Thursday, November 29, 2018

PENGERTIAN, PRINSIP DAN FUNGSI RENCANA PEMBELAJARAN PADA SOAL PAS KELAS II TEMA I SEMESTER I

SOAL PAS KELAS II TEMA I SEMESTER I

walikelassd.com Salam honesty salam berprestasi, di kesempatan kali ini Admin memanfaatkan waktu untuk berbagi artikel yang berjudul PENGERTIAN, PRINSIP DAN FUNGSI RENCANA PEMBELAJARAN PADA SOAL PAS KELAS II TEMA I SEMESTER I. Soal ini admin buat berdasarkan buku siswa kelas 2 Kurikulum 2013

Judul : Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran Pada Soal PAS Kelas II Tema I 
           Semeter I
Link :  Soal PAS Kelas II Tema I Semeter I

REKOMENDASI BACAAN

PENGERTIAN, PRINSIP DAN FUNGSI RENCANA PEMBELAJARAN PADA SOAL PAS KELAS II TEMA I SEMESTER I.
Pada hakekatnya pembelajaran adalah suatu proses komunikasi yang bersifat timbal balik, baik antara guru dengan siswa, maupun antar siswa dengan sesama siswa, untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang sudah di tetapkan. Komunikasi yang bersifat timbal balik ini dapat diterima, disepakati  dan di pahami oleh pihak-pihak yang terkait dalam proses pembelajaran.

Guru berada di tempat yang strategis dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan untuk mengarahkan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Untuk itu, guru harus bisa menepatkan dirinya sebagai fasilitator bagi terwujudnya pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif.

Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses hubungan sebab akibat. Guru sebagai pengajar merupakan penyebab utama terjadinya proses belajar yang produktif pada siswa, meskipun tidak semua pembelajaran yang dilakukan oleh siswa disebabkan oleh guru. Oleh sebab itu guru harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendorong terjadinya perbuatan belajar siswa yang aktif  produktif dan efisien.

Siswa sebagai peserta didik merupakan subjek utama dalam proses terjadinya pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran tergantung pada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan siswa  baik dalam bentuk kelompok atau pun pembelajaran dalam bentuk perorangan. Oleh karena itu guru mengajar harus memperhatikan bagaimana kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran, tingkat kematangan siswa dalam menerima pembelajaran, dan bagaimana  cara belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran itu sendiri.

A. PENGERTIAN RENCANA PEMBELAJARAN
Rencana pembelajaran lebih dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam merumuskan tujuan-tujuan apa yang akan di capai oleh siswa dalam pembelajaran, dengan apa siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut, materi atau bahan apa yang akan disampaikan kepada siswa, bagaimana cara guru menyampaikan materi tersebut, serta sumber dan media pembelajaran apa yang akan digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran tersebut. 

Sebagaimana telah ditetapkan dalam standar proses, guru dalam satuan pendidikan wajib menyusun RPP secara lengkap, terperinci, dan sistematis agar pembelajaran yang dilaksanakan berlangsung secara interaktif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Guru juga dalam melaksanakan pembelajaran memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, ada beberapa karakteristik yang dapat di jadikan pertimbangan dalam menyusun suatu rencana pembelajaran, antara lain sebagai berikut : 

1. Diperuntukkan Pada Pembelajaran Siswa
RPP yang disusun haruslah dibuat sesuai dengan tujuan serta kebutuhan siswa.  Materi pembelajaran yang akan di ajarkan harus sesuai dengan kebutuhan siswa, perkembangan siswa, memberikan hal-hal yang positif, serta memperhatikan minat dan perhatian siswa. Selain itu RPP di buat hanya di peruntukan pada pemenuhan kebutuhan siswa, berpusat pada siswa, dan semuanya merupakan aktivitas siswa yang tujuan akhirnya adalah agar siswa belajar.

2. Terdapat Tahap-tahapan
Dalam proses perencanaan pembelajaran terdapat beberapa tahapan yang harus diperhatikan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tahap tindak lanjut. Ke empat tahapan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang harus upayakan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

3. Sistematis
Rencana pembelajaran yang baik harus disusun secara sistematis, artinya pembelajaran itu terdiri dari berbagai macam komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling terhubung satu sama lain. Komponen-komponen tersebut terhubung dan bersinergi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai suatu sistem yang sistematis komponen tujuan pembelajaran harus menjadi fokus utama dalam melakukan perencanaan pembelajaran. Jika tujuan sudah menjadi fokus maka pengembangan materi, penggunaan metode yang dipilih, media dan sumber belajar yang di pakai, dan evaluasi pembelajaran yang di berikan harus selalu mengacu pada tujuan pembelajaran yang sudah di tetapkan sehingga nantinya akan tercipta pembelajaran yang optimal.

4. Pendekatan Sistem
Pembelajaran sebagai suatu sistem merupakan pembelajaran yang di rancang berdasarkan komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Komponen-komponen pembelajaran yang dikembangkan merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan dalam mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.

5. Didasarkan Pada Humanisme
Proses pembelajaran humanisme merupakan proses pembelajaran yang berdasarkan pada siswa sebagai manusia pembelajar. Oleh karena itu dalam melakukan perencanaan seorang guru harus mengutamakan pada proses pembelajaran siswa itu sendiri. Pandangan kaum humanisme ini memandang bahwa siswa adalah subjek yang memiliki akal pikiran maka pada pelaksanaannya seorang guru harus mempertimbangkan bahwa siswa yang akan dihadapi adalah manusia yang memiliki kemauan, kebutuhan dan minat, serta karakteristik yang berbeda-beda.

B. PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN
Tugas utama seorang guru adalah membuat RPP. Dengan RPP di harapkan pembelajaran yang akan dilaksanakan berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk aktif, kreatif dan inovatif. untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas seperti itu, kita sebagai guru dalam menyusun RPP harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut :

1. Memperhatikan Perbedaan Individu Siswa
Dalam merancang rencana pembelajaran, guru seharusnya memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosi gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang siswa, norma nilai dan lingkungan siswa. Dengan memperhatikan perbedaan individu siswa diharapkan RPP yang dirancang dapat mengakomodasi semua kebutuhan siswa dalam kegiatan yang akan dilakukan.

2. Mendorong Siswa Aktif
Berdasarkan teori pembelajaran yang bermutu adalah pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Oleh karena itu pembelajaran yang dirancang oleh guru harus menciptakan pembelajaran yang dapat mendorong partisipasi aktif setiap siswa. Proses pembelajaran yang dirancang dengan berpusat pada siswa sehingga dapat mendorong partisipasi aktif, kreatif, inisiatif, kemandirian, dan semangat belajar.

3. Mengembangkan Budaya Membaca dan Menulis
Kegiatan utama dalam belajar pada dasarnya terkait dengan membaca, menulis dan berhitung. Oleh karena itu, seorang guru yang menyusun RPP seharusnya dapat menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan ketiga kegiatan tersebut. RPP yang disusun guru harus dapat mengembangkan budaya membaca dan menulis, menciptakan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

4. Memberikan Umpan Balik dan Tindak Lanjut
RPP merupakan suatu hipotesis tentang pembelajaran yang diramalkan dapat terjadi secara nyata. Memang terkadang pembelajaran kita rancang dalam menyusun RPP tidak sepenuhnya sama terjadi pada saat pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai guru kita harus melakukan refleksi diri terhadap RPP yang disusun, dimana kelemahannya serta melakukan perbaikan pada RPP tersebut untuk dilaksanakan pada pembelajaran berikutnya.  RPP yang harus disusun juga harus mengakomodasi kegiatan yang berkenaan dengan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, antara lain dalam bentuk pemberian umpan balik positif, kegiatan penguatan, pengayaan, dan kegiatan program remedial bagi siswa yang belum tuntas.

C. FUNGSI RENCANA PEMBELAJARAN
Merancang RPP merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang guru sebelum pelaksanaan pembelajaran. dilaksanakan. Seorang guru yang profesional tentunya akan senantiasa akan menyusun perencanaan pembelajaran secara tertulis agar setiap tugas dan tanggung jawab profesionalnya dapat dipertanggungjawabkan.  Tidaklah dikatakan profesional jika seorang guru tidak menyusun Rencana Pembelajaran secara tertulis. RPP yang disusun memiliki fungsi prediktif, preventif, dan korektif.

1. Fungsi Prediktif
Fungsi prediktif RPP adalah fungsi RPP yang memiliki tujuan apa yang harus di capai siswa, materi apa yang harus disampaikan kepada siswa, strategi apa yang akan digunakan dalam menyampaikan materi, dan teknik penilaian apa yang dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan. RPP yang disusun memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, karena guru sudah memprediksi berbagai pengembangan komponen yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran.

2. Fungsi Preventif
Seorang guru dapat melakukan pencegahan terlebih dahulu terhadap berbagai ketidak sesuaian yang mungkin terjadi pada saat pelaksanaan pembelajaran. RPP yang dirancang dapat di koreksi kembali antar berbagai komponen yang dikembangkan sehingga dapat mencegah hal-hal yang mungkin dapat mengakibatkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan menjadi tidak efektif dan efisien.

3. Fungsi Korektif
Fungsi korektif ini merupakan fungsi perbaikan dari rancangan pembelajaran yang disusun dan implementasi dari pembelajaran sebelumnya. RPP yang disusun harus lebih baik dari rancangan pembelajaran sebelumnya. Guru harus dapat melakukan evaluasi terhadap apa yang dilaksanakan dan meperbaiki apa yang harus dilakukan kemudian. RPP yang disusun berdasarkan hasil refleksi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya. 

SOAL PAS KELAS II TEMA I SEMESTER I

A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar!

Bahasa Indonesia

Melati naik kelas dua.
Sekarang ia sudah kelas dua.
Melati sudah dapat mandi sendiri.
Berganti pakaian sudah tidak dibantu ibu.
Melati bangun pagi pukul lima.
Lalu mandi dan menggosok gigi.
Kemudian ia berganti pakaian.
Setelah itu ia sarapan dan minum susu.
Melati ke sekolah bersama teman-temannya.
                                       (Sumber : Indahya Bahasa dan Sastra Indonesia 2 BSE)


1. Siapa yang naik ke kelas dua ....
a. meranti
b. melati
c. merapi

2. Jam berapa ia bangun pagi ....
a. empat
b. lima
c. enam

3.Kalimat perintah dalam kegiatan musyawarah adalah ....
a. Siapa yang mau menjadi petugas upacara?
b. Acungkan tangan yang mau menjadi petugas upacara!
c. Kita bersyukur dapat melakukan musyawarah harian

4. A-S--A-B-H. Jika di susun menjadi kata ....
a. habas
b. abash
c. basah

5.Rumah Udin bersebelahan dengan rumah Edo. Udin adalah ... Edo.
a. tetangga
b. keluarga
c. sanak saudara

PKn
6. Lingkungan akan bersih jika warganya ....
a. saling bermusuhan
b.kerjasama
c. menutup diri

7. Lambang Negara Indonesia adalah ....
a. Burung elang
b. Burung garuda
c. Burung merak

8. Bila kita menolak pemberian orang lain, yang harus kita lakukan adalah dengan menolak secara santun agar tidak ....
a. mengecewakan
b. menyindir
c. menyenangkan

9. Lambang sila pancasila ketuhanan yang maha esa adalah ....
a. rantai
b. bintang
c. pohon beringin

SBDB 3.1
10. Gerakan bila sedang menari bersama-sama adalah ....
a. mandiri
b.lincah
c. kompak

11. Bagian tubuh yang bisa digunakan untuk menari, kecuali ....
a. tangan
b. telinga
c. kaki

12. Gerakan pada saat kita menari sebaiknya mengikuti ....
a. irama
b. teman
c. keinginan kita

SBDB 3.2
13. Manakah dibawah ini yang termasuk lagu anak-anak ....
a. Indonesia raya
b. Pergi belajar
c. Garuda pancasila

14. Bagun tidur kuterus mandi
.......................................
Habis mandi ku tolong Ibu
Membersikan tempat tidurku

Berdasarkan isi lagu diatas kegiatan yang dilakukan sebelum menolong ibu adalah ....
a. sarapan pagi bersama
b. menggosok gigi
c. mencuci piring

SBDB 3.3
15.Alat musik yang terbuat dari bambu adalah ....
a. gitar
b. rebana
c. seruling

16. Alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul adalah ....
a. gitar
b. gendang
c. piano

MATEMATIKA 3.1
17. Bilangan yang menyatakan Lima ratus dua puluh tiga adalah ....
a. 532
b. 523
c. 533

18. Nilai tempat ratusan dari 7.823 adalah ....
a. 2
b. 7
c. 8

MATEMATIKA 3.2
19. Edo memiliki lima kelereng. Kemudian Edo di beri paman dua belas kelereng baru. Berapakah jumlah kelereng Edo sekarng ....
a. 13
b. 17
c. 15

20. Hasil dari 212 + 18 = ....
a. 220
b. 230
c. 240

B. Isian Singkat
Bahasa Indonesia
1. Garam-Siti-di toko-membeli
    Susunan kalimat diatas yang benar adalah ....

PKn
2. Dengan teman tidak boleh bertengkar  .... harus rukun.

SBDB 3.1
3. Gerakan tari yang kompak akan terlihat ....

SBDB 3.2
4. Tik-tik-tik bunyi hujan diatas ....
    Airnya turun tidak terhingga

SBDB 3.3
5. Cara memainkan alat musik angklung dengan cara di  ....

MATEMATIKA 3.1
6. Bilangan 1.208 dibaca ....

MATEMATIKA 3.2
7. Jika di bandingkan    320 .... 302
    Isilah pada bagian titik-titik di atas dengan tanda perbandingan yang tepat.

MATEMATIKA 3.3
8. Bilangan 11, 13, 15, 17 termasuk contoh bilangan ....
9. Urutan yang tepat dari yang terbesar ke yang terkecil pada bilangan 240, 215, 345, 112, 80 adalah ....

10. Edo belajar mulai pukul 08.00 WIB - 11.00 WIB. Lama Edo belajar adalah    . . .   Jam.

DEMIKIANLAH ARTIKEL SOAL PAS KELAS II TEMA I SEMESTER I
Terima kasih Admin ucapkan kepada semua pembaca yang telah berkenan untuk mengunjungi web walikelasd.com ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para guru sd wali kelas 2 yang sedang menyusun soal PAS ganjil. Bagi para siswa semoga artikel ini memberikan pengetahuan awal untuk menghadapi ulangan PAS semester ini. Semoga dengan belajar melalui tulisan singkat ini dapat membuat siswa lebih terarah belajarnya dirumah.

Akhir kata
Salam Honesty Salam Berprestasi

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan