahnya melalui udara. Pencemaran pada tanah juga terjadi, karena masyarakat membuang bahan berbahaya yang dapat membunuh organisme di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan.

Fasilitas umum biasanya disediakan oleh pemerintah yang digunakan untuk keperluan masyarakat. Fasilitas umum yang mudah dijumpai, antara lain fasilitas umum sebagai sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan. Kendaraan umum, terminal, pelabuhan, merupakan beberapa contoh sarana transportasi. Gedung sekolah, museum, gedung olahraga merupakan contoh sarana pendidikan. Sedangkan rumah sakit, apotek, puskesmas merupakan contoh sarana kesehatan. Seringkali masyarakat kurang memelihara fasilitas-fasilitas umum tersebut, sehingga tidak terawat dan rusak. Ketika fasilitas umum itu rusak maka hak orang lain untuk menggunakannya akan terhambat. Dengan memelihara dan melaporkan kerusakan, masyarakat dapat menjaganya agar dapat digunakan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menjumpai banyak sekali perilaku tidak disiplin, misalnya di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas dan kemacetan, merupakan salah satu akibat dari perilaku tidak disiplin. Contoh perilaku tidak disiplin antara lain: menjalankan kendaraan dengan melawan arus. Mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, misalnya di trotoar atau jembatan penyeberangan. Memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan, tidak menggunakan jembatan penyeberangan.

Berdasarkan bacaan di atas tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-191-192-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 Buku Tematik


Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf. Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Kunci Jawaban:
Beberapa masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingkungan terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan sehingga mengakibatkan pencemaran air, udara, dan tanah. Fasilitas umum seperti sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan harus dijaga dan dilaporkan kerusakannya agar dapat digunakan. Banyak perilaku tidak disiplin di jalan raya dapat menyebabkan kecelakaan misalnya menjalankan kendaraan dengan melawan arus, mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan.

Kesimpulanku:
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Peraturan dibuat agar tertib, aman, dan nyaman. Maka, jika salah satu tidak melaksanakan kewajibannya, maka bisa terjadi kecelakaan yang merugikan berbagai pihak.

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan catatanmu tentang isi setiap paragraf yang mewakili pokok pikiran dalam setiap paragraf di atas untuk mempermudah pekerjaanmu. Tambahkanlah beberapa gambar pada setiap pokok pikiran yang kamu jelaskan.

Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-192-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 192 Buku Tematik


Baca Juga

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 193 194 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 193 194 Buku Tematik

Ayo Mengamati

Masalah sosial yang terjadi seperti yang dijelaskan di dalam bacaan di atas, mungkin pernah terjadi di sekitarmu juga. Pernahkah kamu berpikir tentang gagasan untuk mengurangi terjadinya masalah sosial tersebut? Dengan menggunakan bacaan di atas lakukanlah kegiatan berikut ini!

A. Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan keterangan yang ada pada bacaan di atas. Perhatikan contoh.

Kunci Jawaban 
Nama Alat dan
Bagiannya
BahanKegunaanSifat Hantaran
(Konduktor/Isolator)
Pegangan panciPlastikUntuk membuka
dan menutup tutup panci
Isolator
Alas SetrikaTembagaMenghaluskan pakaianKonduktor
Ujung SolderBesiMelekatkan patriKonduktor
Gagang SolderPlastikMemegang solder saat digunakanIsolator
Pegangan SetrikaPlastikMemegang setrika saat digunakanIsolator
PanciAluminiumMemasak dan merebus airKonduktor


B. Amatilah lingkungan di sekitarmu, baik di sekolah maupun di rumah. Gunakan tabel berikut ini untuk menuliskan masalah sosial yang terjadi di sekitarmu. Perhatikan tabel sebelumnya sebagai panduanmu.

Kunci Jawaban 
Masalah
Sosial
PenyebabPihak Yang TerlibatCara Mengatasi
Pemborosan energiPenggunaan energi yang kurang bijakWarga nasyarakatMenggunakan energi alternatif dan perilaku hemat energi
PencurianKurangnya penjagaan keamanan lingkunganWarga mayarakatMenjaga keamanan lingkungan dengan siskamling
Kenakalan remajaKurang bisa mengendalikan diriAnak remajaMemberikan keteladanan yang baik bagi para remaja.
Kelangkaan sembakoTidak meratanya persediaan sembakoWarga mayarakat dan pemerintahPemerintah menyediakan persediaan sembako dalam jangka waktu yang lama
Demo anarkisKurangnya pemahaman hak dan kewajiban masing-masingWarga mayarakat dan pemerintahMenjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dan warga mayarakat



Ayo Membaca

Memahami Gambar Cerita

Gambar cerita, merupakan gambar yang menceritakan sebuah peristiwa yang menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa. Gambar yang disajikan dapat berupa cerita yang digambar pada media kering maupun basah. Penggunaan media yang berbeda, akan memerlukan teknik menggambar yang bebeda juga.

Pada gambar dengan menggunakan media kering, biasanya digunakan teknik arsir. Teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan adanya dimensi. Selain teknik arsir, ada juga teknik blok. Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok. Sedangkan cara penggunaan media basah, biasanya memerlukan kuas untuk mengaplikasikan cat baik cat air maupun cat poster. Teknik sapuan basah menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas.

Untuk memahami sebuah gambar cerita, terdapat beberapa unsur yang dapat dipelajari. Sebuah gambar cerita harus memiliki gagasan atau tema yang jelas sesuai dengan cerita. Sebuah cerita yang bertema pasar seharusnya didukung dengan suasana pasar yang merupakan latar belakang cerita tersebut. Biasanya dengan mudah akan tertangkap dari tema cerita tersebut. Gambar ilustrasi yag ditampilkan dapat berupa penggalan cerita yang paling menonjol. Dari gambar cerita juga dapat dibayangkan karakter tokoh dalam cerita tersebut. Perhatikanlah gambar cerita di bawah ini. Gambar tersebut merupakan penggalan cerita dari Kisah Malin Kundang, cerita rakyat dari Sumatera Barat. Dapatkah kamu menceritakan kisah berdasarkan gambar tersebut?


Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 198 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 198 Tematik 

Ayo Mencoba

Setelah kamu memahami beberapa teknik menggambar gambar cerita dan juga mengerti beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sebuah gambar cerita, lakukanlah kegiatan berikut ini. 
  1. Pilihlah salah satu gambar yang tersedia di bawah ini. 
  2. Berilah judul pada gambar tersebut, lalu tuliskanlah sebuah cerita berdasarkan gambar tersebut. 
  3. Cari tahu juga media dan teknik menggambar yang digunakan
Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-198-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 198 Buku Tematik

Gambar 1
Judul : Tolong Menolong

Anton mempunyai sepeda baru yang dibelikan oleh orang tuanya, setelah berhasil menjadi juara 1 di kelasnya. Anton sangat senang dengan sepeda barunya, dia selalu berkeliling di lingkungan kampungnya dengan menggunakan sepeda. Pada suatu hari saat Anton sedang bersepeda dengan kencang, karena jalanan banyak pasir yang berserakan, maka Anton jatuh terguling akibat ban sepedanya terpeleset pasir. Anton jatuh terguling dan sepedanya terlempar dari Anton. Saat Anton bangun dan melihat sepedanya ternyata rantai sepedanya lepas. Anton kebingungan untuk membetulkan rantai sepedanya karena tidak membawa peralatan yang lengkap. Untung saja Dani yang saat itu berjalan hendak pulang ke rumahnya melihat Anton dan segera menolongnya. Dani kebetulan juga membawa alat perbengkelan milik ayahnya, dan segera membantu menyelesaikan masalah Anton. Sebagai ucapan terima kasih Anton mengajak Dani untuk berboncengan dan mengantarkannya pulang ke rumah.

Media dan teknik menggambar: Media Kering, Teknik Arsir

Gambar 2
Judul : Kolam Ikan

Tono dan Tini mempunyai halaman rumah yang luas. Untuk menambah keindahan halaman rumah mereka, Tini mengusulkan kepada ayah mereka untuk membuat kolam ikan. Karena Tini dan Tono merupakan anak yang patuh pada orang tua serta selalu melakukan kewajiban mereka di rumah dengan baik, maka ayah Tono dan Tini menyetujui usul Tini, dengan syarat Tono dan Tini harus selalu merawat kolam ikan tersebut. Tono dan Tini menyanggupi syarat dari ayah mereka. Setelah kolam ikan sudah dibuat, Tono dan Tini memasukkan berbagai jenis ikan hias ke dalam kolam. Mereka sangat senang. Karena dengan menjalankan hak dan kewajiban di rumah secara seimbang, kini mereka memiliki kolam ikan yang indah.

Media dan teknik menggambar : Media basah, Teknik Sapuan cat air

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6 yang walikelassd.com share ini, dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru yang mengajar maupun siswa yang belajar.

Terima kasih salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 191 192 193 194 198 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6"

Berlangganan via Email