Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan adalah Kunci Jawaban Buku Tematik kelas 5 Sekolah Dasar (SD/MI). Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5 ini dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 5 SD Kurikulum 2013 revisi 2017.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan yang sanggat kompetitif terutama pada rangkuman materi dan soal soal dan pembahasan kunci jawabannya. Berikut pembahasan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-179-180-181-182-187-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik


Ayo Membaca

Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini.

Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.

Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci yang justru berfungsi sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar. Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata.

Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik.

Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu, ketika listrik belum banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika listrik yang digunakan saat ini.

Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 179 180 Buku Tematik

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Kunci Jawaban 

Isi Paragraf 1Isi Paragraf 2
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Misalnya saja panci dan selimut. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat.
Isi Paragraf 3Isi Paragraf 4
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam yang merupakan penghantar panas. Oven atau pemanggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan masakan yang dipanggang.
Isi Paragraf 5Isi Paragraf 6
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Kunci Jawaban 
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Misalnya saja panci dan selimut. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam yang merupakan penghantar panas. Oven atau pemanggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 181 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 181 Buku Tematik

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan beberapa bentuk diagram yang sudah diberikan contoh sebelumnya. Namun, kali ini kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang mewakili pokok pikiran pada paragraf bacaan.

Kunci Jawaban 
Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-181-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 181 Buku Tematik


Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 182 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 182 Buku Tematik

Ayo Mengamati

Perhatikanlah beberapa peralatan yang ada di rumahmu! Jika kamu perhatikan, ada beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor sebagai bagian dari peralatan tersebut. Lakukanlah pengamatan secara saksama di rumahmu. Temukan beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan kegunaannya masing-masing. Identifikasikan nama, kegunaan, dan sifat hantaran yang ada pada alat tersebut. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu! Lihatlah contoh yang telah disediakan.

Kunci Jawaban 

Nama Alat dan
Bagiannya
BahanKegunaanSifat Hantaran
(Konduktor/Isolator)
Pegangan panciPlastikUntuk membuka
dan menutup tutup panci
Isolator
Alas SetrikaTembagaMenghaluskan pakaianKonduktor
Ujung SolderBesiMelekatkan patriKonduktor
Gagang SolderPlastikMemegang solder saat digunakanIsolator
Pegangan SetrikaPlastikMemegang setrika saat digunakanIsolator
PanciAluminiumMemasak dan merebus airKonduktor


Ayo Membaca

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan gambar cerita? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama!

Gambar Cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orangorang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat?

Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain:

a. Pensil
Pensil yang digunakan dalam menggambar cerita, biasanya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B.

b. Krayon
Krayon memiliki beragam variasi warna. Krayon merupakan Campuran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna.

c. Pulpen atau Spidol
Pulpen atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis. 


2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas. Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air.


Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 187 Buku Tematik

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 187 Buku Tematik

Ayo Mencoba

Setelah kamu mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar cerita, gunakanlah informasi di atas untuk melakukan kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.
  1. Jelaskanlah, apa yang kamu ketahui tentang gambar cerita. Tuliskan pemahamanmu dengan menggunakan kata-katamu sendiri, pada buku catatanmu!
  2. Berdasarkan pemahamanmu tentang gambar cerita, bersama kelompokmu, carilah beberapa gambar cerita dari majalah dan koran.
  3. Guntinglah gambar cerita tersebut dan tempelkan di beberapa kertas gambar ukuran A4.
  4. Tuliskanlah di bawah cerita tersebut beberapa keterangan, seperti: Pembuat gambar,, Teknik yang digunakan, dan Alat yang digunakan.
  5. Amatilah gambar cerita yang telah kamu pilih, lalu diskusikan dengan teman sekelompokmu, cerita apa yang disampaikan dari gambar cerita tersebut. Tuliskanlah cerita yang kamu tangkap dari gambar tersebut di bawah keterangan gambar.
  6. Pajanglah hasil pekerjaan kelompokmu di dinding kelas. Lakukanlah pengamatan pada gambar-gambar cerita milik kelompok lain. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.
Kunci-Jawaban-Kelas-5-Tema-6-Halaman-187-Buku-Tematik
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 187 Buku Tematik

Kesimpulan : 
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5 yang walikelassd.com share ini, dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru yang mengajar maupun siswa yang belajar.

Terima kasih salam

Post a Comment for "Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 179 180 181 182 187 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5"

Berlangganan via Email