Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator

Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator
Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator 

Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator 
Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator merupakan salah satu  materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Di kelas 5 bulan pertama pada semester 2, akan kita jumpai pembahasan materi tema 6 subtema 3 tentang konduktor dan isolator. Pada materi ini akan dibahas pengertian benda-benda konduktor dan isolator, benda-benda yang termasuk konduktor dan isolator, serta pemanfaatan benda-benda konduktor dan isolator. untuk lebih jelasnya mari kita baca pembahasan materi kelas 5 tema 6 semester 2 dibawah ini.

Judul  : Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator 
Link    : Penjelasan materi kelas 5 tema 6 subtema 3
REKOMENDASI BACAAN
Penjelasan materi kelas 5 tema 6 subtema 2
Latihan soal-soal kelas 5 tema 6 subtema 2
- Penjelasan materi kelas 5 tema 6 subtema 3
Latihan soal-soal kelas 5 tema 6 subtema 3

Benda-benda Penghatar Panas
Pada dasarnya benda-benda dapat dibedakan menjadi dua ketika mendapatkan panas. pertama ada benda yang bisa langsung panas pada saat diberi panas, artinya benda tersebut dapat menghantarkan panas dengan baik. kedua terdapat juga benda yang sama sekali tidak panas pada saat diberi panas artinya benda tersebut tidak bisa menghantarkan panas.

Konduktor dan Isolator
Berdasarkan sifat benda pada saat menerima panas, benda-benda dapat dibedakan menjadi dua macam jenis benda yaitu benda konduktor dan benda isolator.

Pengertian Konduktor dan Isolator
Benda-benda konduktor adalah benda-benda yang dapat menghantarkan panas dengan cepat sedangkan benda-benda isolator adalah benda-benda yang tidak dapat dan tidak cepat  ketika benda tersebut menghantarkan panas.

Contoh Benda-benda Konduktor dan Isolator
Contoh benda-benda konduktor adalah benda- benda yang terbuat dari bahan logam seperti besi, baja, aluminium, kuningan, tembaga, seng, dan lain-lain. Dapat juga dikatakan panci wajan, sendok, garpu, pisau merupakan benda-benda konduktor. Sedangkan meja, lemari,  plastik kain, baju, kapas merupakan contoh dari benda-benda isolator.
Pemanfaatan Bahan-bahan Konduktor dan Isolator
Terdapat berbagai macam alat-alat rumah tangga yang memanfaatkan bahan dasar konduktor dan isolator dalam menjalankan fungsi dari alat tersebut antara lain:

1.  Logam
Benda-benda yang terbuat dari logam pada dasarnya bersifat mudah dalam menghantarkan panas, Oleh karena itu logam merupakan contoh bahan konduktor panas yang baik. Pemanfaatan bahan-bahan logam banyak digunakan untuk alat-alat dapur misalnya wajan, panci, dan cerek. 

2.  Kayu dan Plastik / Ebonit
Kayu dan plastik merupakan benda yang lambat dalam menghantarkan panas. Oleh karena itu kayu dan plastik disebut isolator panas. Pemanfaatan kayu dan plastik digunakan untuk membuat pegangan atau gagang wajan, gagang sodet, gagang panci, dan gagang setrika. Dalam pemanfaatan konduktor dan isolator penggunaan bahannya bisa digabungkan misalnya wajan yang terbuat dari alumunium bersifat konduktor dikombinasikan pada pegangan wajan yang bersifat isolator dan banyak contoh lainnya

3.  Kaca
Kaca tergolong benda konduktor, karena mudah menghantarkan panas namun tidak sebagus logam. Ketika terkena panas kaca terdapat dua jenis ada yang mudah pecah ada juga yang tahan panas sehingga tidak mudah pecah. Kaca yang tahan panas digunakan untuk peralatan dapur, misalnya panci, tutup panci, tutup oven. 

4.  Kain (Bahan Sandang)
Kain termasuk benda isolator, karena sifat kain yang tidak bisa menghantarkan panas. Bahan kain selain digunakan untuk bahan sandang, kain sering dimanfaatkan orang sebagai bahan dasar membuat comel. Comel digunakan untuk pegangan tangan ketika ingin mengangkat panci panas. Sehingga dengan adanya kain yang bersifat isolator maka tangan tidak merasa kepanasan.

5.  Termos
Benda yang digunakan agar suhu didalamnya tidak cepat berubah adalah termos. Termos sengaja dibuat menggunakan bahan konduktor pada lapisan dalamnya dan isolator pada lapisan luarnya. Suhu air pada termos akan bertahan lama karena energi panas tidak dapat merambat keluar. Termos pada dasarnya terbuat dari kaca berdinding dua lapis. Di antara kedua dinding tersebut terdapat ruang hampa udara (vakum). Ruang hampa udara berfungsi sebagai isolator dengan tujuan panas tidak dapat merambat. Termos terbuat dari bahan kaca yang mengkilap pada dinding bagian dalamnya. Bahan kaca mengkilap bertujuan memantulkan kembali energi panas sehingga energi tersebut tetap berada di dalam termos. Bahan pelapis luar pada termos bersifat isolator. 

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator 
  1. Benda dapat dikelompokkan menjadi dua macam jika berdasarkan sifat benda dalam menghatar panas, yaitu benda konduktor dan isolator.
  2. Peristiwa perpindahan panas dari suhu tinggi suatu zat ke zat yang bersuhu rendah dan melalui suatu media penghantar disebut Konduksi 
  3. Benda yang cepat menghantarkan panas dengan baik disebut benda-benda konduktor. Contoh benda-benda konduktor panas adalah logam dan kaca.
  4. Benda yang  tidak dapat menghantarkan panas seperti kayu, plastik dan kain merupakan benda-benda isolator.
  5. Alat-alat rumah tangga, seperti wajan, cerek, panci, dan setrika. merupakan alat-alat yang memanfaatkan benda-benda konduktor dan isolator.
  6. Kayu, plastik, dan kain digunakan untuk membuat alat- alat rumah tangga, seperti: gagang wajan, pegangan cerek, pegangan setrika, dan campel.
Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator 
Demikianlah Pembahasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Konduktor dan Isolator, semoga materi ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana isi materi inti dari tema 6 subtema 3 kelas 5 SD. Kritik dan saran sangat admin harapkan demi kemajuan blog pendidikan walikelassd ini. termahkasih dan semoga bermanfaat.. amiennn.

Post a Comment

0 Comments