Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2, Pembelajaran 1-6 Tentang Hak & Kewajiban

Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2, Pembelajaran 1-6 Tentang Hak & Kewajiban
Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2, Pembelajaran 1-6 Tentang Hak & Kewajiban

MATERI KELAS 6 TEMA 6 SUBTEMA 2 TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN
Materi Tema 6  menuju masyarakat sejahtera, subtema 2 membangun masyarakat sejahtera kelas 6 semester 2 kurikulum 2013 ini merupakan materi yang admin susun dengan merangkum buku siswa tema 6 subtema 2 Kurikulum 2013 revisi 2018. Adapun materi ini tentang hak dan kewajiban sebagai Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA

HAK SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA
Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang, atau sesuatu yang harus di terima oleh seseorang.  Pada pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara ditentukan dan terdapat banyak jenisnya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia yang tercantum pada UUD 1945 antara lain :

Hak Mendapat Perlindungan Hukum
Setiap warga negara Indonesia berhak mendapat perlindungan hukum. Hak ini dapat diperoleh warga negara indonesia salah satunya dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukum juga dapat diberikan atas kekayaan intelektual seseorang seperti hak cipta. misalkan dalam penerbitan buku, yang di berikan hak cipta adalah penerbit dan penulis buku tersebut


Hak Atas Pekerjaan dan Penghidupan Yang Layak
Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hak ini dapat di peroleh bagi warga yang mengikuti pelatihan membatik. Melalui pelatihan membatik di harapkan kepada warga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui skill yang di peroleh dari pelatihan tersebut. Dengan tujuan akan menciptakan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.


Hak Mendapat Pendidikan dan Pengajaran
Untuk mencapai tujuan nasional tentu hak mendapat pendidikan dan pengajaran harus dipastikan dapat diterima oleh setiap warga negara indonesia. Pemenuhan hak warga negara Indonesia ini akan mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan tujuan nasional bangsa Indonesia.

Hak Mengemukakan Pendapat
Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan hak mengemukakan pendapat. Dalam pemilu untuk mendapatkan hak mengemukakan pendapat ini terdapat batasan umur, dimana harus diatas 17 tahun atau sudah menikah. melaksanakan hak dalam pemilu merupakan termasuk hak mengemukakan pendapat.

  Agar lebih paham berikut hak-hak warga negara Indonesia yang tercantum  dalam Undang-Undang
  Dasar 1945
No.
Hak-Hak Warga Negara Indonesia
Ketentuan dalam UUD 1945
1.
Mendapat perlindungan hukum
Pasal 27 ayat 1
2.
Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak
Pasal 27 ayat 2
3.
Ikut serta dalam upaya bela negara
Pasal 27 ayat 3
4
Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat
...
5.
Kemerdekaan memeluk agama dan beribadah menurut agama masing-masing
...
6
Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
...
7
Mendapat pendidikan dan penghudupan yang layak
...
8
Bebas memelihara nilai-nilai budaya nasional
...
9
Memanfaatkan sumber daya alam
...
10
Fakir miskin, anak yatim dan terlantar dipelihara oleh negara
...
11
Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan
...


MANFAAT PEMENUHAN HAK SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban,  Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang.  Dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban. Bahkan kewajiaban hendaknya dilakukan terlebih dahulu dari pada hak. Banyak manfaat yang terasa bagi warga masyarakat jika hak terpenuhi. Manfaat lain dapat dipahami berdasarkan pemenuhan hak, misalkan manfaat dari pemenuhan hak mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak, manfaat dari pemenuhan hak ini akan meningkatkan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi pengangguran yang ada.


MEMPERTAHANKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
Setiap warga negara memiliki hak yang sama tanpa terkecuali. persamaan hak warga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai macam kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakan hak-hak warga negara secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antar warga negara. sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia misalkan melestarikan budaya daerah sebagai akar dari budaya nasional, berkompetisi dan meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antar sesama dan menaati aturan yang berlaku.

Mempertahankan kemerdekaan tidak perlu dengan angkat senjata, mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang harus dilakukan adalah tindakan yang positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antar keluarga, masyarakat dan warga negara. Selain itu tindakan menghargai perbedaan  yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai dasar perpecahan.


LATIHAN SOAL-SOAL MATERI TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 6

  1. Jelaskan pengertian hak ...
  2. Bagaimana sikap kita di sekolah yang mencerminkan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia ...
  3. Jelaskan isi Pasal 28 Ayat 1 ...
  4. Apa manfaat mempertahankan kemerdekaan ...
  5. Fakir miskin, anak yatim dan terlantar dipelihara oleh negara merupakan bunyi Pasal ...
  6. Jelaskan mengapa kita harus melaksanakan kewajiban dahulu baru mendapatkan hak ...
  7. Sebutkan tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia ...
  8. Bagaimana cara kita menyikapi perbedaan agama yang ada ...
  9. Sebutkan contoh dalam kehidupan bernegara dari hak mendapatkan perlindungan hukum ...
  10. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tujuan ... Indonesia

Demikianlah info Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2, Pembelajaran 1-6 Tentang Hak & Kewajiban

Terima kasih sudah membaca tulisan ini, Admin berharap tulisan ini menjadi bahan rujukan bagi wali kelas 6 SD yang lain, dan menjadi bahan pelajaran untuk siswa-siswi kelas 6 diseluruh pelosok tanah air Indonesia ini. Kritik dan saran sangat kami harapkan dan  terakhir salam guru hebat Indonesia.

Post a Comment

0 Comments