7 Tips Mengatasi Anak Malas Belajar.


walikelassd.com. Orang tua yang mana tidak merasa bangga jika memiliki anak yang berprestasi di sekolah. Orang tua yang mana juga yang tidak senang jika memiliki anak yang sopan, mandiri dan bertanggung jawab. memang memiliki anak yang seperti itu merupakan impian setiap orang. untuk mewujudkan impian itu tidak seperti membalikkan telapak tangan.  akan tetapi butu pembiasaan positif yang harus dimulai dari orang tuanya dulu, baru anak yang melakukannya. Berikut Admin Bagikan 7 Tips Mengatasi Anak Malas Belajar.

1. Orang Tua Jadi Panutan Bagi Anak.
           Ada pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. ini di ibaratkan jika orang tua cerdas maka anaknya cerdas juga. pendapat ini menurut para ahli tidak sepenuhnya berlaku. dikarenakan ada pepatah juga yang mematahkan pendapat tersebut yaitu orang bisa karena biasa. secerdas-cerdasnya anak jika tidak di biasakan maka kecerdasannya akan hilang. untuk membiaskan itu perlu dilakukan orang tua terlebih dahulu. jika dirumah tidak ada aktivitas belajar oleh orang tua, kakak atau ayuknya maka menyuruh anak untuk belajar sendiri itu akan sulit. tetapi bila orang tuanya yang memulai belajar maka anaknya akan mengikuti kebiasaan orang tuanya atau kakaknya. anak akan terbiasa belajar jika lingkungannya penuh aktivitas belajar.

          Sebagai contoh Thomas Alfa Edison yang dikeluarkan dari sekolanya di kelas 3 SD karena dianggap tidak mampu mengikuti pelajaran. Akhirnya menjadi ilmuan yang paling berpengaruh di dunia berkat belajar dengan ibu kandungnya.

2. Menciptakan Ruang Khusus Belajar.
          Bagi mereka yang mampu mungkin ini tidak masalah, tapi jika memang ini sudah menjadi target kita sebagai orang tua tentu segala upaya akan kita lakukan. Ruang khusus ini bisa di buat di kamar tidur anak atau ruang tamu. hanya perlu menambahkan meja belajar, buku-buku pelajaran dan warna warni yang menarik. ini semua bertujuan membangkitkan semangat belajar anak.

3. Kebutuhan Sarana Belajar Anak Terpenuhi
          Banyak sekali orang tua mengeluh akan kebutuhan sarana belajar ini. buku misalnya, jika untuk memfotocopy buku saja anak di marah, jangan harap anak akan rajin belajar. Anak akan cendrung mencari kegiatan lain jika kegiatan yang ia sukai di marahi orang tuanya. Seorang petani yang sukses pasti memiliki cangkul seperti itupun anak, anak yang rajin belajar tentu sarana kebutuhan belajarnya harus terpenuhi.

4. Anak diberi pertanyaan setiap hari
         Pertanyaan yang dimaksud disini pertanyaan tentang belajar. Sudah belajar belum hari ini? belajar di maksud belajar dirumah. bukan pertanyaan ada PR tidak hari ini? pertanyaan ini seolah-olah menjurus menyuruh belajar jika ada PR saja di tambah lagi Kurikulum 2013 tidak boleh lagi memberikan PR yang sifatnya memberatkan siswa. pertanyaan sudah belajar belum hari ini? menuntut anak untuk membiasakan belajar setiap hari minimal 1 jam di rumah ada PR atau tidak ada PR. Jika anak bisa melakukan 1 bulan full setiap hari meluangkan belajar 1 jam maka di bulan berikutnya anak akan merasa keberatan untuk meninggalkan belajar setiap hari. Orang yang ter biasa Sholat maka akan merasa keberatan jika meninggalkan sholat, dikarenakan merasa ada sesuatu yang kurang baginya. Seperti itupun belajar.

5. Memberikan Makna  Belajar Pada Anak
         Untuk memberikan makna belajar ini bisa dilakukan dengan menceritakan kisah-kisah orang sukses melalui ketekunan, kegigihan dan semangat belajar. ceritakan juga kisah-kisah orang gagal dikarenakan malas belajar. dengan begitu anak akan berpikir pigur mana yang akan dia tiru. karena anak-anak SD adalah anak yang suka meniru seseorang yang di anggapnya baik.

6. Jangan Memarahi Anak Jika dapat Nilai Jelek.
          Kebanyakan orang tua akan murka jika prestasi anaknya menurun. padahal kita tau bahwa yang namanya prestasi tersebut tidak selalu bersifat tetap bahkan naik turun. kita sebagai orang tua harus memberikan dukungan dan semangat di saat ini lah kita bisa menjanjikan sesuatu kepada anak. misal jika kamu bisa lebih baik dari ini maka ibu akan membelikan sepeda baru. dengan marah akan merusak psikologi anak saja. apa lagi sering dibilang bodoh maka psikologi anak akan merasa bahwa dirinya memang bodoh.

7. Membuat Kesepakatan Jadwal  Dengan Anak 
          Untuk membiasakan anak rajin belajar tentu harus memiliki jadwal belajar harian dimanapun dan kapanpun. Orang tua harus membuat kesepakatan dengan anak untuk membuat jadwal belajar harian 1 jam sehari saja sudah cukup. bahkan bisa dimulai dari 30 menit sehari yang penting tergantung kesepakatan. Menyusun jadwal berguna untuk mengatur kegiatan anak setiap hari. Jika anak sudah terjadwal maka anak akan terbiasa untuk belajar, dan jika anak sudah terbiasa maka anak akan menjadi anak yang rajin.


DEMIKIANLAH 7 TIPS MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, semoga dengan adanya tulisan ini kita bisa memberikan arahan dan pigur yang tepat bagi anak -anak kita.

Salam honesty salam berprestasi

by shien


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " 7 Tips Mengatasi Anak Malas Belajar."

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel