Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 3 halaman 31

Kunci Jawaban PAI kelas 6 Pelajaran 3 Halaman 31 adalah pokok bahasan PAI SD semester 1. Kunci jawaban ini disusun sebagai alternatif jawaban yang bisa di jadikan sumber untuk mengerjakan tugas pada pokok bahasan yang sama. Buku siswa dan buku guru kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 dan Soal ayo berlatih pada pembelajaran 3 Indahnya nama-nama Allah Swt. halaman 31 menjadi dasar dalam menyusun alternatif kunci jawaban pada postingan kali ini. Adapun materi yang di bahas pada mata pelajaran PAI pembelajaran 1 adalah tentang Mengakui Sifat as-samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 3 halaman 31
Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 3 halaman 31

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Pelajaran 3 halaman 31 Materi 

Mengakui  Nama-Nama Allah Swt. yang Indah dalam Kehidupan

1. Mengakui Sifat as-samad
Sebagai serang anak, mengulang bacaan dan makna as-samad  hingga hafal adalah perbuatan yang senangi oleh Allah Swt. Mengulang-ulang bacaan al-Asma' al-husna merupakan perbuatan mulia. Mengulang bacaan al-Asma' al-husna menjadi doa. Bukankah makna as-samad adalah Yang Maha Dibutuhkan? Lihat ayat kedua Q.S. al-Ikhlas yaitu:

Artinya : ”tempat kita meminta dan memohon segala sesuatu adalah kepada Allah Swt.” Oleh sebab itu, kita harus selalu mohon bantuan hanya kepada Allah Swt. Apa yang dapat kita terapkan dari pengakuan atas sifat as-samad? Sifat as-amad antara lain sebagai berikut.


  • Menjadikan Allah Swt. sebagai tempat meminta yang utama dalam semua keinginan kita yang baik.
  • Berusaha menjadi orang bermanfaat bagi orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
  • Berusaha membantu teman, di sekolah ataupun di rumah dengan tenaga, pikiran, dan tutur kata yang santun. 
2. Mengakui Sifat Al-Muqtadir
Bacalah berulang-ulang lafaz dan makna al-Muqtadir  hingga hafal. Arti al-Muqtadir adalah Mahakuasa atau Maha Menentukan. Segala makhluk ciptaan Allah Swt. yang ada di atas dunia ini hidup, bergerak atau mati atas kuasa dan ketentuan Allah Swt. Anak-anak, pernahkah kalian merenungkan tentang bentuk tubuh kita? Kita bernapas dan sangat membutuhkan udara. Andaikata, kamu tidak diberi Allah Swt. udara untuk bernapas, tentunya kamu akan sesak napas seperti ikan yang diletakkan di atas tanah dan tidak diberi air. Juga gunung-gunung api meletus mengeluarkan material yang banyak sehingga merusak rumah-rumah di sekitarnya, bahkan bisa menelan korban jiwa, dan masih banyak lagi  bencana alam yang menelan korban. Semua peristiwa tersebut terjadi atas izin Allah Swt.. Allah Swt. mudah saja untuk menciptakan dan juga untuk menghancurkannya. Cermati Q.S. Yasin/36:82 berikut ini

Artinya :  Jika Dia menginginkan sesuatu kemudian berkata jadilah,  niscaya akan terjadi

Ayat di atas mengisyaratkan, bahwa Allah Swt. Mahakuasa atas semua  makhluk ciptaan-Nya. Sangat mudah untuk menciptakan atau  menghancurkan bagi Allah Swt. Oleh sebab itu, marilah kita terapkan sifat al-Muqtadir.

  • Menjadikan Allah Swt. sebagai tempat berlindung.
  • Berlomba-lombalah untuk mencari amal kebaikan karena kita tidak tahu kapan bencana datang.

3. Mengakui Sifat Al-Muqaddim
Ayo anak-anak, bacalah berulang-ulang bacaan dan arti al-Muqaddim  hingga hafal. Pahamilah makna al-Muqaddim, yaitu Allah Yang Maha  Mendahului. Allah Swt. yang harus kita sembah dan lidah kita selalu menyebut nama-Nya.  Anak-anak, marilah kita mengakui sifat al-Muqaddim.


  • Dalam berbuat kebaikan, hendaknya kita lebih dulu berbuat.
  • Mengerjakan sesuatu yang bermanfaat untuk masa depan dan jangan mengerjakan perbuatan yang sia-sia dan merugikan orang lain.
  • Jangan menunda-nunda pekerjaan, terutama belajar.
  • Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan diri sendiri.

4. Mengakui Sifat Al-Baqi
Ayo anak-anak, bacalah berulang-ulang bacaan dan makna Al-Baqi hingga  hafal.  Pahamilah makna Al-Baqi, yaitu Allah Swt. Yang Maha kekal. Allah Swt. Yang Maha kekal  menjadi tumpuan  harapan kita. Pernahkah kalian  membaca kisah Nabi Ibrahim a.s. yang mencari Tuhan untuk disembah?  Nabi Ibrahim a.s. pernah menganggap bulan sangat kekal dapat menyinari kegelapan malam; tetapi ketika siang tiba, sinar bulan lenyap. Kemudian, Nabi Ibrahim a.s. menganggap matahari sangat kekal dengan sinarnya yang panas,tetapi ketika malam tiba, sinar yang menyengat lenyap, bulan dan matahari tak pantas untuk disembah.  Demikianlah perjalanan Nabi Ibrahim a.s. menuju pengakuan kepada Allah Swt. Yang Maha kekal.

Setiap ciptaan Allah Swt. akan hancur atau tidak abadi. Hanya Allah Swt. yang kekal abadi. Allah Swt.  Yang Maha kekal itulah yang harus kita sembah dan lidah kita selalu bertasbih kepada-Nya.
Pernahkah kalian melihat rumah atau bangunan kantor atau pasar terbakar? Atau, banjir datang menenggelamkan rumah sehingga banyak harta benda yang hanyut atau terendam banjir? Berarti segala harta benda, kemewahan di atas dunia ini tidak kekal. Karena hidup kekal hanya di akhirat. Berikut contoh ketidak kekalan manusia.

  • Ketahuilah, bahwa masa kanak-kanak tidak kekal, suatu saat kita pasti menjadi tua renta dan mati.
  • Waktu yang ada akan cepat berlalu dengan peredaran bulan dan matahari. 

Rangkuman Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 3 halaman 31


  1. Mengenal Allah Swt. dapat dilakukan melalui mengenal al-Asma' al-husna.
  2. As-samad, al-Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi adalah sebagian dari al-Asma' al-husna.
  3. As-samad artinya Maha Dibutuhkan. Allah Swt. Maha Dibutuhkan. Umat Islam memohon bantuan hanya kepada-Nya. Manusia harus memiliki sifat saling membantu sebab Allah Swt. telah membantunya.
  4. Al-Muqtadir adalah Mahakuasa atau Maha Menentukan. Allah Swt. Mahakuasa. Kita akui kemahakuasaan itu dalam langkah-langkah hidup kita sehari-hari. Segala sesuatu dilangit dan di bumi semuanya terjadi atas kekuasaan Allah Swt.
  5. Al-Muqaddim adalah Maha Mendahulukan. Artinya Allah Swt. Maha Mendahulukan atas  apa yang diciptakan-Nya.
  6. Al-Baqi adalah Yang Maha kekal. Allah Swt. Maha kekal, sedangkan makhluk ciptaan Allah Swt. adalah  fana atau akan rusak/musnah.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 3 halaman 31 Bagian A

A. Jawablah soal di bawah ini dengan benar dan tepat!
1. Jelaskan makna as-samad!
Jawab 
As-samad artinya Maha Dibutuhkan. Allah Swt. Maha Dibutuhkan. Umat Islam memohon bantuan hanya kepada-Nya melalui do'a. 

2. Jelaskan makna al-Muqtadir!
Jawab
Al-Muqtadir adalah Mahakuasa atau Maha Menentukan. Allah Swt. Mahakuasa. Kita akui kemahakuasaan itu dalam langkah-langkah hidup kita sehari-hari. 

3.Jelaskan makna al-Muqaddim!
Jawab 
Maha Mendahulukan. Artinya Allah Swt. Maha Mendahulukan atas  apa yang diciptakan-Nya.

4. Jelaskan makna al-Baqi!
Jawab 
Al-Baqi adalah Yang Maha kekal. Allah Swt. Maha kekal, sedangkan makhluk ciptaan Allah Swt. adalah  fana atau akan rusak/musnah.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 3 halaman 31 Bagian B

B. Tanggapilah pernyataan di bawah ini dengan jujur dan bertanggung jawab.
1 Aku memohon segalanya hanya kepada Allah Swt. (S) Setujuh
2 Aku  meyakini  Asma’ al-Husna. (S) Setujuh
3 Aku mengerjakan salat tepat waktu. (S) Setujuh
4 Aku percaya tidak ada yang abadi di dunia ini. (S) Setujuh
5 Aku percaya tiap manusia akan mati. (S) Setujuh


Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Dalam Bentuk Video Youtube

Bagi sahabat walikelas yang masih ingin melihat kunci jawaban PAI kelas 6 yang di sajikan dalam bentuk video,  Dapat sahabat walikelas kunjungi canel youtube walikelassd melalui link berikut  ini.


LINK KUNCI JAWABAN VIDEO 

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Pelajaran 3 Halaman  31
Demikianlah kunci jawaban PAI kelas 6 pelajaran 3 halaman 31, tentang Mengakui Sifat as-samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi. Sukur alhamdulilah semoga tulisan ini membantu siswa dan para orang tua dalam menjalankan proses belajar-mengajar dimasa pandemi covid 19 ini. Keritik dan saran sangat admin harapkan terutama saran yang sifatnya membangun. Silakan ditulis sarannya pada kolom yang telah disediakan di bawah ini. 

Post a Comment

0 Comments