Monday, November 26, 2018

100% ANDA PENENTU SUKSESNYA OPEN HOUSE SDN 1 BABAT

100% ANDA  PENENTU SUKSESNYA OPEN HOUSE SDN 1 BABAT

walikelassd.com. Halo... bagaimana kabarnya? tentunya sehat-sehat saja bukan. kali ini admin akan membagikan artikel yang berjudul 100% Anda Penentu Suksesnya Open House SDN 1 Babat.
Kok bisa ya?.. untuk menjawabnya silakan dibaca sampai habis OK.

Judul : 100% Anda Penentu Suksesnya Open House SDN 1 Babat.
Link  : 100% Anda Penentu Suksesnya Open House SDN 1 Babat.

REKOMENDASI BACAAN

100% ANDA  PENENTU SUKSESNYA OPEN HOUSE SDN 1 BABAT
Sebagai Informasi SDN 1 Babat merupakan Sekolah Dasar (SD) yang terletak di Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Sekolah ini dibawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Banyuasin yang menjalin kerja sama dengan Sampoerna Fondation melalui program LSP. Kerja sama ini sudah memasuki pengujung tahun ke 2 dan tutup dengan acara puncak yaitu Open House SDN 1 Babat.

Kegiatan Sebelum Open House
Sebelum ke acara puncak Open House, SDN 1 Babat ini sudah menyelesaikan serangkaian pelatihan live skill untuk para guru yang terdiri dari 3 kali pelatihan dan 3 kali pendampingan di tahun ini. Setelah dibekali skill melalui pelatihan-pelatihan tersebut, para guru juga melaksanakan pendampingan dalam mengajar oleh pihak sampoerna fondation yang sering disebut dengan program cocing mentoring (cm), serta terdapat juga pelatian manajemen

Pelatihan Live Skill Guru
Pelatihan ini dilaksanakan sebayak tiga kali dalam setahun, Narasumber pada pelatihan ini pun bukan sembarangan, mereka adalah fasilitator nasional yang memiliki jamterbang nasional dan luar negri. Dilaksanakannya pelatihan ini bertujuan membekali para guru dengan keterampilan-keterampilan dalam mengajar (pedagogik), misalakan: penggunaan metode-metode pembelajaran kooperatif, organaizer, media pembelajaran, ice breking, serta penilaian yang terstuktur dalam RPP. Dalam satu kali pelatihan dilaksanakan selama lima hari, setiap hari terdiri dari 8 jam untuk satu kali pertemuan. Artinya dalam satu kali pelatihan live skill guru ini dilaksanakan selama 40 jam.

Cocing Mentoring
Cocing Mentoring merupakan kegiatan pendampingan oleh fasilitator dari LSP yang membimbing lagung para guru SDN 1 Babat ketika menerapkan hasil dari pelatihan live skill.
Pendampingan ini dilakukan pada saat guru mengajar didalam kelas, dimana fasilitator tersebut mengamati proses pembelajaran yang berlangsung, kemudian baru di evaluasi tentang pembelajaran yang sudah dilakukan, seperti ditanyakan kepada guru bagaimana perasaannya setelah mengajar tadi? Apa yang tersa masi kurang? Bagian mana yang sulit diterapkan? Serta tidak lupa juga ditanyakan perasaan siswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut.  Kegiatan CM ini dilaksanakan selama tiga kali pendampingan, dalam 1 kali pendampingan dilaksanakan selama tiga hari

100% ANDA  PENENTU SUKSESNYA OPEN HOUSE SDN 1 BABAT
Kegiatan pendampingan guru saat mengajar oleh LSP

Pelatihan Manajemen
Bentuk pelatihan yang terahir adalah pelatihan manajemen sekolah. Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk menciptakan menejemen sekolah yang baik dan transpran. Ruang likup pelatihan manejemen ini tidak terlepas dari 8 standar pendidikan. Dimulai dari satandar kelulusan, isi, proses, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolahan, penilaian, dan pembiayaan. Untuk itu di pelatihan manajemen ini dibentuk wakil-wakil (wk), muali dari k kesiswaan, wk humas, wak sarpras dan wk kurikulum.disetiap wk-wk tersebut memiliki program masing-masing sesuai dengan bidangnya. Semua itu dibentuk untuk mancapai manajemen sekolah yang baik dan transparan.

Kerjasama dengan pihak luar
Kerja sama dengan pihak luar ini sedang di upayakan, bentuk kerja sama yang sedang diupayakan ini adalah kerjasama dengan para orang tua wali siswa dalam kelas tertentu, atau nama lainnya adalah komite kelas/ WOTK (Wali Orang Tua Kelas). WOTK ini merupakan suatu wadah yang bertujuan untuk menjembatani komunikasi antara wali kelas yang bersankutan dengan orang tua peserta didik mengenai pembelajaran dikelas, terutama dalam hal menyampaikan kendala-kendala yang dialami dalam melaksanakan pembelajaran. WOTK, guru kelas dan kepalah sekolah memutuskan bagaimana kendala-kendala tersebut diselesaikan.

PERSIAPAN OPEN HOUSE SDN 1 BABAT
Open House merupakan puncak dari kegiatan LSP ini. Open house sendiri bertujuan untuk mempromosikan sekolah ke masyarakat tentang apa saja yang sudah dilakukan, baik sifatnya pameran kelas, pembelajaran dikelas yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat, pentas-pentas seni maupun silaturahmi antara pemerintah Musi Banyuasin, masyarakat, orang tua siswa dan para dewan guru untuk melihat sejauh mana perkembangan kemajuan sekolah ini. Persiapan Open House ini baru sampai pada tahap rapat kulminasi pembentukan panita yang melibatkan para orang tua, serta melatih siswa yang terlibat langsung pada acara Open House itu sendiri.

SIAPA PENENTU SUKSESNYA OPEN HOUSE SDN 1 BABAT?
Jawabannya adalah Anda, Anda sebagai tamu undangan. Semega-meganya acara jika undangan wali siswa tidak hadir maka 100% Open Housenya tidak akan sukses. Untuk itu mari kita sukseskan acara open house di bulan januari nanti. Kehadiran kita sangat menetukan sukses tidaknya acara tersebut.

DEMIKIANLAH ARTIKEL 100% ANDA  PENENTU SUKSESNYA OPEN HOUSE SDN 1 BABAT
Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga dengan adanya tulisan ini, membuat kita semua sadar bahwa kehadiran kita pada acara  Open House nanti sangat diharapkan. Suksesnya acara Open House SDN 1 Babat bergantung dengan kehadiran kita, untuk itu mari kita mensukseskan acara puncak Open House SDN 1 Babat, Semoga menjadi maju dan lebi maju lagi.

Salam Honesty, salam Berprestasi

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan