Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi
Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi 
Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi 
Pengertian Rotasi Bumi
Selain bumi mengelilingi matahari, bumi juga berputar pada porosnya. Perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi bumi. Periode rotasi bumi adalah satu hari atau 23 jam 56 menit 4 detik. Arah rotasi bumi dari barat ke timur. Akibatnya, matahari selalu terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat, sehingga orang di Indonesia bagian timur lebih dahulu melihat matahari terbit daripada orang di daerah bagian tengah atau bagian barat. Sekali berotasi, bumi menempuh 360º bujur selama 24 jam. Artinya, 1º bujur ditempuh selama 4 menit. Dengan demikian, tempat-tempat yang berbeda 1º bujur akan berbeda waktu 4 menit.

Akibat Rotasi Bumi
Akibat Rotasi Bumi
Akibat Rotasi Bumi
Akibatnya rotasi bumi, menyebabkan hal-hal berikut ini.
  1. Adanya gerak semu harian dari matahari dan benda-benda langit yang seakan-akan bergerak dari timur ke barat. Setiap hari kita melihat arah matahari bergerak dari timur ke barat. Namun, sebenarnya yang bergerak bukan matahari melainkan bumi tempat kita berpijak sedangkan matahari diam. Gerakan matahari tersebut dinamakan gerak semu harian.
  2. Terjadinya perbedaan waktu pada tempat yang berbeda derajat bujurnya. Seluruh permukaan bumi dibagi atas garis lintang, yaitu garis yang sejajar dengan khatulistiwa dan garis bujur, yaitu garis yang sejajar dengan garis tengah kutub. Suatu tempat mempunyai waktu yang sama jika terletak pada garis bujur yang sama. Maka tempat  yang berbeda waktunya pasti berbeda juga garis bujurnya. Setiap perbedaan garis bujur 1º, waktunya berbeda 4 menit atau perbedaan garis bujur 15º, waktunya berbeda 1 jam.
  3. Pergantian siang dan malam hari
  4. Penggembungan pada daerah khatulistiwa 
Pengertian akibat revolusi bumi
Pengertian akibat revolusi bumi
Pengertian Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Ketika bumi berevolusi, ternyata poros bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23º. Periode revolusi bumi adalah 365¼ hari dan dinamakan satu tahun. 

Akibat Revolusi Bumi
Akibat dari revolusi bumi adalah sebagai berikut. 
a. Terjadi pergantian musim.
b. Terjadi perubahan lamanya siang dan malam.
c. Terjadi gerak semu tahunan matahari.
d. Terlihat rasi bintang yang berbeda dari setiap bulan.

Pengertian Revolusi Bulan
Bulan merupakan satelit bumi yang beredar mengelilingi bumi dan bersama-sama dengan bumi mengitari matahari. Mengapa pada malam hari bulan terlihat sangat terang? Selain jarak bulan yang dekat dengan bumi, bulan memantulkan sinar matahari yang mengenainya. Jarak rata- rata bulan dari bumi hanya 384.403 km. Bulan mengedari bumi satu kali tiap 27,3 hari. Pada saat bulan mengelilingi matahari, bulan juga melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi, dan bersama-sama dengan bumi mengitari matahari. Periode rotasinya sama dengan bumi mengitari matahari. Periode rotasinya sama dengan periode revolusinya. Akibatnya, muka bulan yang menghadap bumi selalu sama yakni separuh bagian dan bagian lain tidak pernah menghadap bumi. Bulan memerlukan waktu selama 27 hari yang disebut satu bulan sideris, untuk satu kali bergerak berputar mengelilingi bumi.

Akibat Revolusi Bulan
Revolusi bulan mengakibatkan terjadinya fase-fase bulan, yaitu perbedaan bentuk permukaan bulan yang terang dari hari ke hari.

Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi 
Demikianlah Pembahasan Materi Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi Kelas 6, semoga materi ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana isi materi inti pada pembelajaran kelas 6 semester 2 tentang materi Pengertian, Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi. Kritik dan saran sangat admin harapkan demi kemajuan blog pendidikan walikelassd ini. termahkasih dan semoga bermanfaat.. amiennn.

Post a Comment

0 Comments