Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

materi-tema-1-kelas-2-sd-revisi

walikelassd.com - Pada postingan kali ini mimin akan membagikan materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2. Materi Pembelajaran pada tema 1 hidup rukum subtema 1 hidup rukun di rumah, pembelajaran 1 membahas muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBDP. Materi Pelajaran Tema 1 Kelas 2 SD ini mimin rangkum dari buku guru dan buku siswa revisi terbaru.

Judul : Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 Subtema 1 Pembelajaran 1
Link : Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

Rekomendasi Bacaan

Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2
Materi Pembelajaran tema 1 kelas 2 SD Subtema Hidup Rukun di Rumah terdiri dari muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBDP. Ketiga muatan pelajaran tersebut terdiri dari 3 Kompetensi Dasar yang berbeda. Tujuan pembelajaran tema 1 kelas 2, dapat dilihat pada buku guru, bisa juga dikembangkan sesuai dengan keadaan yang ada di seolah.

Tujuan Pembelajaran 1 Tema 1
  • dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut, dengan tepat.
  • dengan diberikan teks tentang percakapan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang tedapat pada teks percakapan tersebut dengan benar.
  • dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
  • dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
  • dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
  • dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesi Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan hidup rukun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah, dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat, dengan menggunakan model konkret.
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret atau benda nyata.

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SBDP Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

Media Pembelajaran Materi Tema 1 Kelas 2
Pada Materi Tematik Kls 2 Tema 1, anda dapat menggunakan beberapa media pembelajaran untuk menarik minat belajar peserta didik, demi tercapainya tujuan pembelajaran tematik subtema hidup rukun di rumah pembelajaran 1.

Jika kita melihat KD setiap mata pelajaran yang sudah dipetakan di atas, kita bisa menggunakan media kubus yang terbuat dari karton ataupun bahan lainnya. bedakan warna-warna kubus yang disediakan, ini bermnafaat untuk peralihan dari pelajaran matematika ke SBDP.

Misalnya, dikarenakan kubusnya berwarna warni, sebagai pengantar untuk memasuki materi SBDP, anda dapat memulainya dengan lagu pelangi. menyiapkan strategi pembelajaran dalam mengaitkan keterhubungan antar satu mata pelejaran dengan mata pelajaran lainnya itu sangat penting dimiliki oleh guru dalam pembelajaran tematik terpadu, sehingga pembelajaran akan terkesan menarik bagi anak-anak dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan hasil yang maksimal.

Strategi Pembelajaran Materi Tema 1 Kelas 2 SD
Mengajarkan materi kurikulum 2013, sebenarnya tidak terlalu sulit, karena semua proses pembelajaran sudah terpetakan secara terstruktur dalam buku guru, tinggal bagaiman keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru untuk mengembangkan rangkaian kegiatan pembelajaran tematik tersebut dengan lebih mengedepankan keadaaan yang ada di lingkungan sekolah.

Mendesain pembelajaran yang didukung dengan media pembelajaran yang menarik akan memotivasi peserta didik, membangun komunikasi aktif melalui pertanyaan-pertanyaan singkat, menghubungkan materi tema 1 kls 2 sd dengan permainan-permainan yang disukai anak merupakan kemampuan yang wajib dimiliki seorang guru kelas 2 SD dalam menerapkan pembelajaran kurikulum 2013.

Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 Subtema 1 Pembelajaran 1
Rangkaian kegiatan belajar pada materi tema 1 kelas 2 SD yang dikutip dari buku guru tema hidup rukun adalah sebagai berikut:

Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari serta tujuan yang akan dicapai setelah mempelajari materi pembelajaran tema 1 kelas 2.

Siswa diminat mengamati gambar keluarga yang sedang duduk santai sambil menikmati makanan ringan.

Melalui gambar tersebut, anda dapat memulai komunikasi dengan peserta didik melalui pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut, seperti bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah?.

Akan muncul jawaban yang beragam dari peserta didik, pada dasarnya jawaban mereka semua benar. karena apa yang mereka sampaikan itu timbul dari apa yang mereka lihat, selanjutnya guru sebagai fasilitator dapat memberikan penguatan atas jawaban-jawaban dari peserta didik tersebut.

Selanjutnya, siswa membaca dalam hati teks yang berjudul "ayah dan ibu menyayangi mutiara dan udin". Mengapa harus membaca dalam hati? anak-anak kelas 2 SD, belum mampu jika harus membaca cepat (skimming), selain itu jika diterapkan membaca nyaring, akan menimbulkan kegaduhan yang dapat menggangu konsentrasi belajar peserta didik lainnya.

Guru meminta salah satu atau beberapa anak secara bergiliran untuk menyampaikan apa yang mereka dapat dari teks bacaan tersebut. hal ini merupakan sebagai bentuk evaluasi dari membaca dalam hati, dari jawaban-jawaban peserta didik, akan terlihat mana peserta didik yang benar-benar membaca atau tidak.

Guru memberikan penguatan dengan cara membaca kembali teks tersebut, dengan memberikan penekanan pada kalimat-kalimat yang menggunakan ungkapan serta menjelaskan arti dari ungkapan-ungkapan tersebut.

Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan ungkapan-ungkapan yang sering mereka dengar, ataupun ungkapan-ungkapan yang mereka ketahui.

Sebagai bentuk evaluasi dari kegiatan pembelajaran ini, guru bisa meminta peserta didik untuk memperagakan percakapan yang ada dibuku siswa, kemudian siswa lainnya memberi tanggapan ungkapan apa yang ada dalam percakapan yang diperagakan oleh temannya di depan kelas.

Ini merupakan uraian singkat pembelajaran materi tema 1 kelas 2 SD, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada buku guru kelas 2 SD Kurikulum 2013 revisi terbaru. Semoga ini bisa menjadi salah satu refrensi bagi para pembaca, khususnya yang berprofesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar.

Demikian Info Tentang Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 SD
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga apa yang mimin sampaiakan dalam artikel ini menjadi sumbangan pemikiran bagi tenaga pendidik dalam menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 di kelas 2 SD. Materi tema 1 kelas 2 yang ada dalam artikel ini bersumber dari buku guru kelas 2. Untuk bahan perbaikan dalam menulis artikel blog yang berikutnya, mimin sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, melalui kolom komentar yang sudah mimin sediakan untuk anda isi. Jika nantinya artikel ini bermanfaat, silakan di share ke teman sejawat ya.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 Subtema 1 Pembelajaran 1. Link artikel ini adalah https://www.walikelassd.com/2018/11/materi-pembelajaran-tema-1-kelas-2-sd-k13-revisi.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 2 Subtema 1 Pembelajaran 1"

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel