Monday, December 10, 2018

Hasil Ulangan Remedial PAS Kelas 2 Tema I Semester 1 SDN 1 Babat

Remedial sdn 1 babat

walikelassd.com. Salam honesty salam berprestasi, pada kesempatan ini admin akan membagikan tentang artikel yang admin tulis mengenai Hasil Ulangan Remedial PAS Kelas 2 Tema I Semester 1 SDN 1 Babat. Sebenarnya untuk ulangan PAS itu sendiri sudah dilaksanakan seminggu yang lalu dan sekarang memasuki tahap pengelolaan nilai raport. Namun dari nilai ulangan PAS yang sudah admin bagikan di blog ini masi ada beberapa siswa yang nilainya belum melampaui KKM 65. Sebagai contoh untuk hasil ulangan PAS Tema 1 kemaren terdapat 5 siswa yang nilainya belum melampaui KKM sehingga ke lima siswa tersebut sudah mengikuti program remedial yang dilaksanakan senin kemarin. Sebelum admin bagikan hasilnya, ada baiknya admin jelaskan terlebih dahulu tentang remedial itu sendiri.

PENGERTIAN PROGRAM REMEDIAL
Remedial merupakan program yang diberikan guru kepada siswa yang apabila dari salah satu nilai ulangan harian, uts, dan pas  belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Program remedial ini sering di sebut juga dengan kesempatan para siswa untuk memperbaiki nilainya. Peserta program remidial adalah para siswa yang nilai kd tertentu belum melampaui KKM.

Contoh : Si A mengikuti ulangan PAS, namun nilai ulangannya pada salah satu KD 60 sedangkan KKM sekolahnya 65. artinya Si A mendapat nilai merah dengan predikat tidak tuntas. Untuk  memperbaiki nilainya maka Si A wajib mengikuti program remidial

ATURAN PENILAIAN PROGRAM REMEDIAL
Jika mengacuh pada sekolah admin aturan yang di gunakan adalah di ambil nilai KKM. artinya seberapa besar nilai remedial yang diperoleh tetap saja yang di ambil adalah nilai KKM 65 demi terwujudnya prinsip keadilan.

Contoh : Si A Nilai ulangan Pasnya 50, KKM 65 maka Si A mengikuti program remedial. Setelah di beri ulangan kesempatan ke 2 nilai Si A naik menjadi 100 dengan predikat tuntas. tetap saja untuk di ambil nilai raport Si A adalah 65 dengan predikat tuntas. Nilai 65 adalah nilai KKM.

PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL ULANGAN PAS SEMESTER I
Sebelum admin melaksanakan remedial admin lakukan penelitian terlebih dahulu untuk menggali informasi mengapa nilai mereka tidak tuntas. Dengan menggunakan teknik wawancara admin menemukan aktor penyebab nilai mereka tidak melampaui KKM antara lain :
  • 2 Siswa terkendalah dengan membaca. artinya membacanya masi mengeja.
  • 2 Siswa terkendalah dengan waktu, ketika temannya mengumpul ia mengumpulkan lembar jawaban juga padahal pekerjaannya belum selesai
  • 1 Siswa terkendalah pada pola belajar di rumah dikarenakan ia belajar tidak berpatokan pada kisi-kisi soal yang di ujikan.
Setelah informasi tersebut didapat maka untuk tahap pelaksanaan remedial admin menggunakan teknik yang beragam. Untuk 2 Siswa terkendalah dengan membaca admin menggunakan teknik pendampingan oleh teman sebaya anak itu sendiri artinya ada 1 orang siswa yang lancar membaca untuk membantu 2 orang siswa tersebut mencermati maksud soalnya. Untuk 2 siswa yang terkendalah dengan waktu pengumpulan admin panjangkan waktu menjawab soalnya. sedangkan untuk 1 siswa yang pola belajar nya tidak tepat. admin beri tahu bahwa untuk belajar di rumah membahas kisi-kisi soal yang ada di kelas digital.

HASIL REMIDIAL TEMA 1
adapun hasil remedial tema I dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
HASIL ULANGAN TEMA I SEBELUM REMEDIAL
HASIL ULANGAN TEMA I SEBELUM REMEDIAL KELAS 2 SDN 1 BABAT

     Keterangan : Nilai T adalah Nilai yang sudah Tuntas
   
Pada hasil ulangan PAS Tema 1 terdapat lima siswa yang belum memiliki nilai KD melampaui KKM. dari 8 KD yang di ujikan terdiri dari 1 KD mata pelajaran PKn, 1 KD bahas Indonesia, 3 KD matematika dan 3 KD Seni Budaya dan Prakarya. Dari 8 KD tersebut terdapat 2 KD yang di nilai sulit untuk siswa menjawabnya yaitu KD bahas Indonesia dan KD matematika. Siswa yang nilai KD tidak melampaui KKM hanya mengulang pada soal yang nilai KD nya yang tidak tuntas saja. KD yang tuntas tidak lagi di remedial.


HASIL ULANGAN SESUDAH  REMEDIAL



     Keterangan : Nilai T adalah Nilai yang sudah Tuntas

Berdasarkan hasil ulangan remedial tema 1 semua siswa yang mengikuti program tersebut mendapat nilai 100% melapaui KKM 65. KKM 65 merupakan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. dari 8 KD yang di ujikan terdapat beberapa siswa yang mendapat nilai sempurna 100 pada KD PKn, Bahasa Indonesia, Matematika dan Seni Budaya dan Prakarya. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan siswa yang mengikuti remedial mengalami peningkatan hasil belajar yang produktif.

NILAI YANG DI AMBIL UNTUK RAPORT
Nilai Remedial Yang di ambil untuk Raport
     Keterangan : Nilai T adalah Nilai yang sudah Tuntas

Berdasarkan hasil remedial 100% tuntas melampaui KKM namun untuk diambil nilainya dan di kelola bersama nilai tugas, pr, ulangan harian dan nilai lainnya yang diambil tetap nilai KKM 65. jadi walaupun nila remedialnya 100 tetap saja nilainya 65. hal ini dilakukan untuk menciptakan keadilan dalam proses penilaian.

DEMIKIANLAH HASIL REMEDIAL PAS KELAS 2 TEMA I SEMESTER I SDN 1 BABAT
Admin ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog wali kelas ini. semoga artikel tentang hasil remedial pas kelas 2 tema 1 semester 1 sdn 1 babat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. terutama bagi para siswa dan orang tua dapat memberikan informasi mengenai perkembangan anaknya. bagi yang ingin memberikan masukan demi kemajuan blog ini dan demi kemajuan pembelajaran di kelas admin silakan bapak ibu tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. lebih dan kurang admin minta maaf. akhir kata.

Salam honesty salam berprestasi

by Shien.


No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan