Monday, December 17, 2018

Pedoman Pelaksanaan Penilaian SD Kurikulum 2013

Proses pembelajaran di SDN 1 Babat

PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN

Produk lainnya dari pengembangan kurikulum 2013 adalah pedoman pelaksanaan penilaian. Pedoman ini menjadi acuan dalam melaksanakan kurikulum dan mengadakan penilaian.

Dalam kurikulum 2013 misalnya, pedoman penilaian mencakup ketentuan mengenai waktu belajar, sistem guru, perencanaan kegiatan belajar mengajar, bahasa pengantar, sistem pengajaran, bimbingan belajar dan bimbingan karier, dan penilaian. kesemuanya itu dapat di jelaskan berikut:

1. Waktu Belajar

Kurikulum 2013 menerapkan sistem semester yang membagi waktu belajar satu tahun ajaran menjadi dua bagian waktu yang masing-masing disebut semester ganjil/semester 1 dan semester genap/semester 2.

Jumlah hari belajar efektif dalam satu tahun ajaran untuk sekolah yang seperti biasa dari seni sampai sabtu yaitu 20 hari, termasuk di dalamnya waktu untuk menyelenggarakan penilaian, kegiatan kemajuan, dan hasil belajar.

Sedangkan yang sekolah-sekolah tertentu yang menerapkan sekolah 5 hari dari hari senin sampai jumat untuk waktu belajar efektif kurang dari 240 hari.

2. Sistem Guru

Sekolah Dasar (SD) dalam pelaksanaannya menerapkan sistem guru kelas atau yang sering disebut wali kelas.

Namun tidak untuk mata pelajaran pendidikan agama dan pendidikan jasmani olahraga kesehatan yang di terapkan oleh guru bidang study.

Dalam hal melaksanakan muatan lokal dan bahasa inggris untuk kurikulum 2013 sekarang tidak lagi diajarkan.

Pada saat masih menggunakan kurikulum 2016 KTSP mata pelajaran bahasa inggris dan muatan lokal di ajarkan oleh guru kelas bahkan ada yang menggunakan guru bidang study bahasa inggris.

Pada kelas rendah biasanya sekolah menempatkan guru yang lebih berpengalaman, bukan berpengalaman berdasarkan umur akan tetapi berpengalaman dari keseluruhannya.

3. Perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar

Perencanaan kegiatan belajar mengajar di tuangkan pada berbagai macam perencanaan.

Jika di lihat dari waktu perencanaan maka perencanaan kegiatan belajar mengajar di bagi menjadi :
  • Perencanaan tahunan, Perencanaan tahunan ini merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar yang disusun oleh guru kelas atau guru bidang study berdasarkan tahunan. Oleh sebab itu sekarang perencanaan tahunan ini lebih sering disebut dengan program tahunan atau Prota. Prota ini biasanya sering disusun guru pada saat awal tahun ajaran.
  • Perencanaan semester, Perencanaan semester ini merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar yang disusun oleh guru kelas atau guru bidang study berdasarkan waktu semester atau 6 bulan. Sekarang di kurikulum 2013 perencanaan tahunan ini sering disebut dengan program semester atau Promes. program semester ini sama dengan program tahunan disusun di awal tahun ajaran, akan tetapi program semester merupakan turunan yang lebih terperinci dari program tahunan.
  • Perencanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaran merupakan perencanaan yang di susun oleh guru pada waktu sebelum mengajar atau sering disebut dengan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP.

4. Bahasa Pengantar.

Bahasa pengantar yang digunakan di sekolah.baik guru atau siswa menggunakan bahasa pengantar persatuan bangsa yaitu:
  • Bahasa pengantar dalam pendidikan nasional adalah Bahasa Indonesia (Pasal 41 Undang-undang No. 2 tahun 1989)
  • Bahasa pengantar bahasa daerah bisa digunakan pada tahap awal pendidikan di sekolah dan sejauh diperlukan Pasal 42 Ayat 1 Undang-undang No.2 Tahun 1989.

5. Sistem Pengajaran
Pada pelaksanaannya Kurikulum 2013 menggunakan sistem pengajaran yang tidak jauh berbeda dengan sistem pengajaran Kurikulum 2016. Adapun sistem pengajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 antara lain :
  • Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan sistem berkelompok dan cenderung menggunakan metode kooperatif learning. Sistem berkelompok disini anak anak dibagi menjadi beberapa kelompok yang heterogen baik dari sisi latar belakang kepintaran, ekonomi, jender dan lain-lain. Bila diperlukan di bentuk kelompok berdasarkan keperluan dan tujuan pengajaran.
  • Kegiatan belajar mengajar pada dasarnya mengembangkan kemampuan psikis dan fisik serta kemampuan penyesuaian sosial siswa secara utuh. Dalam rangka menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke tingkat SMP sederajat. Perlu dilaksanakan pengembangan sikap bertanggung jawab dalam belajar dan mengemukakan pendapat, serta kemandirian dalam pengambilan keputusan.
  • Mengingat bermacam-macam mata pelajaran, cara penyajian pelajaran hendaknya memanfaatkan berbagai macam sarana penunjang seperti kepustakaan, alat peraga, lingkungan alam dan budaya, serta masyarakat dan narasumber.
  • Kegiatan belajar mengajar sebagai pembelajaran tambahan dapat diberikan kepada siswa. Siswa dapat mengikuti mata pelajaran tambahan sesuai dengan yang ia butuhkan. Kegiatan belajar tambahan dapat berupa kegiatan Perbaikan, Remedial, dan pengayaan

6. Bimbingan Belajar dan Bimbingan Karier

  • Perencanaan program bimbingan belajar dan bimbingan karier di tekankan pada upaya bimbingan belajar tentang cara belajra dan mengembangkan kemampuan untuk membuat perencanaan serta kemampuan mengambil keputusan
  • Program bimbingan termasuk didalam nya adalah bimbingan karier. pelayanan bimbingan ini mencakup juga bimbingan bagi siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa.

7. Penilaian

  • Penilaian kegiatan dan kemajuan belajar. Penilaian ini adalah upaya mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa untuk keperluan perbaikan dan peningkatan belajar siswa, serta untuk memperoleh umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
  • Penilaian hasil belajar. Penilaian ini adalah upaya mengumpulkan informasi untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemampuan telah dicapai oleh siswa pada akhir setiap semester atau seri disebut penilaian PAS.

Daftar Nilai Raport Semeter 1 Mapel Pendidikan Agama

Adapaun Daftar Nilai Raport Semeter I Mapel Pendidikan Agama Kelas 2 SDN 1 Babat Antara Lain Sebagai Berikut :
Daftar Nilai Raport Semeter 1 Mapel Pendidikan Agama
Keterangan :
Nilai ini merupakan nilai raport

DEMIKIANLAH ARTIKEL NILAI RAPORT SEMESTER I MAPEL PENDIDIKAN AGAMA DAN PEDOMAN PELAKSANA PENILAIAN

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga pedoman penilaian ini bermafaat bagi para guru yang sedang melakukan pengelolaan nilai raport. Sedangkan untuk daftar nilai raport mata pelajaran pendidikan agama ini dapat memberikan gambaran hasil belajar siswa.

salam honesty salam berprestasi

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan