Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 adalah kunci jawaban yang di buat untuk menjawab soal-soal ayo berlatih pada buku siswa kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 5 mata pelajaran PAI halaman 27. Materi pembelajaran pada pelajaran 3 tersebut adalah tentang Cita-citaku Menjadi Anak yang Salih.

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27

Kunji jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 tentang soal Ayo Berlatih bagian A tentang merangkum pendapat yang berbeda saat diskusi kelompok. Bagian B tentang menjawab soal uraian, Bagian C tentang menyatakan sikap setuju tak setujuh terhadap pernyataan, dan mengerjakan tugas kelompok. Untuk lebih jelasnya  Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 dapat dilihat dibawah ini :

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27
Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27


Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 Bagian A

A. Rangkumlah pendapat yang terdapat dalam diskusi berikut.
Berikut ini adalah beberapa pendapat yang muncul dalam diskusi kelompok tentang “Bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang tua”. Kita harus ikut membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah kata Nisa, Tidak boleh keluar rumah jika tidak di izinkan orang tua pendapat dari Habibi, Ada lagi pendapat Ilham di rumah tugasku hanya belajar saja, Sedangkan Iwan berpendapat aku tidak boleh meninggalkan salat dan mengaji.

Jawaban
Terhadap orang tua kita harus membantu pekerjaan rumah, Tidak boleh keluar rumah tanpa seijin orang tua, menyenangkan hati orang tua dengan memperbanyak belajar mengaji, serta mendoakan orang tua setelah mengerjakan sholat.

BACA JUGA KUNCI JAWABAN PAI KELAS 5 SEMESTER I 

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 Bagian B

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
Sebelum menjawab soal-soal ayo berlatih pada pelajaran 3, akan lebih baik jika mempelajari materinya terlebih dahulu di link ini. kemudian barulah menjawab dan melihat kunci jawaban PAI kelas 5 di bawah ini :

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cita-cita adalah?

Jawaban No. 1
cita-cita adalah Sesuatu yang kita inginkan dan selalu ada di dalam pikiran kita sehingga timbul keingginan untuk bersungguh-sungguh mewujudkannya.

2. Apakah ciri-ciri anak salih?

Jawaban No. 2
Ciri-ciri anak salih adalah taat kepada Allah Swt., jujur, hormat dan patuh kepada orang tua, hormat dan patuh kepada guru, setia kepada kawan, serta menghargai sesama.

3. Apa manfaat menjadi anak salih?

Jawaban No. 3
Menjadi anak yang salih disayang allah dan disenangi semua orang.

4. Sebutkan alasan mengapa kita harus menghormati dan patuh kepada orang tua kita sendir?

Jawaban No. 4
Karena mulai dari dalam kandungan lebih kurang selama sembilan bulan lamanya hingga kini besar, merekalah yang mengasuh, membimbing, memberi makan minum dan pakaian, mendidik, serta mengajari mengaji dan menyekolahkan. Dalam membesarkan anaknya, mereka menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan. 

5. Mengapa harus hormat dan patuh kepada guru?

Jawaban No. 5
Karena Guru adalah pengganti orang tua di sekolah. Dari guru kita mendapat ilmu pengetahuan dan keteladanan. Guru telah megajari dan membimbing kita beribadah dan membaca al-Qur’ān, berbahasa yang baik, berhitung, bergaul, mengenal lingkungan alam, serta mengenal seni dan sebagainya. Selain itu, ia juga mengasuh, membimbing, memperhatikan, dan menjaga muridnya selama berada di sekolah. 

6. Terhadap pendirian dan keyakinan orang lain yang berbeda sebaiknya kita bersikap?

Jawaban No. 6
Kita harus menghormatinya dan tidak memaksakan pendirian dan keyakinan kita pada orang lain.

7. Jelaskan sikapmu dalam berdiskusi jika  ada pendapat yang berbeda?

Jawaban No. 7
Semua pendapat dihargai dan dihimpun secara tertulis. Kemudiania semua anggota kelompok merangkum berbagai pendapat tersebut. 

8. Sikap terpuji dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan ?

Jawaban No. 8
Membiasakan diri dengan membuat kegiatan rutin yang mencerminkan sikap terpuji, seperti membiasakan diri hidup jujur, menghargai perbedaan, menghormati orang yang lebih tua serta patuh terhadap orang tua dan guru.

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 Bagian C

C. Tanggapilah pernyataan-pernyataan berikut ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu
1. Siapa saja bisa menjadi anak salih. (S) Setujuh
2. Menjadi anak salih sangat sulit (TS) Tidak Setujuh
3. Aku patuh kepada orang tua jika diberi uang jajan. (TS) Tidak Setujuh
4. Aku tidak hormat kepada guru jika banyak memberi PR (TS) Tidak Setujuh
5. Saling menghargai adalah ciri-ciri anak salih. (S) Setujuh

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 Tugas kelompok

Bersama temanmu, diskusikan bagaimana caranya menjadi anak sālih. Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu yang lain.

Jawaban Tugas Kelompok
Cara menjadi anak yang salih adalah menjadi anak yang baik, dengan membiasakan diri taat kepada Allah Swt., bersikap jujur, hormat dan patuh kepada orang tua, hormat dan patuh kepada guru, setia kepada kawan, serta menghargai sesama. 

Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27
Demikianlah postingan Kunci jawaban PAI kelas 5 pelajaran 3 halaman 27 mengenai Cita-citaku Menjadi Anak yang Salih. harapan admin agar artikel ini dapat menjadi sumber pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa baik dalam hal mengerjakan tugas-tugas di rumah, ataupun berlatih menjawab soal-soal sebagai persiapan menghadapi ulangan. Semoga kita semua dapat menginplementasikan sifat-sifat terpuji yang mencerminkan orang baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita tergolong dari kaum yang salih dan beriman.... Amiennnn.

Post a Comment

0 Comments