Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci Jawaban PAI kelas 7 Bab 5 Pilihan Ganda

Sahabat walikelas kunci jawaban kali ini merupakan kunci jawaban PAI Bab 5 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS). Dalam menyusun kunci jawaban ini admin mengutip dari buku kurikulum 2013 revisi 2017 yaitu buku pegangan guru bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) dan buku pegagan siswa kelas 7 SMP/MTS. 

Kunci Jawaban PAI kelas 7 Bab 5 Pilihan Ganda Halaman 72 73
Kunci Jawaban PAI kelas 7 Bab 5 Pilihan Ganda Halaman 72 73 



Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 5

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 adalah kunci jawaban yang membahas alternatif jawaban pada soal pelajaran Bab 5 kelas 7. Pokok bahasan materi Bab 5 adalah Selamat Datang Nabi Kekasihku, Sedangkan materi penjelasannya adalah kehadiran sang kekasihku, Nabi Muhammad Saw diangkat menjadi rosul, dan dakwa Nabi Muhammad Saw di mekah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 5 Pilihan Ganda (PG)

Pilihan Ganda (PG) dan Uraian adalah bentuk soal yang terdapat pada pelajaran PAI Kelas 7 termasuk pada Bab 5, NamunkKhusus kunci ini hanya memberikan jawaban penyelesaian soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice saja.  Pada pelajaran Bab 5 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) Soal Pilihan Ganda yang dibuat sebanyak 10 (Sepuluh) soal. Setiap soal Pilihan Ganda terdiri dari empat pilihan jawaban. Ke empat jawaban tersebut adalah jawaban a, b, c, dan d.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

Nabi Muhammad saw. pasti disebut sebagai nabi kedua puluh lima atau nabi terakhir. Nabi Muhammad saw. sejak kecil sudah menjadi yatim piatu. Oleh sebab itu, beliau sangat mencintai anak yatim dan menganjurkan umatnya untuk merawat, mendidik, dan mencintai anak yatim. Di samping itu, Nabi Muhammad saw. terkenal sangat jujur. Sikap jujur tersebut sudah diperlihatkan sebelum beliau diangkat menjadi rasul. Pada usia remaja, beliau diminta bantuan oleh pamannya untuk membawa barang dagangan Siti Khadijah binti Khuwailid yang kaya dan dihormati di Kota Mekah.

Pada usia tiga puluh lima tahun, Nabi Muhammad saw. bersama-sama dengan orang-orang Quraisy diminta untuk memperbaiki Ka’bah. Pada saat pembangunan Hajar Aswad, Terjadi perselisihan antara bangsa Quraisy. Perselisian itu mengenai siapa yang yang meletakkan Hajar Aswad ke tempat semula. 

Pada akhirnya, mereka sepakat menunjuk Muhammad saw. sebagai orang yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Rasulullah pun kemudian menyarankan suatu jalan keluar yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka. Selembar selendang di ambil oleh Nabi, Di tengah-tengan selendang, diletakan Hajar Aswad  tersebut. Lalu Nabi meminta pada pihak yang berselisih untuk memegang ujung-ujung selendang itu.

Mereka kemudian mengangkat Hajar Aswad itu bersama-sama. Setelah meletakkan Hajar Aswad tersebut Nabi berkata Ini merupakan jalan keluar yang terbaik. Seluruh kabilah setuju dan meridhai jalan keluar ini. Mereka pun tidak jadi saling menumpahkan darah. Sejak saat itu, beliau dikenal di antara kaumnya dengan sifat-sifat yang terpuji. 

Para sahabat dan pengikutnya sangat menghormati dan mencintai beliau sehingga beliau diberi gelar ”al-Amin”, artinya orang yang dapat dipercaya. Mari kita teladani sifat jujur Nabi Muhammad saw. dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika orang tua kita minta bantuan untuk membeli sabun mandi di warung, ada sisa uang pembelian, uang itu harus dikembalikan kepada orang tua. Percayalah, anak yang jujur pasti disayangi teman-teman, guru dan orang tua.


Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Bab 5 Pilihan Ganda (PG) Halaman 72 dan 73

Pada halaman 72 terdapat 5 soal pilihan ganda yang di sajikan, sedangkan di halam 73 adalah kelanjutan dari halaman 72. Sehingga 5 Kunci jawaban PAI pada halaman 72 dan 5 kunci jawaban berikutnya terdapat pada halaman 73.

Berikut sahabat walikalas dapat melihat dan copy paste kunci jawaban PAI Bab 5 Kelas 7 soal pilihan ganda halaman 72 dan 73.


1. Kapan Nabi Muhammad saw lahir...

A. Senin, 12 Rabiul Awwal
B. Senin, 15 Rabiul Awwal
C. Ahad, 12 Rabiul Awwal
D. Jumat, 13 Rabiul Awwal


2. Nama Ayah Nabi Muhammad saw adalah ...

A. Abdullah bin Auf
B. Abdullah bin Abdul Aziz
C. Abdullah bin Abdul Muthalib
D. Abdullah bin Ibrahim


3. Saat bayi, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh seorang perempuan dari kampung pedalaman yang bernama ...

A. Siti Huzaifah
B. Halimatus Sa’diyah
C. Ummi Kulsum
D. Ummi Maktum


4. Setelah ibunya wafat, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh

A. Abu Thalib
B. Abdul Muthalib
C. Hamzah bin Abdul Muthalib
D. Abu Lahab


5. Kapan Nabi Muhammad mulai berdagang/berjualan sendiri ke Syiria ?

A. 12 tahun
B. 15 tahun
C. 20 tahun
D. 25 tahun


6. Paman Nabi Muhammad saw. yang sangat benci terhadap Islam ialah...

A. Abu Talib
B. Abu Lahab
C. Abbas
D. Hamzah


7. Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi Rasul pada usia...

A. 25 tahun
B. 30 tahun
C. 35 tahun
D. 40 tahun


8. Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi Rasul ditandai dengan menerima wahyu...

A. Q.S. al-Fatihah 1-7
B. Q.S. al-Falaq 1-5
C. Q.S. al-‘Alaq 1-5
D. Q.S. al-Baqarah 1-5


9. Setelah Nabi Muhammad saw. berdakwah kepada kaum kafir Quraisy, sikap mereka...

A. Biasa-biasa saja
B. Ada yang menerima ada yang menolak
C. Menerima semua ajakan Nabi
D. Menolak semua ajakan Nabi


10. Sikap yang bukan dimiliki Nabi Muhammad saw. adalah sikap ...

A. Menyampaikan dakwah dengan sopan dan ramah
B. Memaksakan kehendak agar mereka masuk Islam
C. Memberikan kesempatan kepada mereka berpikir
D. Berdakwah dengan teladan yang baik


Jawaban Soal Pilihan Ganda PAI Bab 5 Halaman 72

Berikut walikelassd.com rangkum kunci jawaban soal PAI Kelas 7 Pilihan Ganda (PG) Bab 5 Halaman 72. Silakan dicopy jawabannya dibawah ini.

1. A    2. C

3. B    4. B

5. D    6. B

7. D    8. C

9. B    10. B


Demikianlah Kunci Jawaban PAI kelas 7 Bab 5  Pilihan Ganda Halaman 72 dan 73. Semoga kunci jawaban ini dapat membantu memberikan alternatif jawaban yang pas dan tetaplah melangkah bersama, maju bersama walikelassd.com


Post a Comment

0 Comments