Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran  4 adalah Kunci Jawaban Kelas 4  Halaman 28 29 30 31 32 33 34 35 dan 36. Memberikan pedoman pada orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah merupakan tujuan dibuatnya Kunci jawaban Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 28 29 30 31 32 33 34 35 dan 36.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 


Kunci jawaban Subtema 1 Pembelajaran  4 ini merupakan panduan  alternatif jawaban yang bisa digunakan dalam menjawab soal-soal yang terdapat pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran  4 halaman 28 29 30 31 32 33 34 35 dan 36. Adapun Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran  4 Halaman 28 29 30 31 32 33 34 35 dan 36.  dapat dilihat sebagai berikut.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 28

Kamu sudah mengetahui perjuangan Raja Purnawarman. Maukah kamu mengetahui perjuangan raja lainnya? Ayo, kita cari tahu bersama 

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya 

Pada tahun 850 M Kerajaan Sriwijaya dipimpin oleh raja Balaputradewa. Semenjak diperintah olehnya Kejayaan Kerajaan Sriwijaya mencapai puncaknya baik di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Perjuangan sang raja di wilayah perairan adalah dengan membangun armada laut yang kuat. Pembangunan armada laut ini bertujuan untuk mengamankan jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya. Jika sudah aman maka Banyak pedagang yang singgah. Dengan banyaknya pedagang yang singga akan berdampak pada peningkatan ekonomi melalui keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaan dengan menjadi kerajaan besar dan makmur

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29

Diskusikan pertanyaan berikut. 
Apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan, Bagaimana pendapatmu? Jelaskan jawabanmu! 

Jawaban
Ia, Karena Raja Balaputradewa membangun armada laut yang kuat untuk memberikan rasa aman jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya sehingga menarik perhatian para pedagang untuk singgah dan berdampak pada berkembangnya  bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Bagaimana jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa! 

Jawaban
Jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi tidak aman sehingga akan sulit berkembangnya  bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Tuliskan perjuangan Raja Balaputradewa ketika memerintah Kerajaan Sriwijaya? 

Jawaban
Berkembangnya  bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan dan amannya wilayah Kerajaan Sriwijaya terutama wilayah perairan.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa? 

Jawaban
Raja Balaputradewa memperluas wilayah kerajaannya, mengamankan Jalur pelayaran dan meningkatkan  bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?

Jawaban
berani dan gigih mengamankan jalur peraiaran, serta bijaksana mengambil keputusan bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 30

Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah perjuangan yang dilakukannya! 

Jawaban
Setiap daerah pasti ada toko sejarah jadi jawabannya sesuai dengan toko sejarah daerah masing-masing.

Sikap apa saja yang sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila ? 

Jawaban
Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila antara lain tidak memaksakan kehendak kepada teman ketika bermain dan cenderung berdiskusi (Sila ke 4). Menjenguk teman yang sakit dan menolong teman yang membutuhkan bantuan (Sila ke 2)

Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah

Jawaban
Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila antara lain masih sering terpancing emosi dan marah kepada teman yang mengecek dan berbuat salah kepadaku. 


Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 31

Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah: 

Jawaban
Harus bisa menahan diri dan sabar ketika teman mengecek dan berbuat salah kepadaku serta memaafkannya sebelum ia meminta maaf.


Candi Muara Takus merupakan bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya. Gambarlah 2 garis yang kamu temukan. Berilah nama garis tersebut. Apakah kamu menemukan garis pada gambar di atas? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban
Ia saya menemukannya.
Garis yang saya temukan pada gambar candi Muara Takus adalah
  1. Garis Horizontal 
  2. Garis Vertikal 
  3. Garis sejajar 
  4. Garis berpotongan 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 32

Apa itu garis sejajar dan garis berpotongan? Amatilah percobaan berikut!  
  1. Dua orang siswa berdiri berdekatan dengan posisi badan menghadap ke arah yang sama. Kemudian mereka menyalakan senter dengan mengarahkan sinar senter secara lurus. 
  2. Dua orang siswa berdiri agak menyerong berhadapan dan menyalakan senter dengan mengarahkannya secara lurus.

BACA JUGA KUNCI JAWABAN 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 33 34 35 dan 36

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut 
1. Berdasarkan percobaan tersebut, mana garis yang berpotongan? Jelaskan jawabanmu! 

Jawaban
Garis yang berpotongan adalah pada percobaan 2, Karena pada percobaan 2 sinar senter siswa yang satu berpotongan pada satu titik dengan sinar senter siswa yang satunya lagi. Sinar senter merambat lurus sehingga membentuk garis lurus yang berpotongan. Garis yang berpotongan memiliki jarak yang tidak sama di kedua ujung garis yang satu dengan ujung garis yang satunya lagi.

2. Mana garis yang sejajar? Jelaskan! 

Jawaban
Garis yang sejajar adalah garis yang dibentuk oleh sinar senter pada percobaan 1, karena pada sinar senter pada percobaan 1 sinar senternya tidak bertemu pada satu titik. Kedua sinar senter tersebut memiliki jarak yang sama satu sama lain.

3. Apa perbedaan antara kedua garis?

Jawaban
Garis yang sejajar adalah  Garis yang tidak bertemu pada satu titik dengan garis yang lainnya. Kedua garis tersebut memiliki jarak yang sama satu sama lain. Sedangkan garis berpotongan  adalah garis yang memiliki jarak yang tidak sama di kedua ujung garis yang satu dengan ujung garis yang satunya lagi sehingga bertemu pada satu titik.

Demikianlah kunci jawaban tema 5 pembelajaran 4 Subtema 1 Pahlawanku, semoga kunci jawaban ini dapat membantu bagi semua sahabat walikelassd.com yang membutuhkannya. Tetaplah bersama kami maju bersama mengejar prestasi. 

Post a Comment

0 Comments