Wali Kelas SD

Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang

Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang

Sebelum kita memasuki materi kelas 2 SD tema 4 subtema 1, pembelajaran 4 tentang bangun datar & bangun ruang. kamu harus tau dulu dengan kata istilah geometri. Ketika kamu mendengar istilah Geometri, apa yang ada di benakmu. Apakah di benakmu geometri itu adalah segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran tabung, kerucut, limas, rusuk, sisi dan bola. Ataukah belum ada bayangan sama sekali.


Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang
Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang


Untuk itu walikelassd.com pada kesempatan ini admin akan membagikan materi atau bahan ajar siswa kelas 2 yang akan admin gunakan pada saat mau mengajar pada hari senin ini mengenai pembelajaran Tema 4  Hidup Bersih dan Sehat, Subtema 1 Hidup Bersih dan Sehat di Rumah, Pembelajaran 4 tentang mengenal sisi, sudut, titik sudut, ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang. materi ini admin tulis setelah merangkum dari buku guru dan buku siswa kurikulum 2013.


Geometri adalah ilmu yang mendalami materi tentang titik, garis, bangun, dan sudut. Ilmu geometri merupakan ilmu cabang dari ilmu matematika yang di kenal sejak lama. Dalam ilmu geometri yang menjadi pokok bahasan utamanya adalah titik, garis, sisi dan bangun. untuk memahami titik, garis, sisi dan bangun, bacalah penjelasan di baah ini

MATERI MENGENAL SISI, SUDUT, DAN TITIK SUDUT PADA BANGUN DATAR

PENGERTIAN BANGUN DATAR, SISI, TITIK SUDUT DAN RUSUK

Pengertian Bangun datar
Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung (Imam Riji, 1997). dengan permukaan yang datar bangun datar hanya memiliki panjang dan lebar (2 Dimensi). Pada bangun datar juga terdapat ruas garis dan titik sudut. Garis yang menghubungkan titik sudut pada bangun datar disebut ruas garis. Sedangkan garis yang menghubungkan antara titik sudut pada bangun ruang disebut rusuk.

Baca Juga 
  1. Materi Kelas 2 Tema 1  Subtema 1
  2. Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1
  3. Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 2
  4. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1
  5. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 2
  6. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 3
  7. Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 4
  8. Materi Kelas 2 Tema 6 Subtema 1
  9. Materi Kelas 2 Tema 6 Subtema 2
  10. Materi Kelas 2 Tema 6 Subtema 3  
  11. Materi Kelas 2 Tema 7 Subtema 1
  12. Materi Kelas 2 Tema 8 Subtema 1
  13. Materi Kelas 2 Tema 8 Subtema 3

Pengertian Sisi
Sisi adalah  bidang  yang memisahkan bagian luar dan bagian dalam pada suatu bangun. Istilah sisi ini sering kita jumpai pada bangun ruang.

Pengertian Titik Sudut dan Sudut
Pertemuan dua sisi atau lebih pada suatu titik disebut titik sudut. baik pada bangun datar atau bangun ruang, semuanya memiliki sisi namun jumlahnya yang berbeda. Sedangkan Sudut adalah suatu bidang datar yang memiliki pojok. 
         
Jika kita pelajari dengan seksama mengenai sisi, titik sudut dan sudut bangun datar jajaran genjang dan persegi diatas maka dapat kita hitung banyaknya sisi, sudut dan titik sudut pada kedua bangun datar tersebut.

Bangun Datar Persegi
Bangun datar persegi memiliki sisi, titik sudut dan sudut dengan jumlah :
  • sisi square = 4
  • Banyaknya titik sudut = 4
  • Banyaknya sudut = 4
Bangun Datar Jajaran Genjang
Bangun datar jajaran genjang memiliki sisi, titik sudut dan sudut dengan jumlah  sama dengan jumlah yang dimiliki bangun datar persegi:
  • sisi parallerogram = 4
  • Banyaknya titik sudut = 4
  • Banyaknya sudut = 4

MATERI MENGENAL SISI, RUAS GARIS, DAN TITIK SUDUT PADA BANGUN RUANG

PENGERTIAN RUAS GARIS

Ruas garis adalah garis yang menghubungkan antara pertemuan dua sisi atau pertemuan titik sudut. Pada bangun ruang ruas garis sering disebut dengan istilah rusuk. Banyaknya rusuk tergantung dengan bangun ruang yang dibentuk.

Bagun Ruang adalah Bangun yang memiliki ruang di dalamnya, terdapat volume atau isi. Bangun ruang memiliki panjang lebar dan tinggi. Ukuran dari panjang, lebar dan tinggi ini menentukan besar atau kecilnya bangun ruang yang dibentuk. 

Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang

Berdasarkan gambar bangun ruang kubus, dapat kita tarik kesimpulan dengan menghitung jumlah titik sudut, jumlah sisi, dan jumlah rusuk pada gambar bangun ruang kubus diatas. sehingga  dapat kita simpulkan  banyaknya sisi, rusuk, dan titik sudut pada bangun ruang kubus diatas sebanyak:


Kubus memiliki 12 ruas garis, yaitu ruas garis AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH dan HE Kubus memiliki 8 titik sudut, yaitu titik sudut A, B, C, D, E, F, G dan H, Kubus memiliki 6 sisi, yaitu sisi ABEF, BCFG, CDGH, ADEH, EFGH dan ABCD.

Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang

Terima kasih sudah membaca tulisan ini, Admin berharap tulisan ini menjadi bahan rujukan bagi wali kelas 2 sd yang lain, dan menjadi bahan pelajaran untuk siswa admin sendiri kelas 2 kejujuran SDN 1 Babat, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, dan terakhir salam tepuk hebat.