Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Kelas 2 SD Tema 4 Subtema 1 Tentang Ruas Garis Bangun Datar & Bangun Ruang

Materi Kelas 2 SD Tema 4 Subtema 1  Tentang Ruas Garis Bangun Datar & Bangun Ruang
Materi Kelas 2 SD Tema 4 Subtema 1  Tentang Ruas Garis Bangun Datar & Bangun Ruang 


Sebelum menentukan ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang terlebih dahulu kita harus mengenal macam-macam bangun datar & bangun ruang itu sendiri. Macam-macam bangun datar terdiri dari persegi, persegi panjang, segi tiga, bela ketupat, trapesium, layang-layang dan lingkaran, sedangkan macam-macam bangun ruang terdiri dari balok, kubus, limas, prisma, tabung, kerucut dan bola.

Baca Juga
  1. Materi Kelas 2 Tema 1  Subtema 1
  2. Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1
  3. Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 2
  4. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1
  5. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 2
  6. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 3
  7. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 4
  8. Materi Kelas 2 Tema 6 Subtema 1
  9. Materi Kelas 2 Tema 6 Subtema 2
  10. Materi Kelas 2 Tema 7 Subtema 1
  11. Materi Kelas 2 Tema 8 Subtema 1
  12. Materi Kelas 2 Tema 8 Subtema 3

MATERI KELAS 2 SD TEMA 4 SUBTEMA 1  TENTANG RUAS GARIS BANGUN DATAR & BANGUN RUANG 

PENGERTIAN RUAS GARIS BANGUN DATAR & BANGUN RUANG

Berdasarkan ilmu Geometri sebagian garis yang dibatasi oleh dua titik ujung yang berbeda disebut dengan ruas garis. Dapat juga dikatakan pada ujung-ujung garis terdapat dua titik yang saling terhubung.

BANGUN DATAR & BANGUN RUANG


Bangun datar merupakan bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh ruas garis (Imam Roji, 1997). Bangun datar juga dapat dikatakan sebagai bangun yang memiliki permukaan rata dan berbentuk dua dimensi.

Suatu bangun yang memiliki ruang di dalamnya, terdapat volume dan memiliki panjang, lebar dan tinggi di sebut bangun ruang.


MATERI KELAS 2 SD TEMA 4 SUBTEMA 1  TENTANG RUAS GARIS BANGUN DATAR & BANGUN RUANG 

A. RUAS GARIS BANGUN DATAR

1. Ruas Garis Pada Bangun Datar Persegi
    Dalam memahami mana  Ruas Garis Pada Bangun Datar Persegi dapat di perhatikan pada gambar persegi a, b, c dan d.

Ruas garis pada bangun datar persegi dapat kita lihat pada gambar persegi a, b, c dan d diatas. Pada bangun datar persegi terdapat 4 macam titik sudut yaitu titik sudut a, b, c, dan d, persegi memiliki 4 macam ruas garis yang berhadapan berpasang-pasangan. ke 4 ruas garis tersebut adalah ruas garis ab, bc, cd, dan da. Ruas garis pada bangun datar persegi juga memiliki panjang ukuran yang sama dimana panjang ab=bc=cd=da. 


2. Ruas Garis Pada Bangun Datar Segi Tiga
    Untuk menentukan mana  ruas garis pada bangun datar segi tiga dapat di perhatikan pada gambar segi tiga  a, b, c dibawah ini.

Ruas garis pada bangun datar segi tiga dapat kita lihat pada gambar segi tiga a, b, dan c  diatas. Pada bangun datar segi tiga terdapat 3 macam titik sudut yaitu titik sudut a, b, dan c, segi tiga memiliki 3 ruas garis. Ruas garis tersebut adalah ruas garis ab, bc, dan ca. Ruas garis pada bangun datar segi tiga juga memiliki panjang ukuran tertentu sesuai dengan jenis segi tiganya.


Baca Juga
    ·    Rangkuman materimatematika kelas 4 SD

3. Ruas Garis Pada Bangun Datar Layang-layang

    Ruas garis pada bangun datar layang-layang  dapat di perhatikan pada gambar layang-layang   a, b, c dan d dibawah ini.

Ruas garis pada bangun datar layang-layang berdasarkan  gambar layang-layang a, b, c dan d diatas terdapat 5 macam titik sudut yaitu titik sudut a, b, c, d dan titik pusat o, layang-layang memiliki 4 ruas garis bagian luar 2 ruas garis bagian dalam yang saling berpotongan di titik o. Ruas garis tersebut adalah ruas garis ab dan bc. 

MATERI KELAS 2 SD TEMA 4 SUBTEMA 1  TENTANG RUAS GARIS BANGUN DATAR & BANGUN RUANG 

B.  RUAS GARIS BANGUN RUANG
      Ruas garis bangun ruang yang admin pilih pada kesempatan ini adalah ruas garis bangun ruang limas. Agar lebih memahami ruas garis pada bangun ruang limas  dapat di perhatikan pada gambar limas a, b, c dan d dibawah ini.

Ruas garis (rusuk), sisi, dan titik sudut bangun ruang limas

Ruas garis pada bangun ruang limas dapat diperhatikan berdasarkan  gambar limas a, b, c dan t diatas. Pada bangun ruang limas segi tiga terdapat 4 macam titik sudut yaitu titik sudut a, b, c, dan titik t, memiliki 6 ruas garis yaitu ruas garis ab, bc, ca, at, bt, dan ct. limas juga memiliki 4 sisi yaitu sisi abt, bct, act, dan sisi alas abc. Selain itu limas segi tiga juga memiliki 4 titik sudut antara lain titik sudut a, b, c, dan t 

Baca Juga
MATERI KELAS 2 SD TEMA 4 SUBTEMA 1  TENTANG RUAS GARIS BANGUN DATAR & BANGUN RUANG 

Demikianlah materi kelas 2 sd tema 4 subtema 1 tentang ruas garis bangun datar dan bangun ruang yang dapat admin bagikan. semoga dengan materi yang admin tulis ini dapat memperkaya informasi kia sebagai seorang guru dan menambah wawasan bagi siswa yang membacanya. 

Sekian terima kasih.

Post a Comment

0 Comments