Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Materi proses terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan ini merupakan materi kelas 6 tema 9 semester 2. Pada materi Gerhana ini akan dijelaskan mengenai Proses terjadinya gerhana, Umbra dan penumbra, gerhana bulan, macam-macam gerhana bulan, Proses terjadinya gerhana bulan total, Proses terjadinya gerhana bulan sebagian, Proses terjadinya gerhana matahari,  proses terjadinya gerhana total, Proses erjadinya gerhana matahari sebagian, Proses terjadinya gerhana matahari cincin dan rangkuman materi gerhana matahari dan gerhana.

Pengertian Gerhana
Bumi beredar mengelilingi Matahari. Bulan beredar mengitari Bumi. Bumi dan Bulan bersama-sama beredar mengelilingi Matahari. Pergerakan Bumi dan Bulan ini menyebabkan terjadinya gejala alam yang disebut gerhana. Tahukah kalian, apakah gerhana itu? Gerhana adalah penggelapan pada benda langit. Ini Berarti, Cahaya akan terhalang ketika sebuah benda langit bergerak di depan benda langit yang alin. Pada waktu inilah terjadi gerhana. 

Umbra dan Penumbra
Bayangan yang terbentuk oleh bumi atau bulan yang terletak dalam satu garis disebut gerhana. Bayangan tersebut mempunyai dua bagian, yaitu:

  1. Daerah bayangan inti dinamakan umbra. Umbra akan semakin mengecil ketika menjauh dari bumi atau bulan. Umbra berbentuk kerucut . Umbra bulan panjangnya ± 370.000 km, sedangkan umbra bumi panjangnya ± 1.376.000 km.
  2. Daerah bayangan kabur (sebagian) dinamakan penumbra.
Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari
Ada dua (2) macam gerhana, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.
1. Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus. Posisi Bumi ada di antara Matahari dan Bulan. Dikarenakan bulan terhalang oleh Bumi, maka Bulan tidak mendapat sinar matahari. Gerhana bulan terjadi pada malam hari. Agar lebih memahami bagaimana terjadinya gerhana bulan? Mari kita perhatikan skema berikut ini :
Dalam peredarannya mengelilingi Bumi, suatu saat Bulan dapat terhalang oleh adanya bayangan bumi. Akibatnya, Bulan tidak memperoleh cahaya matahari. Ada dua jenis bayangan bumi, yaitu bayangan inti (umbra) dan bayangan kabur (penumbra). Bayangan yang sama sekali tidak dilalui cahaya dinamakan bayangan inti (umbra). Daerah ini benar-benar gelap. Sementara itu, bayangan kabur (penumbra) adalah bayangan yang masih dilalui cahaya. Bayangan ini mengelilingi bayangan umbra.
Macam-Macam Gerhana Bulan
Ada dua macam gerhana bulan. Ketika seluruh permukaan bulan melintasi bayangan bumi, maka akan terjadi gerhana bulan total. Akan terjadi gerhana bulan sebagian apabila hanya sebagian bulan yang melintasi bayangan bumi. Gerhana bulan total dapat berlangsung sekitar 1,5 jam.2.  

Kegiatan
Alat dan Bahan
  1. Senter
  2. Dua buah pensil
  3. Tanah liat sebesar bola golf
  4. Styrofoam dengan diameter 10 cm
Cara Kerja
  1. Coba, siapkan tanah liat seukuran anggur. Selanjutnya, padatkan menjadi berbentuk bola golf.
  2. Ayo, tancapkan bola tanah liat itu pada ujung salah satu pensil. Bola ini berperan sebagai Bulan.
  3. Ayo, tancapkan pensil satunya ke bola styrofoam. Bola ini mewakili Bumi.
  4. Coba, tegakkan bola tiruan bumi di atas meja menggunakan tanah liat.
  5. Ayo, matikan lampu sehingga ruangan menjadi gelap. Senter dinyalakan menggunakan tangan kiri pada jarak 30 cm dari tiruan bola bumi.
  6. Selanjutnya, peganglah bulan tiruan dengan tangan kanan kalian dengan jarak 2,5 cm dari bola bumi tiruan.
  7. Sekarang, coba gerakkan bulan tiruan dari bagian belakang bumi tiruan, menuju arah depan, berlawanan arah dengan arah jarum jam.
  8. Ketika bulan bergerak, perhatikan bayangan pada tiruan bumi. 
  9. Sekarang, tuliskan hasil pengamatan kalian pada selembar kertas.

Gerhana Matahari
Ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis lurus maka akan terjadi gerhana matahari. Kedudukan Bulan berada di tengah-tengah, di antara Matahari dan Bumi. Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Posisi Bulan yang berada di tengah menyebabkan terhalangnya sinar matahari pada sebagian permukaan bumi untuk beberapa saat. Daerah yang tidak terkena sinar matahari ini menjadi gelap, dan dikatakan mengalami gerhana matahari.

Proses terjadinya Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi ketika bulan sedang berada dalam fase bulan baru, ketika Bulan diapit oleh Matahari dan Bumi. Ayo, kalian lakukan kegiatan berikut ini untuk mengetahui terjadinya gerhana matahari.

Kegiatan
Alat dan Bahan
  1. Senter
  2. Tanah liat sebesar bola golf
  3. Dua buah pensil
  4. Styrofoam dengan diameter 10 cm
Cara Kerja
  1. Coba, siapkan tanah liat seukuran anggur. Selanjutnya, padatkan menjadi berbentuk bola golf.
  2. Ayo, tancapkan bola tanah liat itu pada ujung salah satu pensil. Bola ini berperan sebagai Bulan.
  3. Ayo, tancapkan pensil satunya ke bola styrofoam. Bola ini mewakili Bumi.
  4. Coba, tegakkan bola tiruan bumi di atas meja menggunakan tanah liat.
  5. Ayo, matikan lampu sehingga ruangan menjadi gelap.Senter dipegang dengan tangan kiri kemudian dinyalakan. Seter dipegang dengan jarak 30 cm dari tiruan bola bumi.
  6. Selanjutnya, peganglah bulan tiruan dengan tangan kanan kalian pada jarak 2,5 cm dari bola bumi tiruan.
  7. Sekarang, coba gerakkan bulan tiruan dari bagian belakang bumi tiruan, menuju arah depan, berlawanan arah dengan arah jarum jam.
  8. Ketika bulan bergerak, perhatikan bayangan pada tiruan bumi.
  9. Sekarang, tuliskan hasil pengamatan kalian pada selembar kertas.
Macam-Macam Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadinya ketika Bulan menutupi pancaran sinar matahari ke Bumi. Ada tiga macam gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.
Proses Terjadinya Gerhana Matahari Total
Gerhana matahari total adalah gejala alam yang menakjubkan. Pernahkah kalian melihatnya? Jika ya, kapan kalian melihatnya?  Ketika Bulan menutupi sepenuhnya cahaya dari matahari maka akan terjadi gerhana matahari total. Gerhana matahari total dapat berlangsung selama 7 menit, namun rata-rata hanya sekitar 2,5 menit. Jika kalian perhatikan Gambar 9.21, pengamat  di  Bumi  yang  mengalami  gerhana  matahari total adalah pengamat yang memperoleh bayangan umbra.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Sebagian
Ketika bulan hanya menutupi sebagian dari matahari maka akan terjadi gerhana matahari sebagian. Peristiwa ini dapat dialami oleh pengamat di Bumi yang berada di daerah penumbra.
Proses TerjadinyaGerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari cincin terjadi pada saat Bulan berada pada posisi terjauh dari Bumi ketika gerhana matahari total terjadi. Akibatnya, gerhana tersebut tampak seperti cincin. Bentuk cincin ini terlihat karena Bulan hanya menutup bagian tengah Matahari, sehingga sekeliling Matahari tampak kilauan cahaya yang melingkar.

Rangkuman
  1. Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari dan planet-planet.
  2. Ada delapan buah planet dalam tata surya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, dan Neptunus.
  3. Merkurius merupakan planet yang mempunyai lintasan terdekat ke matahari.
  4. Yupiter merupakan planet terbesar dalam keluarga tata surya.
  5. Planet berkilau seperti bintang karena planet memantulkan cahaya matahari. Planet tidak memancarkan cahaya sendiri.
  6. Perputaran bumi pada sumbunya disebut rotasi bumi.
  7. Akibat dari Rotasi bumi adalah terjadinya gerak semu harian matahari, pergantian siang dan malam, serta perbedaan waktu dari tempat-tempat yang berbeda derajat bujurnya.
  8. Bumi berevolusi mengitari matahari.
  9. Perbedaan bentuk revolusi, dan bersama-sama dengan bumi mengitari matahari merupakan tiga gerakan sekaligus yang dilakukan bulan pada saat mengelilingi bumi
  10. Revolusi bulan mengakibatkan terjadinya fase-fase bulan, yaitu perbedaan bentuk permukaan bulan yang terang dari hari ke hari.
  11. Gerhana bulan terjadi apabila matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, dengan bumi berada di antara matahari dan bulan.
  12. Gerhana matahari terjadi apabila matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus dengan bulan berada di antara matahari dan bumi.
  13. Peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) dijadikan dasar untuk perhitungan tahun Masehi.
  14. 365 hari merupakan waktu yng diperlukan bumi melakukan satu kali mengelilingi matahari 
  15. Peredaran bulan mengelilingi bumi (revolusi bulan) dijadikan dasar untuk perhitungan tahun Hijriah atau tahun Komariyah.
  16.  Periode revolusi bulan mengelilingi bumi selama 29 hari.
Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Demikianlah Pembahasan Materi Kelas 6 Tema 9  tentang Proses Terjadinya Gerhana matahari dan gerhana bulan, materi ini terdapat pada pembelajaran kelas 6 semester 2 tentang Tema 9 tentang Proses Terjadinya Gerhana matahari dan gerhana bulan. Kritik dan saran sangat admin harapkan demi kemajuan blog pendidikan walikelassd ini. termahkasih dan semoga bermanfaat.. amiennn.

Post a Comment

0 Comments