Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57

Pada kesempatan ini walikelassd.com melanjutkan postingan artikel kunci jawaban PAI kelas 5 SD/MI. Jika minggu kemaren fokus ke kelas 3 sekarang walikelassd.com melanjutkan kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6.  Buku PAI kelas 5 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 tetap menjadi sumber kutipan penulisan artikel ini. Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un merupakan tema pembelajaran 6 yang menjadi fokus kunci jawaban PAI kali ini.

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57

Artikel ini berisi Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 Semester 2. terdapat 3 macam jenis kunci jawaban pada pembelajaran 6 ini yaitu Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 Bagian A, Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 Bagian B, dan Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 bagian C. Untuk mendownload atau mengcopy kunci jawaban ini adalah sebagai berikut.

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 Bagian A

Ayo Berlatih
A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini. Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan.


Lina dan Kartini berteman. Lina bertanya pada Kartini “Mengapa beberapa hari ini tugas-tugas sekolahmu selalu terlambat diserahkan ke ibu guru , ada apa?” tegur Lina. “O iya, aku juga tidak tahu, mengapa akhir-akhir ini aku kurang semangat membuka buku pelajaran ya,” jawab Tini. Lina: “Barangkali kamu sudah jarang membaca al-Qur’an ya?”  “memang yang kamu duga itu benar Lin” jawab Tini. Nah kalau begitu, nanti malam mulailah kamu membaca al-Qur’an, Bukankah ibu guru pernah mengatakan kalau membaca al-Qur’an dapat menghilangkan kegelisahan dan bahkan dapat memicu semangat belajar, sambung Lina. “Insya Allah mulai nanti malam aku akan membaca al-Qur’an, doakan ya”, balas Tini. 

Jawaban
Rajin-rajinlah membaca Al-Qur’an karena dengan membaca al-Qur’an selain beibadah kepada Allah dan mendatangkan pahala, membaca al-Qur’an juga dapat menghilangkan kegelisahan dan bahkan dapat memicu semangat belajar. Untuk itu jangan jauh-jauh dari al-Qur’an, jadikan al-Qur’an teman hidup agar setiap hari  membacanya.

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 Bagian B

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
1. Siapakah pendusta agama menurut surat al-Ma’un?

Jawaban

Orang yang menghardik anak yatim dan Orang yang tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. 

2. Sebutkan ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma’un?
Jawaban

Ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma’un, yaitu: Orang yang lalai dari Salatnya dan Berbuat ria (mempertontonkan amal perbuatan baiknya kepada orang lain), dan Orang yang enggan (menolong dengan) memberikan bantuan barang berguna.

3. Apa yang dimaksud dengan menghardik anak yatim? Jelaskan.
Jawaban

Menghardik maksudnya membentak atau menyakiti fisik maupun perasaannya. Misalnya mengatakan kepada mereka “Hei anak yatim”. 

4. Pada ayat ketiga Surat al-Ma’un berbunyi “tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”? Jelaskan.
Jawaban

Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin maksudnya menyayangi dan memberi makan orang-orang miskin. Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang punya (kaya) membantu orang yang tak berpunya (miskin).

5. Sebutkan arti surat al-Ma'un ayat ke 3
Jawaban
Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin 

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 Bagian C

C. Berilah tanggapan tentang peryataan dibawah ini dengan Setujuh (S), Tidak Setujuh (TS) dan Tidak Tahu (TT) kemudian berikan alasannya.
1. Yakin bahwa surat al-Ma’un bagian dari al-Qur’an.
Jawaban

(Setujuh) Karena surat al-ma'un merupakan wahyu allah yang diturunkan untuk umat manusia

2. Sangat beruntung orang yang menghafal surat al-Ma’an.
Jawaban

Setujuh Alasannya karena bisa dibaca ketika sudah membaca surat al-ftiha pada saat menunaikan sholat.

3. Jangan menghardik anak yatim.
Jawaban
Setujuh karena,menghardik anak yatim temasuk ke dalam orang-orang yang mendustakan agama dan sangat di benci oleh Allah swt.

4. Tidak perlu saling membantu.
Jawaban

Tidak Setujuh (TS), Karena masih banyak orang-orang yang terkena bencana yang memerlukan uluran tangan kita semua.

5. Kemiskinan harus diatasi sendiri.
Jawaban

Tidak Setujuh (TS), Karena didalam kekayaan orang kaya terdapat hak-hak orang miskin yang harus dikeluarkan melalui zakat dan orang fakir miskin di pelihara oleh negara artinya dibantu pemerintah.

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 6 halaman 57 

Sahabat walikelassd perluh di catat bahwa kunci jawaban ini merupakan jawaban alternatif yang walikelassd.com tawarkan. Artinya ini merupakan mutlak 100% bukan satu-satunya jawaban soal PAI Kelas 5 Pelajaran 6 halaman 57. dikarenakan soal-soal tersebut bersifat terbuka. dan kesalahan jawaban merupakan tanggung jawab siswa sepenuhnya.

Terimakasih, semoga bermanfaat
Akhir kata Wassalammualakikum wr. wb.

Post a Comment

0 Comments