Pengertian Hasil Belajar dan Prestasi Belajar

Hasil belajar dan prestasi belajar SDN 1 Babat


Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Nana Sudjana (2009: 3) mendefinisikan hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Menurut Gronlund (dikutip Khodijah, 2006), hasil belajar adalah suatu hasil yang diharapkan dari pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rumusan perilaku tertentu. Sedangkan menurut Susanto, (2013) hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah belajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak proses belajar.

Berdasarkan pengertian hasil belajar di atas, disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar yang dilakukannya. Kemampuan-kemampuan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar dapat dilihat melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan tingkat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. 

Hasil belajar yang akan disampaikan dalam artikel ini adalah hasil belajar kognitif yang diperoleh setelah mengikuti pembelajaran selama satu semester atau sering disebut Penilaian Akhir Semester (PAS). Selama satu semester ganjil mempelajari pokok bahasan berupa tema-tema yang berisi muatan mata pelajaran, yang mencakup tiga tingkatan yaitu pengetahuan (C1), pemahaman (C2), dan penerapan (C3). Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif adalah tes yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat.


Pengertian Prestasi Belajar
           Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dinyatakan bahwa prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditentukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Sedangkan menurut Oemar Hamalik (2005:68) menyatakan bahwa prestasi belajar merupakan sesuatu yang dibutuhkan seseorang untuk mengetahui kemampuan setelah melakukan kegiatan yang bersifat belajar, karena prestasi adalah hasil belajar yang mengandung unsur penilaian, hasil usaha kerja dan ukuran kecakapan yang dicapai suatu saatest  belajar.  

           Adapun  pendapat  dari   Wijayah  Kusumah   dan  Dedi Dwitagama (2009:153) mengatakan bahwa prestasi belajaadalah penguasaan pengetahuaatau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran,lazimnya ditunjukkan oleh nilaatau angka yang diberikan oleh guru.

          Berdasarkan beberapa pendapat diatas  dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar yang  ditampilkan dengan nilai atau angka dibuat guru  berdasarkan pedoman  penilaian  pada  masing-masing siswa berbeda, berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi yan
telah ditetapkan 

Faktor-faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar
          Usaha dakeberhasilan belajar dipengaruhi  oleh banyak faktor. Menurut  Nana SyaodiSukmadinata (2005:  162-165) faktor-faktor tersebut dapat bersumber pada dirinyatau diluar dirinyatau lingkungannya.

Faktor-faktor dalam diri individu
           Banyak faktor yanada dalam  diri  individu  situasi  pelajar yang mempengaruhi usaha dan keberhasilan belajarFaktor-faktor tersebut diantaranya:
  • Aspek jasmani mencakup kondisi dan kesehatan jasmani dari individu,
  • Aspek psikis atau rohaniah individu,
  • Kondisi intelektual individu,
  • Kondisi sosial menyangkut hubungan dengan orang lain,
  • Motivasi belajayang kuat, dan
  • Keterampilan-keterampilan yang dimilikinya, seperti keterampilan membaca, berdiskusi, memecahkan masalah, mengerjakan tugas dan lain lain.
Faktor-faktor lingkungan
Keberhasilan belajar juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar diri siswa, baik faktor fisik maupun sosial-psikologis yang berada pada lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ada  beberapa  faktoyang mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain:

FaktorInternal
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang sifatnya didalam diri siswa itu sendiri. Adapun faktor-faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya:

1)Faktor Jasmaniah, Faktor jasmaniah merupakan faktor yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh setelah mengalami proses perkembangan. Beberapa hal yang mempengaruhi ialah pancaindera yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, seperti mengalami sakit, cacat tubuh atau perkembangan yang tidak sempurna, serta tidak berfungsinya kelenjar tubuh yang membawa kelainan pada tingkah laku.

2) Faktor Psikologi, Dilihat dari sisi psikologi siswa yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh terdiri atas beberapa faktor yang perlu diperhatikan,yaitu:
  • Faktor intelektif, meliputi faktor potensial yaitu kecerdasan dan bakat serta faktor kecakapan nyata, yaitu prestasi yang dimiliki anak.
  •  Faktor Non Intelektif, yaitu unsur-unsur  kepribadian  tertentu seperti sikap, kebiasaan, minat, kebutuhan, motivasi, emosi, dan penyesuaian diri.
  • Faktor kematangan fisik maupun psikis, faktor yang berasal dari diri sendiri (internal), seperti Intelegensi, minat, sikap, dan motivasi.


Faktor Eksternal
            Faktor-faktor yang positif yang  dapat mempengaruhi  prestasi belajar yang sifatnya diluar diri siswa itu sendiri. Adapun yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa secara eksternal dapat digolongkan kedalam faktor sosial dan non sosial sebagai berikut:
  1. Faktor sosial yaitu segala sesuatu yang menyangkut hubungan antar manusia yang terjadi dalam situasisosial. Termasuk lingkungan keluarga, sekolah, teman,dan masyarakat umum.
  2. Sedangkan faktor non sosial adalah faktor-faktor lingkungan yang bukan sosial seperti lingkungan alam dan fisik, misalnya keadaan rumah, ruang belajar, fasilitas belajar, buku-buku sumber dan sebagainya.



Nilai Raport Mata Pelajaran PKn




DEMIKIANLAH NILAI RAPORT PKn DAN PRESTASI BELAJAR
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga artikel dengan judul nilai raport PKn dan prestasi belajar ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, baik untuk para guru yang ingin mengetahui hasil belajar maupun prestasi belajar yang ia teliti pada siswanya. Untuk para siswa jangan pernah menyerah mengejar prestasi, karena melalui prestasi tersebut membuktikan bahwa kerja keras selama ini mengikuti proses pembelajaran tidak sia-sia. 


Salam honety slam berprestasi
by Shien

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Hasil Belajar dan Prestasi Belajar"

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel