Dibentuknya WOTK 99% Pembelajaran Berkualitas

Tujuan Pembentukan WOTK (Wali Orang Tua Kelas)
Para orang tua siswa yang menghadiri rapat pembentukan WOTK Kls 2 SDN 1 Babat

walikelassd.com seperti yang anda ketahui kali ini admin akan membagikan artikel dengan judul Dibentuknya WOTK 99% Pembelajaran Berkualitas.  WOTK merupakan singkatan dari Wali Orang Tua Kelas. Nama lain dari WOTK adalah komite kelas. Artikel ini admin tulis setelah meneliti, mengamati dan merangkum apa yang dilakukan WOTK di kelas admin, kelas 2 SDN 1 Babat Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin.

Judul : Dibentuknya WOTK 99% Pembelajaran Berkualitas
Link : Dibentuknya Komite Kelas 99% Pembelajaran  Berkualitas

REKOMENDASI BACAAN
Soal  Latihan Kelas 2 Tema 4 Subtema 1
Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 
Soal-soal PR Kelas 2 Tema 4 Subtema 1
Materi Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 


DASAR PEMBENTUKAN WOTK DI SEKOLAH ADMIN
Kepala Sekolah melalui Diknas Pendidikan dan Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin menjalin kerja sama dengan Putra Sampoerna Fondation. Kerjasama ini berbentuk pelatihan-pelatihan, pendampingan/Coacing Mentoring (CM) dan Open House Sekolah. Tujuan dari pelatihan tersebut untuk memberikan skill/keterampilan mengajar kepada dewan guru yang sesuai dengan tuntutan pendidikan abad ke-21. Sehingga pada nantinya para guru tersebut memiliki kualitas pengajaran yang bermutu.

Apakah dengan kualitas guru baik, maka hasilnya akan baik?
Tentu jawabannya belum tentu, karena ada faktor lain yang mempengaruhi diantaranya faktor komunikasi dengan para orang tua siswa, serta sarana dan prasarana yang ada.  Untuk mengatasi permasalahan itu maka dibentuklah WOTK (Komite Kelas).

KEDUDUKAN WOTK
Seseuai dengan ruang lingkupnya WOTK memiliki ruang lingkup yang lebih kecil yaitu kelas. Artinya WOTK ini masih berada dibawah Komite Sekolah. Dapat juga dikatakan bahwa WOTK ini membantu peran Komite Sekolah dalam hal  menjalin komunikasi antara guru dengan para orang tua siswa serta melengkapi sarana prasarana sekolah.

TUJUAN PEMBENTUKAN WOTK
Tujuan pembentukan WOTK adalah menciptakan suasana kelas yang lebih nyaman, aman, bersih, indah dan menarik, Sehingga:

  1. Dendrit syaraf lebih aktif, membuat siswa lebih mudah dalam menerima materi pembelajaran sehingga prestasi siswa akan meningkat.
  2. Siswa akan merasa senang dan suka berada di kelas, membuat siswa rindu akan kelasnya yang berdampak pada angka absensi siswa menurun
  3. Terciptanya keharmonisan antara wali kelas dan para orang tua siswa, sehingga komunikasi tersalurkan dan para orang tua tidak merasa sungkan untuk menanyakan perkembangan anaknya di kelas menyangkut pembelajaran yang dilakukan.
  4. Guru akan lebih berkerja keras dalam mengajar, dikarenakan timbul pengawasan dari para orang tua kelas. Tantangan guru dalam memajukan siswanya akan lebih besar dari sebelumnya.
  5. Meningkatkan prestasi siswa didalam kelas tersebut bukan berdasarkan ranking tapi berdasarkan nilai dari sebelumnya. Tolak ukurnya adalah KKM

SIAPA YANG MEMILIH DAN MENGANGKAT WOTK?
WOTK dipilih dan dingakat oleh para orang tua siswa yang berada di kelas tersebut. Biasanya dilaksanakan dalam rapat.

PANDUAN DALAM MENYUSUN PROGRAM KERJA WOTK 
Panduan dalam menyususn programnya, WOTK dituntut untuk menyusun program berdasarkan kebutuhan belajar dan kendala belajar siswa, dana yang diajukan harus realistis, sistem pelaporan keuangan benar dan transparan dan mutu barang yang disediakan harus sesuai dengan harganya.

Tujuan Pembentukan WOTK (Wali Orang Tua Kelas) komite kelas
WOTK kels 2 SDN 1 Babat  memaparkan programnya

TUGAS WOTK
adapun tugas WOTK adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kebutuhan belajar siswa dan mencari kendala-kendala yang ada didalam kelas tersebut. (berkomunikasi dengan wali kelas)
  2. Mempresentasikan kebutuhan belajar siswa dengan para orang tua siswa yang lain serta mencari solusinya
  3. Menyusun program untuk dilaksanakan
  4. Menghimpun dana 
  5. Mencatat keuangan baik dana masuk maupun dana keluar dengan transparan
  6. Memberi laporan pertanggungjawabaan kepada orang tua siswa yang lainnya

DEMIKIANLAH INFORMASI DIBENTUKNYA WOTK 99% PEMBELAJARAN BERKUALIATAS
Demikianlah informasi mengenai dibentunya WOTK 99% pembelajaran berkualiatas, sebelumnya admin ucapkan terima kasih, sudah membaca artikel ini. Kritik dan saran yang membangun sangat admin harapkan, dapat di tulis pada kolom komentar dibawah ini. semoga dengan tulisan yang singkat ini dapat membangkitkan rasa kepedulian kita semua terhadap kualitas pembelajaran di kelas.

Thank you
salam honesty salam berprestasi

by Shien

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Dibentuknya WOTK 99% Pembelajaran Berkualitas"

  1. Semuanya karena kontribusi anda sebagai dewan guru, kepala sekolah, dan orang tua wali siswa.

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel