Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21

Kunci Jawaban PAI kelas 6 Pelajaran 2 Halaman 21 merupakan pembelajaran PAI pada semester 1 Sekolah Dasar (SD). kunci jawaban ini dibuat berdasarkan sumber buku siswa dan buku guru kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Soal-soal ayo berlatih pada pembelajaran 2 Ketika Bumi Berhenti Berputar halaman 21 menjadi dasar dalam menyusun alternatif kunci jawaban pada postingan kali ini. Adapun materi yang di bahas pada mata pelajaran PAI pembelajaran 1 adalah tentang Makna hari akhir, Macammacam hari akhir, Tandatanda hari akhir, dan Hikma mempercayai hari akhir.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21
Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 


Kunci Jawaban PAI kelas 6 Pelajaran 2 Halaman 21 merupakan pembelajaran PAI pada semester 1 Sekolah Dasar (SD). kunci jawaban ini dibuat berdasarkan sumber buku siswa dan buku guru kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Soal-soal ayo berlatih pada pembelajaran 2 Ketika Bumi Berhenti Berputar halaman 21 menjadi dasar dalam menyusun alternatif kunci jawaban pada postingan kali ini. Adapun materi yang di bahas pada mata pelajaran PAI pembelajaran 1 adalah tentang Makna hari akhir, Macammacam hari akhir, Tandatanda hari akhir, dan Hikma mempercayai hari akhir.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 Materi Pertama 

Makna Hari Akhir
Hari kiamat merupakan peristiwa hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya. Alam semesta hancur luluh dan semua makhluk di dalamnya mati. Bunyi terompet sangkakala yang di tiup oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah Swt merupakan tanda-tanda Hari kiamat. Hari Kiamat tidak diketahui kapan terjadi. Hanya Allah Swt. saja yang mengetahui kapan peristiwa hari Kiamat terjadi. Namun, kita harus percaya Hari Kiamat akan datang. Mempercayai Hari Kiamat berarti menyakini rukun iman yang kelima. Pada hari Akhir, seluruh manusia meninggal dunia, tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang hidup. Manusia akan dibangkitkan kembali untuk kemudian dikumpulkan di Padang Mahsyar. Di Padang Mahsyar, seluruh manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatannya selama hidup di dunia.
Tiap manusia harus mempertanggungjawabkan tiap amal perbuatan yang dilakukannya ketika hidup di dunia. Di Padang Mahsyar, manusia memikirkan dirinya masing-masing, hukuman atau hadiah yang akan diterimanya atas amal perbuatan selama di dunia. Apakah ia menerima buku amal perbuatan yang menyenangkan atau  menyedihkan. Apakah amalan kebaikan lebih berat daripada amalan keburukan, atau sebaliknya. Jika amalan kebaikan lebih banyak, sorga telah menantinya. Jika amalan keburukan lebih banyak, neraka telah menantinya. menyedihkan. Apakah amalan kebaikan lebih berat daripada amalan keburukan, atau sebaliknya. Jika amalan kebaikan lebih banyak, sorga telah menantinya. Jika amalan keburukan lebih banyak, neraka telah menantinya.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 Materi Kedua 

Macam-Macam Hari Akhir
Kiamat Sugrā (Kiamat Kecil)
Tahukah kalian apa Kiamat Sugrā (kiamat kecil) itu? Kiamat Sugra atau kiamat kecil merupakan hancurnya alam di sekitar kita baik berupa bencana gunung meletus, gempa bumi, tsunami, air bah atau banjir bandang. Kiamat kecil dapat terjadi di mana saja di atas bumi ini. Kiamat kecil dapat menimpa siapa saja dan di mana saja, seperti kematian seseorang. Kiamat Sugrā (kiamat kecil) bisa saja terjadi karena ulah manusia sendiri. Misalnya, berkendaraan tidak hati-hati sehingga kecelakaan, membakar hutan dan menebang pohon-pohon yang tidak terkendali sehingga gunung menjadi gundul, tanah longsor serta membuang sampah di sungai sehingga mengakibatkan banjir.
Kiamat Kubrā (Kiamat Besar)
Kiamat Kubrā merupakan hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya sehingga disebut juga kiamat besar. Semua planaet-planet, matahari, bumi dan lainnya akan saling bertabrakan dan hancur berkeping-keping. Bumi berguncang dahsyat dan tidak ada satu makhluk pun di muka bumi ini yang hidup.
Allah Swt. menjelaskan di dalam Q.S. al-Zalzalah/99:1-2, yaitu:

Artinya:
1. Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat;
2. Maka bumi telah mengeluarkan seluruh  beban-beban berat yang dikandungnya.
Kelak di Hari Akhir setelah alam semesta dihancurkan, manusia dibangkitkan kembali dari alam kuburnya. Kiamat Kubrā lebih dahsyat dan tak ada seorang pun yang tahu kapan akan terjadi. Bahkan, Nabi Muhammad saw. pun tidak diberi tahu oleh Allah Swt. Hanya Allah Swt. yang tahu.

Tanda-Tanda Hari Akhir
Anak-anak, tahukah kalian tanda-tanda gunung yang akan meletus? Anak-anak yang tinggal di kota-kota yang jauh dari gunung tentu saja tidak mengalami sendiri tandatanda gunung yang akan meletus. Namun, anak-anak yang tinggal di kaki gunung api tentu saja mengetahuinya karena ada peringatan-peringatan dari petugas pemerintah atau pengawas gunung api. Misalnya, ketika letusan-letusan gunung api tersebut sering terjadi, air sungai yang mengalir ke hilir berbau belerang, hewan-hewan buas (seperti harimau) sudah turun ke desa, dan sebagainya. Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak ada seorang pun yang tahu kapan Hari Kiamat datang. Namun, Allah Swt. memberitahukan tanda-tanda hari Kiamat akan datang. Di antara tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut.
1. Banyak ulama Muslim yang wafat.
2. Ilmu agama dianggap tidak penting.
3. Maksiat makin terang-terangan dan kejahatan di muka bumi makin merajalela.
4. Laki-laki berperilaku seperti perempuan dan sebaliknya.
5. Banyak peperangan dan kerusuhan di muka bumi ini.
6. Minuman keras dan barang terlarang (seperti narkoba) bebas beredar sehingga menimbulkan tindakan kriminalitas yang merajalela.
7. Munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabi/rasul.

Hikmah Memercayai Hari Akhir
Setelah kita mengetahui makna dan tanda-tanda Hari Kiamat serta meyakininya, ada hikmah yang dapat kita gali, antara lain sebagai berikut.
1. Keyakinan kita akan kebesaran dan kekuasaan Allah Swt akan semakin kuat
2. Kita bertambah semangat mengerjakan amal kebaikan.
3. Kita menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. seperti: berkelahi, menggunakan obat terlarang/narkoba, minum minuman keras, mencuri, memfitnah dan, sebagainya.
4. Bersikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan.
5. Selalu waspada dan menjaga lingkungan sekitar rumah atau sekolah.
6. Mengamalkan amal kebaikan tepat waktu dan tidak menunda-nundanya, misalkan mengerjakan salat lima waktu, mengerjakan PR, dan sebagainya.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 Rangkuman 

1. Hari Kiamat (Hari Akhir) adalah hancurnya alam semesta beserta isinya.
2. Hari Kiamat dapat dibedakan menjadi dua: Kiamat Sugrā (Kiamat Kecil) dan Kiamat Kubrā (Kiamat Besar).
3. Di hari Kiamat Kubrā, seluruh makhluk hidup wafat.
4. Setelah Kiamat Kubrā tiba, manusia dikumpulkan untuk dimintai pertanggungjawaban amal mereka sewaktu hidup di dunia.
5. Hikmah meyakini hari Kiamat, yaitu: melakukan perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya.
6. Tanda-tanda kiamat disampaikan oleh Rasulullah saw., tetapi hanya Allah Swt. yang tahu waktu terjadinya.
7. Ada hikmah yang dapat dipetik ketika kita senantiasa mengingat datangnya Kiamat Sugrā dan Kubrā.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 Bagian A 

Adapun Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 
1. Jelaskan soal arti Hari Kiamat!
    
Jawab : 
Hancurnya alam semesta beserta isinya.

2. Jelaskan 4 contoh Kiamat Sugrā!
    
Jawab : 
Terjadinya kecelakaan, banjir, gunung meletus dan gempa bumi

3. Jelaskan 4 tanda akan datangnya hari Kiamat!
Jawab : 
1. Banyak ulama Muslim yang wafat, 2. Ilmu agama dianggap tidak penting, 3. Maksiat makin terang-terangan dan kejahatan di muka bumi makin merajalela., 4. Laki-laki berperilaku seperti perempuan dan sebaliknya.
4. Jelaskan 4 hikmah mempercayai hari Kiamat!

Jawab :  
1. Keyakinan kita akan kebesaran dan kekuasaan Allah Swt akan semakin kuat, 2. Kita bertambah semangat mengerjakan amal kebaikan, 3. Bersikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan, 4. Selalu waspada dan menjaga lingkungan sekitar rumah atau sekolah.

5. Jelaskan 4 perbedaan Kiamat Sugrā dan Kiamat Kubrā?

Jawab : 
Kimat Sugra adalah kiamat kecil, jika terjadi kiamat ini peluang untuk selamat atau hidup masi ada, sedangkan kiamat Kubra atau kiamat besar peluang untuk selamat bagi makhluk hidup tidak ada lagi semuanya akan binasa.

Kunci jawaban PAI Kelas 6 pelajaran 2 halaman 21 Bagian B

Tanggapilah pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan jujur dan penuh tanggung jawab dengan cara memberi tanda (S, KS, dan TS)!
1. Saya yakin bahwa Hari Kiamat akan datang.
    Jawab : (S) Setujuh

2. Saya yakin bencana tsunami dan gunung meletus atas izin Allah Swt.
    Jawab : (S) Setujuh

3. Saya yakin manusia akan diminta pertanggungjawban atas segala perbuatannya ketika di dunia. 
    Jawab : (S) Setujuh

4. Saya percaya bahwa penjelasan al-Qur’ān tentang Hari Kiamat adalah benar.
    Jawab : (S) Setujuh

5. Saya segera melakukan segala perbuatan baik.
    Jawab : (S) Setujuh

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Pelajaran 2 Halaman  21 Dalam Bentuk Video Youtube

Bagi sahabat walikelas ingin melihat kunci jawaban PAI kelas 6 dalam bentuk video silakan kunjungi canel youtube walikelassd melalui link dibawah ini.

LINK KUNCI JAWABAN VIDEO 


Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Pelajaran 2 Halaman  21
Demikianlah kunci jawaban PAI kelas 6 pelajaran 2 halaman 21, tentang Makna hari akhir, Macammacam hari akhir, Tandatanda hari akhir, dan Hikma mempercayai hari akhir. Dengan adanya tulisan ini semoga dimasa pandemi covid 19 ini dapat membantu siswa sebagai sumber belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring dari rumah, baik dalam mengerjakan tugas latihan ataupun mengerjakan PR. Keritik dan saran sangat admin harapkan terutama saran-saran yang sifatnya membangun. Silakan ditulis sarannya pada kolom yang telah disediakan di bawah ini. 

Post a Comment

0 Comments