Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1, 2, 3 Tentang Konversi Satuan Panjang

Tangga Konversi Satuan Panjang
Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1, 2, 3 Tentang Satuan Panjang
Menggunakan alat ukur satuan panjang tidak baku
Sebelum mendalami materi kelas 2 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1, 2, 3  tentang satuan panjang, Kamu harus tahu sejarah orang-orang zaman dahulu bagaimana ia mengukur benda. Pada zaman dahulu banyak orang menggunakan alat ukur panjang tak baku. Alat ukur panjang tersebut masih sangat tradisional dan belum menggunakan satuan panjang seperti sekarang ini. Sebelum ada alat ukur yang modern orang-orang mengunakan satuan depa, satuan jengkal, dan satuan langkah.

Mengukur  dengan alat satuan panjang tidak baku
 Satuan panjang menggunakan satuan depa, satuan jengkal, dan satuan langkah tersebut menghasilkan panjang yang berbeda-beda dan cenderung hasilnya tidak akurat. Ketidak akurat hasil pengukuran ini disebabkan oleh faktor fisik pelaku pengukuran. Orang yang fisiknya lebih tinggi dan besar tentu akan menghasilkan ukuran yang lebih panjang  dibandingkan dengan orang yang lebih kecil dan pendek.
Menggunakan alat ukur satuan panjang baku
Mengukur panjang benda dengan satuan sentimeter (cm)
Pada materi kelas 2 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1, 2, 3  tentang satuan panjang ini kamu akan mengukur menggunakan penggaris. Kamu tentu memiliki penggaris. Berapa panjang penggarismu, ada berbagai jenis ukuran penggaris. Pada penggaris panjang dari angka 0 ke angka 1 adalah 1 cm bila pada penggaris kamu terdapat angka dari 0 sampai dengan 30 berarti panjang penggarismu adalah 30 cm. Bagaimana cara mengukur menggunakan penggaris? untuk menjawab pertanyaan tersebut ayo perhatikan gambar dibawah ini.

Mengukur dengan  satuan panjang cm menggunakan penggaris
Ketika kamu ingin mengukur menggunakan penggaris, terlebih dahulu kamu akan mendekatkan benda yang kamu ukur dengan penggarismu. Jika ingin mengukur buku maka letakkan salah satu ujung sisi buku di angka nol (0) pada penggarismu,  coba kamu lihat ujung sisi buku yang satunya terletak pada angka berapa? ternyata terletak pada angka 20. Artinya panjang buku itu 20 sentimeter atau bisa di tulis 20 cm.
Mengukur panjang benda dengan satuan meter (m)
Bagaimana mengukur benda dengan panjang  yang lebih dari 30 cm tentu saja mengukur dengan menggunakan penggaris akan lebih repot. Ketika kamu pergi ke tukang jahit untuk membuat baju penjahit tentu pasti mengukur beberapa bagian tubuhmu. Tentu penjahit tidak menggunakan alat ukur penggaris bukan, tetapi menggunakan meteran karena menggunakan penggaris akan lebih repot dan sulit.  perhatikan gambar mengukur bambu dibawah ini.

Mengukur dengan satuan panjang meter (m)

Panjang banbu = 3 penggaris 30 cm  + 1 penggaris 10 cm
                         = 30 cm penggaris  + 30 cm penggaris + 30 cm  penggaris + 10 cm penggaris
                         = 100 cm panjang bambu

Jadi panjang bambu adalah 100 cm
100 cm = 1 m

100 cm sama dengan 1 m, jadi bila benda yang panjangnya 200 cm berarti panjangnya 2 m. dikarenakan nilai 1 m sama dengan nilai 100 cm.

Mengubah panjang benda dalam satuan sentimeter (cm) dan satuan meter (m)
Sebatang pohon kelapa memiliki ketinggian 2 m lebih 50 cm. Jika kita ingin mengubah tinggi pohon kelapa kedalam satuan panjang sentimeter (cm) maka dapat di hitungan seperti penjelasan di bawah ini.

Panjang pohon kelapa
2m  + 50cm  = 1m + 1m + 50cm
                     = 100m + 100m + 50cm
                     = 250 cm

Jadi tinggi pohon kelapa 2 m 50 cm sama dengan 250 cm

Agar kamu lebih paham bagaimana cara mengubah satuan panjang tertentu perhatikan gambar anak tangga konversi satuan panjang di bawah ini
Tangga Konversi Satuan Panjang
Berdasarkan gambar tangga konversi satuan panjang di atas maka dapat dipahami bahwa satuan panjang baku dari yang paling kecil sampai ke yang paling panjang dimulai dari anak tangga yang paling bawah yaitu kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), sentimeter (cm), dan milimeter (mm). Setiap turun satu tangga dikalikan 10 dan bial naik 1 tangga dibagikan 10.

Contoh soal
100 cm = ... m
           
Jawab
100 cm = 100 dibagi (2 x naik anak tangga)
             = 100 dibagi (10 x 10)
             = 100 dibagi 100 atau 100/100
             = 1 m
Jadi nilai 100 cm jika di ubah kesatuan m adalah 1 m

Contoh soal lainnya 
15  dm = ... mm
           
Jawab
15 dm   = 15  dikali (2 x turun anak tangga)
             = 15  dikali (10 x 10)
             = 15  dikali 100 atau 15 x 100
             = 1.500 mm
Jadi nilai 15 dm jika di ubah kesatuan mm adalah 1.500 mm


Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1, 2, 3 Tentang Satuan Panjang
Demikianlah Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1, 2, 3 Tentang Satuan Panjang yang admin bagikan, semoga materi kelas 2 tema 5 ini dapat membantu baik pemahaman materi alat ukur satuan panjang maupun cara merubah dari satuan panjang sentimeter (cm) ke meter (m) atau dari satuan meter (m)  ke sentimeter (cm).

terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments