Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 adalah Kunci Jawaban Kelas 4  Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60 tentang Pahlawanku Kebanggaanku. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah sebagai bahan rujukan jawaban yang bisa digunakan oleh orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah. 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60


Kunci jawaban Subtema 2 Pembelajaran  1 ini merupakan panduan  alternatif jawaban soal-soal yang terdapat pada Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran  1  Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60. Adapun Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran  1 Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60 dapat dilihat sebagai berikut.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53

Pada saat kerajaan Hindu-Buddha mulai tenggelam, Di saat bersamaan di wilayah Nusantara masuklah agama Islam. Pada masa kerajaan Islam terdapat raja-raja yang memiliki peranan penting keberadaannya? Ayo, kita cari tahu!

Sultan Hasanuddin
Raja pertama yang akan kita bahas adalah raja dari Kerajaan Islam Gowa Tallo yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan dia adalah Sultan Hasanudin. Sultan Hasanudin dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ oleh pemerintahan kolonial Belanda, Julukan itu diberikan karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda. Sultan Hasanudin berusaha menegakkan keadilan, Ia membela kepentingan kepentingan rakyatnya di atas segalanya. Selain itu ia juga memperluas wilayah kerajaan yang ia pimpin. 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 54

Tuliskan yang kamu ketahui tentang Sultan Hasannudin? 

Jawaban
Sultan Hasanudin merupakan seorang raja, Beliau memimpin Kerajaan Islam Gowa Tallo. Selain itu Sultan Hasanudin dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Apa saja yang ingin kamu ketahui lagi mengenai Sultan Hasannudin?

Jawaban
Mengapa Sultan Hasanudin ingin memperluas wilayahnya, apakah dengan memperluas wilayah berarti menjajah daerah lain.


BACA JUGA KUNCI JAWABAN 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 55

Kita akan belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan penjajahan hal in yang dapat kita contoh dari perjuangan Sultan Hasanuddin.

Sultan Hasanuddin memerangi kesewenang-wenangan bangsa Belanda terhadap rakyat pribumi. Perjuangannya inilah yang harus diteladani dan diberi penghargaan. Terdapat juga peninggalan Sultan Hasanuddin yang perlu kita lestarikan sebagai pelajaran pengingat bagi generasi berikutnya. Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya adalah ciri dari Bangsa yang besar.

Jelaskan Bagaimana caramu menghargai jasa para pahlawan? 

Jawaban
Semangat belajar mengejar prestasi demi mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan. Mendahulukan kepentingan umum terutama kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 56

Beni menceritakan kepada kakeknya tentang pelajaran yang di dapatnya di sekolah hari ini. Beni menceritakan kisah perjuangan Sultan Hasanuddin. Beni bertanya kepada kakeknya mengenai cara orang berkomunikasi ketika bertempur pada zaman dahulu?

Kakek Beni menjawab pertanyaan Beni, ia menceritakan bahwa orang zaman dahulu berkomunikasi dengan menggunakan cahaya ketika berperang. 

Kakek menceritakan bahwa proses berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. Arah cahaya ditentukan letak posisi cermin serta sumber cahaya.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 57

Percobaan
Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cermin.
Langkah-langkah Percoban: 
  1. Silakan duduk berdasarkan kelompokmu. 
  2. Perlihatkan cerminmu kepada anggota di kelompokmu. 
  3. Pantulkan cahaya matahari menggunakan cermin. 
  4. Tentukan kode beserta artinya yang akan disepakati untuk berkomunikasi. misalnya ketika cahaya matahari dipantulkan menggunakan cermin kemudian digerakkan melingkar sebanyak tiga kali, artinya seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah. 
  5. Anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar halaman sekolah. 
  6. Setiap anggota kelompok mengambil posisi berdiri di tempat yang ada cahaya matahari. 
  7. Pantulkan cahaya ke arah tempat yang sudah disepakati. 
  8. Buat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan. 
  9. Buatlah laporan dari percobaanmu dan laporkan Kegiatan Percobaanmu tersebut

Nama Percobaan: 
Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cermin.

Tujuan Percobaan: 
Untuk mengetahui cara orang zaman dahulu berkomunikasi ketika berperang

Alat-Alat:
Cermin dan cahaya matahari (Cahaya senter jika malam hari)

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 58

Kesimpulan dari percobaan "Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cermin". adalah berkomunikasi dengan memanfaatkan sifat-sifat cahaya. adapun sifat cahaya yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi adalah :
  1. Cahaya merambat lurus
  2. Cahaya dapat dipantulkan
Sampaikan laporanmu kepada guru.


Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 59

Wah, menarik sekali belajar tentang perjuangan pahlawan. Aku ingin tahu pahlawan-pahlawan lain yang ada Nusantara. Siti ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan raja-raja Nusantara. Bersama Siti, amati gambar di bawah ini!

Berikut adalah raja pada masa pemerintahan kerajaan Islam.
Sultan Hassanudin (1654 – 1660 Masehi) dan Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636 Masehi) 

Apa yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang peninggalan pemerintahan raja Sultan Hassanudin (1654 – 1660 Masehi) dan Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636 Masehi) tersebut? 

Jawaban
Yang aku ketahui tentang peninggalan pemerintahan raja Sultan Hassanudin (1654 – 1660 Masehi) antara lain:

1. Benteng Ujung Pandang
Nama lain dari benteng ini adalah Benteng Panyyua. Benteng ini dibangun oleh raja Gowa ke-9 tahun 1545, Setelah Raja Gowa menelan kekalahan benteng ini diserahkan kepada Belanda, Oleh Belanda benteng ini diganti nama dengan Fort Rotterdam.

2. Batu Pallantikan
Batu Pallantikan ini sering digunakan untuk pengambilan sumpah para raja Gowa.

3. Masjid Katangka
Masjid Katangka ini merupakan masjid yang paling tua di Nusantara. Masjid ini dibangun pada tahun 1605. Sekarang Masjid ini sudah beberapa kali direnovasi.

4. Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu juga dibangun oleh raja Gowa ke-9.

5. Nisan dengan seni dan kaligrafi dan Makam Pahlawan Nasional Syekh Yusuf

Yang ingin aku ketahui lebih lanjut tentang peninggalan Raja Sultan Hassanudin adalah tujuan di bangunnya Benteng Somba Opu?

Sedangkan Peninggalan yang aku ketahui dari peninggalan Kerajaan Aceh Raja Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636 Masehi) antara lain:

1. Masjid Raya Baiturrahman 
Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid kebanggaan masyarakat Aceh. Masjid ini dibangun oleh Kerajaan Aceh masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun1612 M. Pada masa kepemimpinan raja inilah kerajaan Aceh mencapai puncak kejayaannya.

2. Taman Sari Gunongan 
Taman Sari Gunongan dibangun sebagai tempat keluarga kerajaan bercengkerama. Taman sari ini merupakan taman yang sangat indah.

Sedangkan Yang ingin aku ketahui lebih lanjut lagi mengenai peninggalan Raja Sultan Iskandar Muda adalah tentang perjuangan yang sudah dilakukan Raja Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636 Masehi) mencapai kejayaan kerajaan Aceh?

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 60

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari hari ini? 

Jawaban
Peninggalan pemerintahan raja Sultan Hassanudin dan Sultan Iskandar Muda 


Hal-hal baik apa yang bisa kamu contoh dari raja-raja pada masa Hindu, Buddha, dan Islam?

Jawaban
Sikap kepahlawanan dari semua raja misalkan sikap suka membantu, peduli, bijaksana, berani, gigih, pantang menyerah, tanggung jawab, dan rela berkorban demi tanah air indonesia.

Demikianlah Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran  1 Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60. Semoga kunci jawaban ini memberikan jawaban atas kesulitan-kesulitan yang di alami para orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah dan menjadikan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam menjawab soal yang sama pada buku siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran  1 Halaman 53 54 55 56 57 58 59 dan 60.

Post a Comment

0 Comments