Hasil PAS Kelas 2 Tema 4 Semester I SDN 1 Babat.

HASIL ULANGAN PAS TEMA 4


walikelassd.com. Salam honesty salam berprestasi. Pada kesempatan ini, wali kelas akan membagikan artikel tentang Hasil PAS Kelas 2 Tema 4 Semester I SDN 1 Babat. Hasil Tema 4 ini merupakan hasil ulangan PAS yang terakhir untuk pelajaran yang admin ajarkan di kelas. Artinya setelah ini admin tinggal menunggu nilai PAS dari guru bidang study.


REKOMENDASI BACAAN

PENILAIAN KINERJA 
Penilaian autentik merupakan penilaian yang melibatkan siswa secara keseluruhan. terutama pada aspek aspek proses dan aspek-aspek yang akan di nilai. Guru dapat melakukan dengan meminta siswa untuk menyebutkan tugas-tugas apa yang akan mereka gunakan dan menentukan kriteria apa yang akan ada penyelesaiannya. Melalui inormasi ini guru dapat memberikan umpan balik terhadap kinerja siswa dalam bentuk laporan. ada beberpa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dokumen-dokumen ffisik tentang hasil penilaian kinerja antara lain:
  1. Daftar Ceklist. digunakan guru untuk mengetahui mucul atu tidaknya unsur-unsur tertentu dari indikator yang harus muncul pada suatu peristiwa atau kejadian
  2. Catatan narasi. catatan narasi digunakan guru untuk menulis catatan tentang apa yang dilakukan oleh masing-masing siswa selama melakukan tindakan. berdasarkan laporan tersebut, guru dapa menentukan seberapa baik siswa dapat memenuhi standar yang di harapkan.
  3. Skala Penilaian. Skala penilaian yang digunakan adalah skala numerik dengan predikat 1=sangat buruk, 2=buruk, 3 = cukup, 4=baik, dan  5=baik sekali.
  4. Memori atau ingatan. Memori sering digunakan oleh guru pada saat pengambilan keputusan  siswa ketika ia melakukan sesuatu. proses pengingatan tanpa melihat catatan.  Guru menggunakan ingatan dari memorinya untuk menentukan apakah peserta didik sudah berhasil atau belum.  cara ini tidak di anjurkan karena memiliki banyak kekurangan namun tetap saja ada manaatnya.


HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN PENILAIAN KINERJA.
Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan penilaian kinerja anatara lain sebagai berikut:
  1. Langkah-langkah yang dilakukan siswa harus menunjukkan kinerja nyata dalam mencapai beberapa kompetensi tertentu.
  2. Kelengkapan aspek kinerja di lakukan penilaian.
  3. Kemampuan khusus yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kinerja yang di nilai.
  4. Fokus pada kompetensi yang akan dinilai
  5. Urutan kemampuan siswa yang akan diamati ketika menyelesaikan tugas penilaian kinerja

Pengamatan atas kinerja siswa perlu dilakukan dalam berbagai aspek untuk mencapai kemampuan tertentu. Dalam menilai keterampilan berbahasa siswa, guru dapat menggunakan aspek berbicara dengan menggunakan teknik wawancara, berpidato dan berdiskusi. Melalui cara ini guru dapat mengetahui keterampilan berbicara siswa. Untuk mengamati kinerja siswa dapat menggunakan instrumen penilaian sikap, observasi perilaku, dan pertanyaan langsung.

PENILAIAN DIRI
Penilaian diri adalah suatu teknik penilaian dimana siswa diminta  untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang di pelajari dalam KD pelajaran tertentu. Penilaian diri ini termasuk juga kedalam penilaian kinerja. Teknik penilaian diri dapat digunakan duntuk mengukur kompetensi siswa aspek kognitif, aekti dan psikomotor.

PENILAIAN RANAH PSIKOMOTOR
Penilaian ranah psikomotor dapat dilakukan dengan menilai kecakapan atau keterampilan  yang telah dikuasai oleh dirinya berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.

PENILAIAN RANAH AFEKTIF
Dapat dilakukan dengan meminta siswa mengungkapkan curahan perasaannya terhadap suatu objek tertentu berdasarkan kriteria yang telah di tetapkan.


PENILAIAN RANAH KOGNITIF

Penilaian ranah kognitif dapat  dilakukan dengan menilai penguasaan pengetahuan misalkan Penilaian Akhir Semeter (PAS)

PROSES PELAKSANAAN ULANGAN PAS
Ulangan PAS Tema 4 Kelas 2 Semester I tadi di mulai pukul 07.30.-08.45.00 WIB. dari keseluruhan pelaksanaan syukur alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tidak kurang satu apapun. Siswa sangat antusias dan semangat mengerjakan soa-soalnya. hal ini tercermin dari hasil Ulangan PAS Tema 4 yang akan wali kelas bagikan.

PERBANDINGAN HASIL DARI TIAP TEMA
Seperti yang admin katakan dari awal bahwa kalu kita melihat hasil Tema 1 sampai Tema 3 maka dapat dikatakan ketuntasan siswa dalam belajar mengalami peningkatan dari setiap temanya. dimana :

HASIL TEMA I
Terdapat 26 siswa yang nilainya melampaui KKM 65 dari 31 peserta, dan 5 siswa yang nilainya tidak melampaui KKM 65 dan terkena Remidial. sehingga dapat di hitung persentase  ketuntasan siswa mencapai 83,87%.


HASIL TEMA 2

Pada hasil tema 2 persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan. dari persentase ketuntasan tema 1 sebesar 83,87% menjadi 90,32% di tema 2. ini dapat di buktikan dengan jumlah siswa yang nilainya melampaui KKM dari 26 siswa di tema 1 menjadi 28 siswa di tema 2. atau hanya 3 siswa yang predikat nilainya tidak tuntas. sehingga jika kita hitung peningkatan persentase ketuntasan dari tema 1 ke tema 2 sebesar 7,55%.


HASIL TEMA 3

Peningkatan persentase ketuntasan siswa di kelas walikelas.com ternyata berlanjut di tema 3. pada tema 3 mengalami peningkatan sebesar 3,22%. dari hasil awal tema 1 83,87% meningkat menjadi 90,32% di tema 2, berlanjut di tema 3 menjadi 93,54%. hanya terdapat 2 orang siswa yang nilainya tidak melampaui KKM 65.

HASIL TEMA 4
walikelassd.com sempat berpikir jika angka persentase ketuntasan siswa di tema 3 menyentuh 93,54% merupakan angka persentase ketuntasan siswa yang tertinggi selama pelaksanaan PAS Semester I. akan tetapi fakta bicara lain dimana persentase ketuntasan siswa di tema 4 mengalami peningkatan yang siknifikan sampai menyentuh angka tertinggi 100% siswa yang melampaui KKM 65. wow.......... 100%  100% siswa tuntas. Apa faktornya itu yang harus dipertahankan oleh para orang tua siswa di rumah. karena hasil ini tak terlepas dari usaha orang tua mengajarkan anaknya siang dan malam sebelum ulangan PAS. bayangkan apa yang kita dapat jika pola belajar di rumah seperti ini kita pertahankan setiap hari. pasti hasilnya juga  akan lebih dari ini dan tidak menutup kemungkinan akan muncul BJ HAbibie - BJ HAbibie yang lain.

Hasil PAS Kelas 2 Tema 4 Semester I SDN 1 Babat.

Keterangan : 100% Siswa Melampaui KKM 65


DEMIKIANLAH HASIL PAS KELAS 2 TEMA 4 SDN 1 BABAT

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga informasi hasil ulangan PAS ini bermanfaat bagi kita semua. dan menambah semangat kita dalam mendidik dan mengajarkan anak-anak kita ketika dirumah. admin sebagai wali kelas juga sangat berusaha memikirkan pembelajaran yang terbaik dan berkualitas bagi anak bapak ibu semua. blog ini merupakan wujud nyata dari pelayanan pendidikan bagi anak bapak ibu untuk arah yang lebih maju lagi. semga bermafaat...

Salam honesty salam berprestasi

by Shien

0 Response to "Hasil PAS Kelas 2 Tema 4 Semester I SDN 1 Babat."

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel