Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Menjawab Soal TKP, TIU, dan TWK Agar Lolos Tes CPNS 2019

Cara Mudah Menjawab Soal TKP, TIU, dan TWK Agar Lolos Tes CPNS 2019


Pada hari Senin, 11 November 2019 Pemerintah resmi membuka pendataran Calon Pegawai Negeri Sipil baik di kabupaten maupun kotamadya. Terdapat beberapa persyaratan  administrasi yang harus  dilengkapi dalam proses pendaftaran di https://sscasn.bkn.go.id. yang merupakan situs resmi BKN. Dokumen yang wajib di upload seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Pas Photo,  surat lamaran, ijazah, transkip nilai dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah peserta resmi terdaftar sebagai peserta tes CPNS 2019 maka peserta akan mengikuti  Seleksi Kompetensi Dasar atau yang dikenal Tes SKD. Tes SKD ini terbagi kedalam 3 jenis soal yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Peserta akan dinyatakan lolos apabila nilai tes SKD ini melampaui nilai passing grade yang di tetapkan oleh pemerintah.

Berdasarkan aturan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reormasi Birokrasi Nomor 24 tahun 2019 Tanggal 11 November 2019. Nilai Minimal SKD Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebesar 80 , dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65. Ketentuan passing grade tersebut tidak berlaku peserta yang lulusan dengan pujian, peserta dari papua, papua barat dan dispora.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Tes ini sangat penting dilakukan karena Tes Karakteristik Pribadi Ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta tes itu sendiri. Soal Tes Karakteristik Ini (TKP) di buat dengan jawaban yang menuntut keputusan peserta didik dalam mengambil sikap terhadap permasalahan yang ada. Soal akan menyajikan kondisi permasalahan, peserta tes diminta untuk mengambil sikap terhadap permasalahan tersebut melalui pernyataan sikap yang tertuang pada option jawaban pilihan ganda. Artinya soal Tes Karakteristik Pribadi ini tidak menyajikan jawaban benar salah. Bagaimana cara menjawabnya dengan mudah ?
Cara mudah yang bisa dilakukan adalah harus memahami dulu permasalahan yang disajikan soal, baru dapat menentukan sikap. Akan tetapi permasalahan soal disajikan dengan teks yang panjang yang bisa menghabiskan waktu 4-5 menit untuk memahami permasalahan satu soal saja. Nah... disinilah peserta tes harus banyak-banyak latihan cepat memahami permasalahan yang disajikan tentu saja membaca cepat dan memahami persoalan menjadi senjata ampuh melewati Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ini.

Berdasarkan keterangan  Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)  Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa soal-soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ini tidak jauh berbeda dengan soal-soal tahun lalu, Namun soal-soal TKP kali ini lebih dipermudah terutama bahasa yang digunakan dalam memaparkan persoalan sehingga peserta bisa memahami soal-soalnya lebih cepat dan option jawaban yang digunakan lebih jelas.


Tes Intelegensi Umum (TIU).


Tes Intelegensi Umum (TIU) ini bertujuan mengukur tingkat kualitas intelektual peserta tes sering juga disebut tes kecerdasan atau tes yang mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Peserta tes yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi akan memiliki proses berpikir yang berkualitas, dengan wawasan yang luas maka peserta tes lebih efektif dalam memecahkan permasalahan yang ada. Hal ini berdampak positif pada psikologi peserta tes yang memiliki intelektual tinggi tersebut. Tidak tertekan dengan kerumitan soal serta tidak cemas dengan permasalahan yang dihadapi pada saat tes merupakan dampak yang sangat terasa bagi peserta tes. Merasa cemas dan stres pada saat tes merupakan dampak yang terasa apabila peserta tidak mampu untuk memecahkan permasalahan soal Tes Intelegensi Umum ini.
Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan bersikap tenang, tidak terbeban serta perbanyak latihan menjawab soal soal TIU merupakan cara jitu yang bisa dilakukan dengan mudah. Tersedianya banyak buku-buku latihan soal CPNS serta simulasi CAT soal tes CPNS yang bertaburan di dunia maya juga menjadi jawaban untuk melewati tes TIU ini. Belum lagi nilai passing grade TIU yang ditetapkan pemerintah juga turun dari tahun lalu.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).


Sesuai dengan judul tesnya, Tes TWK ini bertujuan untuk mengukur wawasan peserta tes tentang berbangsa bernegara. Biasanya tes TWK ini mencakup masalah Undang-undang 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2019 ini bisa memuat masalah Radikallisme hal ini berdasarkan apa yang sudah dibocorkan oleh Bapak Bima Haria Wibisana Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak membaca buku-buku bertema kebangsaan itu cara mudah yang bisa dilakukan. akan tetapi berdasarkan pengalaman penulis untuk menjawab soal-soal bertema kebangsaan ini cukup dengan hobi menonton canel tvone  serta mengandalkan nalar alhamdullilah bisa melewati nilai passing grade.


Lolos atau tidaknya tergantung dari usaha dan do'a, karena yang sangat menentukan adalah Allah yang mengetahui, bilapun gagal bukan berarti kita tidak bisa sukses, banyak kok diluar sana orang-orang yang lebih sukses dari PNS. yang terpenting tetap semangat dalam menjalani hidup...
Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments