Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 aku anak salih, merupakan alternatif jawaban yang bisa dijadikan sumber oleh sahabat walikelas dalam mengerjakan tugas ataupun menjawab soal pada pokok bahasan yang serupa. Alternatif kunci jawaban PAI ini di buat berdasakan sumber buku siswa PAI kurikulum 2013 revisi 2017. Selain kunci jawaban PAI ini sahabat walikelas dapat juga melihat kunci jawaban PAI lainnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 Rangkuman

Berikut ini merupakan rangkuman materi PAI kelas 4 pelajaran 3 tentang aku anak salih. 
  1. Sikap-sikap mencerminkan orang beriman adalah Sikap jujur, amanah, hormat dan patuh kepada orang tua, sopan, dan menghargai teman.
  2. Muhammad saw. mendapat gelar al-Amin, karena, beliau benarbenar bisa dipercaya, dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32
Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 Bagian A

Pembahasan kunci jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 Bagian A merupakan pembahasan alternatif jawaban soal-soal yang terdapat pada soal ayo berlatih bagian a. Pada bagian A terdapat 8 alternatif kunci jawaban esay yang membahas bagaimana cara menjadi anak salih. Adapun pembahasan soal dan kunci jawabannya sebagai berikut :

A. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Berikan contoh sikap jujur yang kamu ketahui!
Jawaban No. 1 
Contoh sikap jujur : jujur mengerjakan tugas, seperti ujian atau ulangan tidak mencontek dan jujur menggunakan uang, mengembalikan uang kembalian sisa belanja. Mengatakan sesuatu dengan jujur, misalnya mengakui kesalahan.

2. Bagaimana bersikap amanah itu? Jelaskan pendapatmu!
Jawaban No. 2
Bersikap amanah adalah menjalankan tugas yang diberikan dengan jujur, ikhlas dan  penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan yang ditugaskan. bersikap amanah dapat juga diartikan berupaya menjaga kepercayaan orang lain.

3.  Kepada orang tua, Berikan contoh perbuatan yang mencerminkan rasa hormat dan taat? Jelaskan!
Jawaban No. 3
Perbuatan yang mencerminkan rasa hormat dan taat kepada orang tua antara lain dengan mendengarkan dan menjalankan nasehatnyaRajin salat dan belajar untuk memenuhi harapannya, Sanggup membantu di rumah sesuai kemampuan, dan Selalu ingat untuk mendoakannya,

4. Berikan contoh cara menghormati guru di sekolah!
Jawaban No. 4
Cara menghormati guru di sekolah antara lain :  Saat bertemu dengan guru: mengucapkan salam, bersalaman dengan mencium tangannya, memperlihatkan wajah berseri-seri. Saat guru memberi tugas/PR, hendaknya: selalu mengerjakan dan menyelesaikan tepat waktu, tidak bermalas-malas dan mengeluh. Saat guru menasihati: mendengarkan dengan tulus, menaati nasihatnya. Saat berbicara dengan guru: berbicara dengan santun, suara tidak terlalu keras, dan tidak memotong pembicaraannya. Saat guru sedang mengajar: bersikap tenang dan memperhatikan pelajaran yang di ajarkan oleh guru.

5. Berikan contoh perilaku santun di keluargamu?
Jawaban No. 5
Contoh perilaku santun di keluargamu : Berbicara dengan lembut dan tenang, suara tidak terlalu keras, dan tidak menyakitkan baik kepada ayah ibu ataupun saat berbicara kepada anggota keluarga lainnya. dan Rendah hati dan bisa menerima dengan hati tulus segala keputusan orang tua.

6. Berikan contoh cara santun kepada teman!
Jawaban No. 6
Contoh perilaku santun kepada teman : 
  • Mengucapkan salam saat bertemu dan menunjukkan ekspresi wajah yang bahagia.
  • Peduli terhadap keadaan teman dan suka menolong kesulitannya.
  • Apabila ada yang sakit atau terkena musibah, usahakanlah untuk menjenguknya.
  • Berteman tanpa pilih kasih. Bersahabat dan bermain dengan siapa saja: kaya, miskin, normal, cacat, cakap, buruk, bangsawan, rakyat jelata, dan sebagainya.
  • Tidak mencela dengan perkataan yang buruk.
  • Menerima setulus hati atas karya perkerjaan temanmu dan mengapresiasinya.
  • Mengucapkan “terima kasih” kepada teman yang telah berjasa.
  • Minta maaf kepada teman apabila kita bersalah, menyinggung perasaan, dan sebagainya. 

7. Berikan contoh cara menghargai teman?
Jawaban No. 7
Contoh perilaku cara menghargaai  teman :  Menggunakan atau memakai barang pemberiaan teman Mendengarkan pendapat teman dan tidak memotong pembicaraannya walaupun sebenarnya tidak sependapat dengan kita.

8. Jika temanmu tidak menghargaimu, bagaimana sikapmu kepadanya? Jelaskan!
Jawaban No. 8
Tetap bersikap baik dan memperlakukannya sama dengan teman yang menghargai kita.

BACA JUGA KUNCI JAWABAN PAI KELAS 4 SEMESTER 1

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 Bagian B

Pada bagian b, soal ayo berlatih berbentuk sikap terhadap peryataan soal. Sikap yang harus dipilih setuju (S), tidak setuju (TS) dan tidak tahu (TT). Selain harus memilih sikap, yang harus dilakukan selanjutnya memberikan alasan yang tepat untuk mendukung kuatnya sikap yang kita pilih. 

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 aku anak salih pada bagian b.

B. Isilah kolom setuju (S), tidak setuju (TS) dan tidak tahu (TT)
1.  Apabila aku melakukan suatu kesalahan kepada teman, maka aku akan mengakui kesalahan itu
dan meminta maaf kepadanya.

Jawaban No 1
Setuju (S), Karena perbuatan jujur dan meminta maaf adalah perbuatan yg disenangi Allah dan semua orang.

2 Apabila aku berjanji kepada teman, maka aku suka menepatinya. Kalau tidak bisa menepatinya, maka aku meminta maaf kepadanya.

Jawaban No 2
Setuju (S), Karena menepati janji adalah upaya tidak merusak kepercayaan teman dan meminta maaf merupakan perbuatan terpuji yang santun dan sangat disukai oleh Alah.

3 Aku rajin mengerjakan PR karena hal itu merupakan bentuk hormat dan patuh kepadann guru.

Jawaban No 3
Setuju (S), Karena mengerjakan PR merupakan kewajiban kita sebagai seorang siswa dan mengerjakan PR merupahkan bukti nyata kita patuh mengerjakan amanah yang diberikan oleh guru kita.

4 Jika aku memberikan sesuatu kepada teman, aku akan gunakan tangan kananku karena hal
itu merupakan kesantunan dan penghargaan kepadanya.

Jawaban No 4
Setuju (S), Memberikan dengan tangan kanan merupakan cara kita untuk menghargainya karena teman adalah orang yang selalu peduli terhadap kita. sudah sepantasnyalah teman mendapatkan penghrgaan atas  segalah kebaikan yang ia berikan.


5 Terkadang jujur itu berat, tetapi aku selalu berusaha untuk jujur, karena hal itu perintah Allah.

Jawaban No 5
Setuju (S), Karena dengan perbuatan jujur permasalahan akan mudah terselesaikan dan benilai ibadah di hadapan Allah Swt.

6 Terkadang amanah itu juga berat. Aku suka melanggarnya karena itu tidak diperintahkan oleh Allah Yang Maha kuasa.

Jawaban No 6
Tidak Setuju (S), Karena dengan tidak amanah bearti tidak berusahan menjaga kepercayaan orang lain dan akan mengecewakan orang lain perbuatan ini sangat tdak disukai oleh Allah Swt.

7 Aku suka memukul adikku bila ia rewel supaya dia patuh kepadaku.

Jawaban No 7
Tidak Setuju (S), Karena dengan memukul bearti kita tidak menghormati adik kita sendiri. Supaya adik kita patuh kita harus menghormatinya dengan menyayanginya.

8 Apabila adikku memberi sesuatu, aku tidak mengucapkan “terima kasih” kepadanya karena hal itu bukan perilaku jahat kepadanya.

Jawaban No 8
Tidak Setuju (S), Karena tidak mengucapkan terimakasih berarti tidak memiliki sopan santun. bersikap santun bukan kepada orang yang lebih tua saja kepada adik-adik kita juga kita harus bersikap santun

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 Halaman 32 

Sahabat walikelassd, demikianlah postingan kunci jawaban PAI Kelas 4 Pelajaran 3 halaman 32 tentang aku anak salih ini, dengan adanya postingan kunci jawaban ini, Para sahabat walikelassd dapat memperoleh alternatif jawaban yang kaya sumbernya, Baik siswa yang lagi mempelajari dan mengerjakan tugas ataupun orang tua yang lagi mengajari dan membimbing anaknya. Kaya sumbernya bagus nilainya, Semoga sikap-sikap terpuji yg kita pelajari pada pembelajaran 3 ini dapat menjadikan kita bertambah semangat dan yakin dalam beupaya menjadi anak yang salih. Anak yang salih selalu semangat dalam mengerjakan semua yang diperintahkan Allah Swt dan menjahui semua larangannya. Semoga kita tergolong pada orang-orang yang salih.

Post a Comment

0 Comments