Beranda Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Kelas 4 Kelas 5 Kelas 6 Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12 Materi Soal-soal
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas adalah kunci jawaban soal Pilihan Ganda Essay dan Tugas tentang materi Bab 5 Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara. Rangkuman Materi Agama Islam kelas 9 Bab 5 Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara terdapat pada buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 9 tingkat SMP/MTS Halaman 118 119 120  Kurikulum 2013 revisi 2019

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas
Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas

Rangkuman materi, soal, dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 9 Halaman 118 119 120  adalah isi artikel ini. Isi artikel ini dikutip dari Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) Kelas 9 SMP/MTS.

Pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas dapat di baca dan di salin di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda

Pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Pilihan Ganda

Ayo Berlatih

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Sebelum Islam datang, Nusantara berada dalam pengaruh agama ....
a. Kristen 
b. Hindu-Budha
c. Kong Hu Cu 
d. Katolik
Kunci Jawaban : B


2. Islam masuk di Nusantara melalui cara ....
a. penjajahan 
b. peperangan
c. damai 
d. penipuan
Kunci Jawaban : C


3. Berikut ini yang bukan termasuk teori masuknya Islam ke Nusantara adalah ...
a. teori Mekah 
b. teori Indonesia
c. teori Gujarat 
d. teori Cina
Kunci Jawaban : B


4. Kerajaan Aceh mencapai puncak keemasan pada masa pemerintahan ....
a. Sultan Iskandar Muda 
b. Sultan Alaudin Riayat Syah 
c. Sultan Ali Mughayat Syah
d. Sultan Malik Al-Saleh
Kunci Jawaban : B


5. Para mubaligh yang menyebarkan Islam di Nusantara dengan menjalin tali silaturahmi, membaur dengan masyarakat. Hal ini merupakan cara menyebarkan melalui ....
a. perkawinan 
b. pendidikan
c. kesenian
d. hubungan sosial
Kunci Jawaban : D


6. Sultan Demak Bintoro yang pertama adalah ....
a. Sultan Trenggono 
b. Raden Patah
c. Adipati Unus 
d. Sunan Prawoto
Kunci Jawaban : B


7. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kebesarannya pada masa pemerintahan ....
a. Sultan Agung Hanyakrakusuma 
b. Panembahan Senopati 
c. Prabu hanyokrowati
d. Pangeran Benowo
Kunci Jawaban : A


8. Kerajaan Makasar merupakan gabungan dari dua kerajaan, yaitu ....
a. Kerajaan Gowa-Ternate 
b. Kerajaan Ternate-Tidore 
c. Kerajaan Bone-Wajo
d. Kerajaan Gowa-Tallo
Kunci Jawaban : D


9. Sunan Gunung Jati berjasa besar dalam mendirikan Kerajaan Banten. Nama asli sunan Gunung Jati adalah ....
a. Umar Said 
b. Faletehan 
c. Ja’far Shadiq
d. Raden Rahmat
Kunci Jawaban : B


10. Raja terakhir kerajaan Banjar adalah ....
a. Sultan Muhammad Seman 
b. Raden Samudra
c. Sultan Muhammad Said 
d. Sultan Jamaluddin
Kunci Jawaban : A

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 119 120 Essay atau Uraian

Pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Essay atau Uraian

B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut ini !
1. Jelaskan sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara!

Kunci Jawaban : 
Sejarah awal masuknya Islam di Nusantara :
Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Sebelum Islam datang, Nusantara berada dalam pengaruh agama Hindu Buddha. Pengaruh-pengaruh tersebut berdampak pada pola hidup masyarakat di Indonesia. Namun, dalam perkembangannya pengaruh Islam jauh lebih kuat daripada agama Hindu-Buddha. 

Masuknya agama Islam di Nusantara melalui jalur perdagangan berlangsung dengan cara-cara damai. Ajaran Islam mudah diterima dan mendapat perhatian dari penduduk Nusantara. Berbagai sumber sejarah menyatakan bahwa agama Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun eksistensi para pemeluk ajaran Islam menjadi jelas pada abad ke-13 yang ditandai dengan berdirinya kerajaan Samudra Pasai di Aceh sebagai kerajaan Islam yang pertama.


2. Bagaimana cara-cara para mubaligh menyebarkan Islam di Nusantara?

Kunci Jawaban : 
Cara para mubalig menyebarkan Islam di Nusantara adalah perdagangan, perkawinan, pendidikan, hubungan sosial, kesenian. (biasanya guru menyuruh siswanya utk menjelaskannya)


3. Bagaimana cara masuknya Islam melalui jalur pendidikan atau pengajaran?


Kunci Jawaban : 
Cara masuknya Islam melalui jalur pendidikan atau pengajaran adalah para mubalig mendirikan lembaga pendidikan Islam di beberapa wilayah Nusantara. Lembaga pendidikan Islam ini berdiri sejak pertama kali Islam masuk Indonesia. Nama lembaga-lembaga pendidikan Islam itu berbeda tiap daerah. 

Di Aceh misalnya, lembaga-lembaga pendidikan Islam di sana dikenal dengan nama meunasah, dayah dan rangkang. Di Sumatera Barat dikenal adanya surau. Di Kalimantan dikenal lembaga pendidikan Islam langgar. Sementara di Jawa dikenal pondok pesantren. Di situlah berlangsung pembinaan, pendidikan dan kaderisasi bagi calon kiai dan ulama. 

Mereka tinggal di pondok atau asrama dalam jangka waktu tertentu menurut tingkatan kelasnya. Setelah menamatkan pendidikan pesantren mereka kembali ke kampung masing-masing untuk menyebarkan Islam. Melalui cara inilah Islam terus berkembang menyebar di daerah-daerah yang terpencil.


4. Ceritakan sejarah berdirinya kerajaan Samudera Pasai!

Kunci Jawaban : 
Sejarah berdirinya kerajaan Samudera Pasai adalah Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Samudera Pasai yang terletak di pesisir timur laut Aceh, Kabupaten Lhok Seumawe atau Aceh Utara sekarang. Aceh dan Sumatera bagian Utara merupakan daerah di Indonesia yang pertama kali mendapatkan dakwah Islam. 

Munculnya daerah tersebut sebagai kerajaan Islam yang pertama di Indonesia diperkirakan mulai awal atau pertengahan abad ke-13 M. Sebagaimana diketahui proses islamisasi daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi pedagang-pedagang Muslim terjadi sejak abad ke-7 M. 

Kawasan Aceh yang strategis dan berada di pintu masuk Selat Malaka menjadikan Aceh sebagai tempat pertemuan para pedagang dari berbagai daerah di Nusantara dan para pedagang dari luar negeri, khususnya para pedagang Islam. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau pengaruh Islam Songot kuat di Aceh dan diwujudkan dalam bentuk munculnya kerajaan Islam Samudra Pasai


5. Sebutkan prestasi besar Sultan Agung selama memerintah kerajaan Mataram!

Kunci Jawaban : 
Prestasi besar Sultan Agung selama memerintah kerajaan Mataram adalah:
  1. Memperluas daerah kekuasaannya meliputi Jawa-Madura (kecuali Banten dan Batavia), Palembang, Jambi, dan Banjarmasin.
  2. Mengatur dan mengawasai wilayahnya yang luas itu langsung dari pemerintah pusatnya (Kota Gede).
  3. Melakukan kegiatan ekonomi yang bercorak agraris dan maritim. Mataram adalah pengekspor beras terbesar pada masa itu.
  4. Melakukan mobilisasi militer secara besar-besaran sehingga mampu menundukkan daerah-daerah sepanjang pantai utara Jawa dan mampu menyerang Belanda di Batavia sampai dua kali. Andai kata Batavia tidak dipagari tembok-tembok yang tinggi, benteng-benteng yang kuat, dan persenjataan yang modern, sudah pasti Batavia jatuh di tangan Mataram.
  5. Mengubah perhitungan tahun Jawa Hindu (Saka) dengan tahun Islam (Hijrah) yang berdasarkan  peredaran Bulan (sejak tahun 1633).
  6. Menyusun karya sastra yang cukup terkenal, yaitu Sastra Gending dan kitab suluk. Misalnya Suluk Wujil (1607 M) yang berisi wejangan Sunan bonang kepada abdi raja majapahit yang bernama Wujil.
  7. Menyusun kitab undang-undang baru yang merupakan perpaduan dari hukum Islam dengan adat- istiadat Jawa yang disebut Surya Alam.

Rangkuman Materi PAI Kelas 9 Bab 5 Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara

Rangkuman
  1. Islam masuk di Nusantara melalui jalur perdagangan berlangsung dengan cara-cara damai.
  2. Agama Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun, agama Islam mulai menyebar sekitar abad ke-13 M.
  3. Menurut para sejarawan, teori-teori tentang kedatangan Islam ke Indonesia dapat dibagi menjadi: teori Mekah, teori Gujarat, teori Persia, dan teori Cina.
  4. Kerajaan Samudera Pasai di Aceh merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia.
  5. Proses penyebaran dan perkembangan agama dan kebudayaan Islam dilakukan melalui: perdagangan, perkawinan, pendidikan, hubungan sosial, dan kesenian.
  6. Kerajaan Islam di Sumatera yaitu: Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh.
  7. Kerajaan Islam pertama di Jawa adalah kerajaan Demak. Kerajaan Demak diteruskan Kerajaan Pajang dan Kerajaan Mataram Islam.
  8. Kerajaan Banjar merupakan kerajaan Islam di Kalimantan.
  9. Kerajaan Islam di Sulawesi yaitu Kerajaan Gowa-Tallo, dan di Maluku Utara terdapat Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore.

Demikianlah Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas ini dibuat. Semoga  Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 ini bermanfaat bagi kita semua. Terutama bermanfaat bagi semua siswa SMP atau MTS yang membutuhkannya. Demikianlah tulisan singkat ini, Jangan lupa berbuat kebaikan, Beri tahu konten ini pada teman-teman dan tetaplah bersama kami. Terima kasih salam hormat walikelassd.com.

Post a Comment for "Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 5 Halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas"