Kriteria-kriteria Penyusunan Alat Evaluasi Penilaian Akhir Semester Kelas 2 Semester Ganjil

walikelassd.com Salam honesty salam berprestasi, sebelumnya admin mohon izin dulu untuk menyampaikan tentang artikel yang admin posting ini. Artikel ini berjudul Soal-soal Latihan Kelas 2 Menghadapi Ulangan Semester Ganjil Jilid 1. artikel ini admin tulis setelah merangkum Buku Siswa Tema 4 Kelas 2 Sekolah Dasar.

Judul : Soal-soal Latihan Kelas 2 Menghadapi Ulangan Semester Ganjil Jilid 1
Link : Soal-soal Latihan Menghadapi Ulangan Semester Ganjil Jilid 1

REKOMENDASI BACAAN
Soal-soal  Latihan Kelas 2 Tema 4 Subtema 1
Soal PR Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4
Dibentuknya WOTK 99% Pembelajaran Berkualitas


KRITERIA PENYUSUNAN ALAT EVALUASI PENILAIAN PAS

Kriteria-kriteria yang harus diperhatikan dalam menyusun alat evaluasi setidaknya ada tiga. Ketiga kriteria tersebut adalah validitas, reliabilitas, dan dapat dilaksanakan dengan efektif.

1. Kriteria Validitas
          Validitas yang dimaksud adalah valid benar dan tepat. alat evaluasi yang disusun tersebut teruji kebenarannya dan ketepatan dalam mengukur konsep atau materi yang ingin diukur.  Nantinya alat evaluasi tersebut memang mengukur apa yang seharusnya di ukur. Apabila tes yang disusun untuk mengukur hasil belajar siswa maka hasil tes yang valid dan tepat akan mengukur tingkat penguasaan siswa terhadap hasil belajar yang ditargetkan.

         Salah-satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah soal yang di gunakan memang benar-benar valid atau tidak, guru dapat menganalisisnya dengan melihat kembali rumusan kemampuan yang di harapkan dimiliki oleh siswa. Soal yang valid adalah merangkap kemampuan yang sama dengan kemampuan yang tertuang pada rumusan indikator soal. Tes yang valid adalah tes yang memang tes yang cocok dan sesuai terhadap tujuan materi yang akan di ukur.

2. Reliabilitas
         Reliabilitas merupakan kriteria yang mengacu pada ketepatan alat ukur dalam menilai apa yang seharusnya dinilai. Alat ukur yang reliabel akan memberikan hasil yang sama kapan pun alat ukur tersebut digunakan pada siswa yang sama. Contoh jika minggu kemaren anda memberikan tes pada KD mata pelajaran matematika tentang bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas 2. Minggu berikutnya siswa yang sama ada tes lagi dengan menggunakan soal yang sama. tes yang sama dinilai memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi apabila hasil pada kedua tes tersebut relatif sama.

3. Dapat dilaksanakan dengan efektif
         Pada kriteria ini alat evaluasi berupa tes tersebut dilihat dari aspek efektivitas biaya dan waktu untuk dilaksanakan. kriteria ini juga mengharuskan bagaimana caranya agar kemudahan alat ukur tersebut dapat disusun baik berupa soal, kunci jawaban, pensekoran dan kemudahan untuk di jawab oleh siswa juga dipertimbangkan untuk dilaksanakan. Se bagus-bagusnya alat ukur akan tidak berguna dan tidak ada manfaatnya jika alat ukur tersebut tidak dapat dilaksanakan. Pada umumnya faktor penyebabnya adalah biaya yang diperlukan untuk di laksanakan sangat besar atau pun waktu yang diperlukan sangat lama. Kedua hal tersebut merupakan alasan umum untuk tidak dapat di laksanakan.

           Dengan mengembangkan alat evaluasi yang sesuai dengan kriteria tersebut. diharapkan hasil evaluasi yang diperoleh siswa akan benar-benar mengambarkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa tersebut. Dengan demikian guru akan libih mudah dalam mengambil kebutusan berdasarkan hasil evaluasi tersebut.


JENIS-JENIS ALAT EVALUASI PAS
           Guru dapat mengembangkan berbagai jenis-jenis alat evaluasi yang dapat di gunakan pada penilaian akhir semester.  Jenis-jenis alat evaluasi yang akan digunakan tergantung dengan kemampuan apa yang akan di ukur. Secara garis besar ada dua jenis alat evaluasi yanga akan digunakan pada penilaian akhir semester yaitu tes dan non tes. contoh alat evaluasi nontes adalah skala sikap, observasi, angket, dan daftar cek. Sedangkan alat evaluasi tes biasanya menggunakan soal-soal.

PENGERTIAN TES DAN JENIS JENIS TES YANG DAPAT DIGUNAKAN PADA PAS
           Tes adalah seperangkat pertanyaan atau pernyataan yang menuntut siswa untuk memberikan jawaban yang akan nilai dengan benar salah dari jawaban yang diberikan oleh siswa. Jika dilihat dari bentuk jawaban siswa maka akan ada 3 jenis tes yang digunakan yaitu tes lisan, tertulis dan tes kinerja. Tes liasan di gunakan apabila guru menghendaki jawaban siswa untuk di ucapkan dengan kata-kata dalam konteks berbicara langsung menyampaikan jawaban yang diajukan oleh guru. Tes tertulis adalah tes yang di gunakan oleh guru untuk menuntut jawaban siswa secara tertulis. Tes kinerja adalah tes yang dilakukan oleh guru apabila guru mengharapkan jawaban dalam bentuk tindakan yang di lakukan oleh siswa atas tuntutan soal yang diberikan pada tes kinerja tersebut.

           Dalam menyusun tes tertulis untuk digunakan pada penilaian akhir semester guru dapat menggunakan dua bentuk tes tertulis. Bentuk tes tertulis tersebut adalah tes objektif dan tes uraian.

1. Tes Objektif
           Tes objektif adalah tes yang menuntut peserta tes untuk menentukan satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang di sediakan. Terdapat beberapa bentuk tes objektif antara lain pilihan ganda, benar salah, isian singkat dan menjodohkan. Bentuk tes objektif benar salah adalah bentuk tes yang menuntut siswa untuk memberikan jawaban apakah pernyataan yang diajuhkan benar atau salah. Bentuk tes objektif ini sangat tepat digunakan untuk mengukur pengetahuan yang bersifat fakta-fakta, definisi dan prinsip-prinsip.

2. Tes Uraian
          Tes uraian adalah tes yang digunakan oleh guru untuk mengukur kemampuan siswa untuk mengekspresikan  gagasan melalui bahasa tulisan yang bisa di dokumentasikan sebagai bukti fisik sudah melaksanakan tes. Tes uraian sangat tepat untuk mengukur kemampuan kognitif siswa sehingga guru dapat menetukan kemampuan penguasaan materi siswa terhadap materi-materi pelajaran yang sudah di ajarkan oleh guru.

SOAL-SOAL LATIHAN KELAS 2 MENGHADAPI ULANGAN SEMESTER GANJIL 
Soal-soal latihan kelas 2 dalam rangka menghadapi ulangan semester ganjil jilid 1 ini merupakan contoh dari penilaian tes objektif dalam bentuk tes tertulis. Tes tertulis yang admin pilih pada tes tertulis ini adalah soal-soal pilihan ganda dan isian singkat. adapun soal-soalnya sebagai berikut :

Perhatikan gambar berikut !
    
                    Gambar 1                                            Gambar 2

Jawablah pertanyaan di bawah ini, sesuai dengan isi gambar!

  1. Apa kegiatan Dayu dan keluarga pada gambar 1 ....
  2. Apa kegiatan Dayu dan keluarga pada gambar 2 ....
  3. Mengapa kegiatan seperti Gambar 1 dan Gambar 2 perlu dilakukan ....
  4. Apa yang harus dilakukan agar terwujud sikap kebersamaan dalam keluarga ....
  5. Apa yang akan terjadi jika sikap kebersamaan tidak ada dalam keluarga ....

Bacalah teks percakapan berikut!
Cicak  : Mengapa di sekitarmu banyak sampah dan banyak kecoa?
Semut : Manusia selalu membuang sampah kesini
Cicak  : Jika kamu jadi manusia apa yang akan kamu lakukan?
Semut  : Aku akan membuang sampah ke tempatnya. kalau tidak rumah akan kotor dan bau. rumah juga akan menjadi sarang penyakit karena banyak kuman.

Cicak  : Setuju! Kita harus membudayakan hidup bersih dan sehat.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan diatas!
  1. Apa isi percakapan cicak dan semut ....
  2. Mengapa di sekitar semut banyak sampah ....
  3. Bagaimana pendapatmu dengan sikap cicak dan semut ....
  4. Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat sampah berserakan ....
  5. Apa yang kamu lakukan bila melihat temanmu membuang sampah sembarangan ....

HUTAN MERUPAKAN PARU-PARU DUNIA

Kelestarian hutan wajib dijaga. Hutan tidak boleh dibakar, ditebang, ataupun dirusak. Jika hutan rusak, berbahaya bagi kehidupan manusia. Lingkungan bisa banjir. Banjir akan membuat lingkungan menjadi kotor. lingkungan yang kotor akan membawa penyakit. 

Hutan banyak manfaatnya bagi kehidupan. Dengan hutan  yang asri kita dapat menghirup udara segar. lingkungan juga akan menjadi indah. Di hutan juga banyak terdapat pohon. pohon yang banyak membuat lingkungan sejuk. Lingkungan menjadi nyaman dan sehat. Dengan demikian hutan merupakan paru-paru dunia.

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi teks diatas!
  1. Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks diatas ....
  2. Mengapa kita tidak boleh membakar hutan ....
  3. Apa saja manfaat hutan bagi kehidupan kita ....
  4. Mengapa hutan disebut paru-paru dunia ....
  5. Apa yang akan terjadi dengan kehidupan kita jika tidak ada hutan ....

DEMIKIANLAH SOAL-SOAL LATIHAN KELAS 2 MENGHADAPI ULANGAN SEMESTER GANJIL JILID 1
Bagi pengunjung yang sudah membaca artikel yang berjudul soal-soal latihan kelas 2 menghadapi ulangan semester ganjil jilid 1 ini admin ucapkan terima kasih. Semoga artikel yang admin tulis ini menjadi rekomendasi bagi para guru kelas 2 yang ingin menyusun soal ulangan semester ganjil di sekolahnya. bagi para siswa kelas 2 SD semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan, sehingga lebih siap menghadapi ulangan semester ganjil. 

Salam Honesty Salam Berprestasi

by Shien

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kriteria-kriteria Penyusunan Alat Evaluasi Penilaian Akhir Semester Kelas 2 Semester Ganjil "

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel